Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham Uber turun dengan perkiraan kuartal kedua yang mengecewakan

Saham Uber turun dengan perkiraan kuartal kedua yang mengecewakan

Oleh Yuvraj Malik

(Reuters) – Uber memperkirakan total pemesanan pada kuartal kedua tidak sesuai ekspektasi setelah gagal memenuhi target untuk tiga bulan pertama pada hari Rabu, sehingga menyebabkan harga sahamnya anjlok hampir 7% sebelum penutupan.

Kelemahan dalam metrik utama yang menunjukkan nilai total pendapatan yang diperoleh pada platform Uber menunjukkan lemahnya permintaan terhadap layanan ride-sharing dan pesan-antar makanan perusahaan tersebut.

Sebaliknya, saingannya yang lebih kecil, Lyft, membukukan hasil yang lebih baik dari perkiraan dan memperkirakan kinerja kuartal kedua yang kuat pada hari Selasa, dengan mengatakan bahwa pihaknya telah melihat peningkatan permintaan ride-sharing di seluruh industri.

Lyft dan Uber berlomba untuk meningkatkan jangkauan mereka di pasar ride-sharing di Amerika Serikat dan Kanada, terutama sejak Lyft menunjuk David Risher sebagai CEO pada bulan April lalu.

Seiring dengan pengurangan biaya yang agresif, Risher mampu menambahkan pengguna ke Lyft dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan biaya yang kompetitif.

Uber memperkirakan pendapatan inti yang disesuaikan pada kuartal kedua, yang merupakan ukuran utama profitabilitas, berkisar antara $1,45 miliar dan $1,53 miliar, dengan titik tengah $1,49 miliar melebihi ekspektasi pasar sebesar $1,47 miliar, menurut data LSEG.

Mereka memperkirakan pemesanan kotor, atau total nilai dolar yang diperoleh dari layanannya, berkisar antara $38,75 miliar dan $40,25 miliar, lebih rendah dari perkiraan $40,04 miliar.

Kinerja Uber di kuartal pertama terpuruk karena lemahnya unit pengiriman makanannya, Uber Eats. Namun, dorongan profitabilitasnya membuahkan hasil karena laba dan prospek perusahaan melampaui ekspektasi Wall Street.

Pendapatan naik 15% menjadi $10,13 miliar pada kuartal yang berakhir 31 Maret, sedikit mengalahkan perkiraan $10,11 miliar.

Pendapatan mobilitas tumbuh lebih tinggi dari perkiraan sebesar 30%, sementara penjualan di unit pengiriman makanan tumbuh lebih rendah dari perkiraan sebesar 4%.

READ  Yellen memperingatkan bahwa perubahan iklim menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar di Amerika Serikat

Total pemesanan mencapai $37,65 miliar, lebih rendah dari ekspektasi $37,92 miliar.

Khosrowshahi mengatakan pertumbuhan bisnis ride-shahi didorong oleh tingginya jumlah perjalanan ke bandara dan kantor, sementara bisnis pengiriman mendapat manfaat dari pengguna baru dan frekuensi pemesanan yang lebih tinggi.

Uber melaporkan pendapatan inti yang disesuaikan sebesar $1,38 miliar pada kuartal pertama, naik 82% dari tahun lalu dan mengalahkan ekspektasi sebesar $1,32 miliar.

(Laporan oleh Yuvraj Malik di Bengaluru; Disunting oleh Arun Kuyyur)