Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Misi Starlink Rabu dari Florida

Misi Starlink Rabu dari Florida

Ia memainkan

Ringkasan peluncuran: Gulir ke bawah untuk meninjau liputan langsung lepas landas roket SpaceX Falcon 9 pada hari Rabu, 8 Mei, dari Cape Canaveral dalam misi Starlink 6-56.

Bersiaplah untuk peluncuran roket SpaceX Falcon 9 sore ini dari Kennedy Space Center NASA.

Selamat datang di liputan langsung Tim Luar Angkasa FLORIDA TODAY tentang misi SpaceX Starlink 6-56 pada pukul 14:42 EST dari Pad 39A. Target peluncuran awalnya adalah pukul 11 ​​​​pagi, tetapi perusahaan mengumumkan tiga penundaan, sehingga menunda peluncuran hingga akhir jendela hari ini.

Falcon 9 akan menyebarkan konstelasi satelit internet Starlink, yang ditempatkan di dalam fasia di atas roket setinggi 230 kaki.

Diperkirakan 90% kemungkinan cuaca baik, menurut Skuadron Cuaca ke-45 Angkatan Luar Angkasa, dengan sedikit kekhawatiran terhadap awan kumulus yang dipicu oleh angin laut dan risiko sedang yang merusak aktivitas matahari.

Diperkirakan tidak ada ledakan sonik di Florida Tengah pada misi ini. Setelah naik ke angkasa sepanjang lintasan tenggara, pendorong tahap pertama roket akan mendarat di kapal drone SpaceX di laut sekitar 8 1/2 menit setelah lepas landas.

Tanjung Canaveral: Apakah ada peluncuran hari ini? Jadwal peluncuran roket SpaceX, NASA, dan ULA mendatang di Florida

Diperbarui pada 14:50: Tahap pertama roket Falcon 9 baru saja mendarat di kapal drone SpaceX, A Shortfall of Gravitas in the Atlantic Ocean, mengakhiri misi ketiganya.

“Laut biru dan langit biru untuk pendaratan Falcon 9,” kata pejabat SpaceX dalam tweetnya.

Pembaruan 14:42: SpaceX baru saja meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa 23 satelit Starlink dari pad 39A di KSC.

Pembaruan 14:37: Webcast peluncuran SpaceX yang dihosting di X (sebelumnya Twitter) kini diposting di atas, tepat di bawah jam hitung mundur.

Pengangkatan dijadwalkan dalam waktu lima menit dari KSC.

Pembaruan 14:32: Sepuluh menit sebelum jadwal peluncuran Falcon 9 SpaceX pada pukul 14:42, hitungan mundur tampaknya berjalan sesuai rencana. Pengisian bahan bakar roket masih berlangsung di KSC.

READ  Misi Asteroid Psikologis NASA Maju

Di bawah ini adalah daftar tonggak hitung mundur penting yang tersisa. T dikurangi:

  • 7 menit: Falcon 9 memulai pendinginan mesin sebelum diluncurkan.
  • 1 menit: Komputer komando penerbangan memulai pemeriksaan pra-peluncuran terakhir; Tekanan tangki bahan bakar dimulai hingga mencapai tekanan jelajah.
  • 45 detik: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa ‘peluncuran dimulai’.
  • 3 detik: Modul kontrol mesin mengontrol permulaan urutan pengapian mesin.
  • 0 detik: Falcon lepas landas 9.

Pembaruan 14:27: Misi malam ini hanya menandai penerbangan ketiga roket tahap pertama Falcon 9, SpaceX melaporkan, jumlah yang tidak seberapa di zaman sekarang.

Booster tersebut sebelumnya meluncurkan Crew-8 pada bulan Maret dan misi Starlink. Setelah pemisahan tahap, kru memperkirakan booster akan mendarat di kapal drone SpaceX A Shortfall of Gravitas di Samudera Atlantik 8 menit 18 detik setelah lepas landas.

Pembaruan 14:17: “Kendaraan dan cuaca di Florida saat ini siap untuk diluncurkan,” pejabat SpaceX mengumumkan dalam sebuah tweet.

Pembaruan 14:07: SpaceX baru saja mengumumkan bahwa pengisian bahan bakar roket Falcon 9 sedang berlangsung di pad 39A.

Ini berarti hitungan mundur sore hari Starlink kini telah berakhir untuk lepas landas pada pukul 14:42 tanpa penundaan lebih lanjut, jika tidak, peluncuran harus ditunda.

Pembaruan 13.56: Fotografer/videografer Florida Today, Craig Bailey, mengambil foto kru United Launch Alliance yang meluncurkan roket Atlas V dan kapsul Boeing Starliner dari landasan di dekat Launch Complex 41.

ULA berencana untuk mengganti katup pelepas solenoid yang dapat mengatur sendiri dengan oksigen cair, dan target peluncuran Starliner baru paling lambat pukul 18:16 pada 17 Mei.

Diperbarui pada 13:30: Suhu mencapai 90 derajat – dengan indeks panas sedang 96 – di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, Layanan Cuaca Nasional melaporkan.

Suhunya empat derajat lebih tinggi dari perkiraan pada sore hari. Catatan meteorologi lainnya: Langit berawan sebagian; Angin selatan 9 mph; Dan visibilitas 10 mil.

