Alor Semarak.News | Tiga Dosen Universitas Tribuana (UNTRIB) Kalabahi,  Antonius Saetban,  M. Pd, Nehemia Fanpada, M. Pd, Alboin Selly, M.Pd, hari ini Jumat (19/01) bertempat di Aula Untrib Kalabahi menggelar seminar penelitian Dosen.

Seminar Dosen yang melibatkan tiga orang Dosen program studi pendidikan teologi tersebut merupakan hasil ujian tesis yang menjadi bagian tanggung jawab program Studi untuk diseminarkan kepada civitas akademika Universitas Tribuana Kalabahi.

Pada acara pembukaan seminar tersebut, Eunike Molebila.,M.Th, Ketua Program Studi Pendidikan Teologi, Dalam Sambutannya mengatakan kegiatan seminar penelitian ini merupakan kegiatan Ilmiah yang perlu dan terus dilakukan oleh program studi sebagai wujud implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.ucapnya

Kepro Pendidikan Teologi itu menambahkan  bahwa kegiatan seminar peneltian Dosen sangat penting untuk diseminarkan dan hari ini 3 orang Dosen akan seminarkan hasil penelitian, kiranya ini menjadi pemicu bagi rekan-rekan Dosen yang lain baik ditingkat program studi,  fakultas maupun pada aras universitas agar dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan ilmiah seperti ini.Harapnya.

Wakil Rektor I Adolfina Oualeng, M.Pdk Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan seminar, menyampaikan terima kasih serta apresiasi atas terselenggaranya kegiatan seminar dosen yang dilakukan oleh program studi.” Terima kasih serta apresiasi, ibu/bapak Dosen, Ibu ketua Program Studi, yang telah menyelenggarakan kegiatan seminar ini” ucapnya.

Pada kesempatan itu Oualeng mengatakan kegiatan seminar dosen, penting untuk melibatkan mahasiswa, sehingga mahasiswa juga diberikan pengetahuan dan dapat menjadi gambaran dikemudian hari.” saya sampaikan kepada bapak /ibu dosen-untuk dapat melibatkan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan penelitian”.

Warek I Untrib Kalabahi menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan seminar seperti ini perlu ditingkatkan dan jika perlu,maka libatkan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan penelitian dosen dan hasil dari penelitian bisa diseminarkan agar dapat terciptanya ruang-ruang diskusi ilmiah bagi civitas akademika,”tutupnya.

Dalam pemaparan hasil penelitian tersebut, Ketiga Dosen memaparkan secara berturut-turut.

Nehemia Fanpada Pemaparan hasilnya dengan judul penelitian “Pengaruh Kepemimpinan Dan Interpersonal Terhadap Kinerja Dosen Universitas Tribuana Kalabahi”;

Antonius Saetban dengan judul penelitian “Internalisasi Nilai Tanggung Jawab Melalui Keteladanan Orantua Dalam Membentuk Karakter Remaja”

Alboin Selly memaparkan hasil penelitian dengan judul “Evaluasi Pelaksanaan Program Pengangkatan Pendidik Tidak Tetap (Model Evaluasi CSE-UCLA)”.

Dalam Pemaparan hasil penelitian tersebut masing-masing menjelaskan dan menyimpulkan bahwa

1. Nehemia Fanpada Dalam memaparkan hasil penelitian menjelaskan bahwa kepemimpinan partisipatif dan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan kinerja dosen  serta   bisa dijadikan model atau gaya kepemimpinan bagi seorang Leader”

2. Saetban menjelaskan orang tua memiliki peran strategis tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan materi bagi anak remaja, tetapi kesadaran penuh untuk menanamkan nilai-nilai tanggung jawab melalui keteladanan”.

3. Selly dalam memaparkan hasil penelitian memberikan rekomendasi bahwa Program Pengangkatan Pendidik Tidak Tetap merupakan salah satu program yang bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Alor sehingga program ini harus dilanjutkan atau diteruskan dengan perbaikan-perbaikan atau peningkatan-peningkatan pada aspek-aspek tertentu.

Kegiatan seminar hasil penelitian tersebut  dihadiri oleh Dosen-dosen dilingkup program studi dan mahasiswa/i Universitas Tribuana Kalabahi. ( Dako)

LEAVE A REPLY