Brevard County mengumumkan larangan pembakaran pada pukul 12:18, melarang api unggun, api unggun, dan pembakaran terbuka. Di tengah kondisi cuaca kering yang terus-menerus meningkatkan risiko kebakaran hutan.

READ  Inilah mengapa NASA butuh waktu lama untuk mencoba dan meluncurkan Artemis I lainnya

Pembaruan pada jam 1 siang: Peluncuran terbaru SpaceX dari Space Coast Florida terjadi kurang dari 48 jam yang lalu.

Saat itulah misi Starlink 6-57 lepas landas pada hari Senin pukul 14:14 dari Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Sama seperti roket Falcon 9 yang diprogram saat ini, roket ini meluncurkan 23 satelit broadband ke orbit rendah Bumi pada lintasan tenggara.

Diperbarui pada 12:30: Kru SpaceX dijadwalkan meluncurkan roket Falcon 9 malam ini dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di California.

Misi pukul 22:48 EDT akan mengangkat 20 satelit Starlink — termasuk 13 satelit dengan kemampuan komunikasi seluler langsung — ke orbit rendah Bumi dari Space Launch Complex 4 East.

Pembaruan 11:56: SpaceX mengumumkan penundaan ketiga, menunda upaya lepas landas hari ini hingga akhir jendela peluncuran pada pukul 14:42.

Jika perlu, lebih banyak peluang peluncuran tersedia pada hari Kamis mulai pukul 10:16

Pembaruan 11:45: Layanan Cuaca Nasional memperkirakan langit cerah, suhu tertinggi sekitar 86 derajat, dan angin tenggara dengan kecepatan 10 hingga 15 mph sore ini di dekat Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral. Kecepatan angin bisa mencapai 20 mph.

Sebuah tweet dari NWS mengatakan hari ini hingga Jumat akan membawa cuaca terpanas yang pernah terjadi di Florida Tengah Timur tahun ini – dengan perkiraan suhu tertinggi yang diperkirakan mencapai rekor.

Pembaruan 11:18: Penundaan lainnya: SpaceX kini menargetkan pukul 14:10 untuk peluncuran hari ini.

Diperbarui pada jam 11 pagi: Meskipun target peluncuran hari ini tertunda, pejabat Manajemen Darurat Brevard County telah mengaktifkan tim dukungan peluncuran badan tersebut menjelang peluncuran Falcon 9 SpaceX yang akan datang.

Pembaruan 10:35: Misi SpaceX Starlink akan lepas landas hari ini dari landasan KSC 39A dalam jarak berjalan kaki dari Launch Complex 41 di dekatnya di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Di sinilah United Launch Alliance Atlas V akan meluncurkan astronot NASA Sonny Williams dan Butch Wilmore ke Stasiun Luar Angkasa Internasional selama misi awak perdana pesawat ruang angkasa Boeing Starliner.

READ  Para astronom telah menemukan lubang hitam lebih dekat ke Bumi daripada sebelumnya

Setelah penutupan hari Senin, peluncuran Starliner yang bersejarah kini akan berlangsung selambat-lambatnya pukul 18:16 pada tanggal 17 Mei.

Diperbarui 10:05: Kami mengalami penundaan peluncuran dua setengah jam. SpaceX baru saja mengumumkan target waktu lepas landas barunya pada pukul 13:34

Perusahaan belum secara terbuka menyatakan alasan penundaan tersebut.

Pembaruan 09:50: Di bawah ini adalah daftar acara hitung mundur besar yang akan datang untuk SpaceX. T dikurangi:

  • 38 menit: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa “peluncuran” pemuatan propelan.
  • 35 menit: Pemuatan roket minyak tanah dan tahap pertama oksigen cair dimulai.
  • 16 menit: Tahap kedua pemuatan oksigen cair dimulai.
  • 7 menit: Falcon 9 memulai pendinginan mesin sebelum diluncurkan.
  • 1 menit: Komputer komando penerbangan memulai pemeriksaan pra-peluncuran terakhir; Tekanan tangki bahan bakar dimulai hingga mencapai tekanan jelajah.
  • 45 detik: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa waktu peluncuran.
  • 3 detik: Modul kontrol mesin mengontrol permulaan urutan pengapian mesin.
  • 0 detik: Daun-daun.

Pembaruan 09:29: Detail tambahan dari prakiraan SpaceX Starlink 6-56 Skuadron Cuaca ke-45:

“Poros tekanan tinggi sekarang terletak di Florida tengah dan akan tetap terjadi selama beberapa hari ke depan,” kata perkiraan tersebut.

“Tingkat kelembapan terbatas pada tingkat terendah di atmosfer, sehingga hanya ada kemungkinan kecil pelanggaran aturan awan kumulus ketika angin laut mulai bertiup pada siang hari,” kata perkiraan tersebut.

Untuk berita terkini dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral dan Pusat Antariksa Kennedy NASA, kunjungi floridatoday.com/space.

Rick Neil Dia adalah koresponden luar angkasa Florida Today. Hubungi Neal di [email protected]. Twitter/X: @Rick Neal1

Ruang angkasa penting bagi kami, itulah sebabnya kami berupaya menyediakan cakupan industri dan operasi peluncuran tertinggi di Florida. Jurnalisme seperti itu membutuhkan waktu dan sumber daya. Tolong dukung dia dengan berlangganan di sini.