Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Xi menyerukan pertumbuhan militer China saat kongres Partai dibuka

Xi menyerukan pertumbuhan militer China saat kongres Partai dibuka

BEIJING (AFP) – Pemimpin China Xi Jinping pada Minggu menyerukan pengembangan militer yang lebih cepat dan menyatakan tidak ada perubahan dalam kebijakan yang telah membuat hubungan tegang dengan Washington dan memperketat cengkeraman Partai Komunis yang berkuasa pada masyarakat dan ekonomi.

Tokoh paling berpengaruh di China angkat bicara selama beberapa dekade ketika partai tersebut membuka kongres yang telah diawasi ketat oleh bisnis, pemerintah dan masyarakat untuk tanda-tanda panduan resmi. Itu terjadi di tengah resesi yang menyakitkan di ekonomi terbesar kedua di dunia dan ketegangan dengan Washington dan tetangga Asia atas perdagangan, teknologi, dan keamanan.

Rencana partai menyerukan untuk menciptakan masyarakat yang makmur pada pertengahan abad dan mengembalikan China ke peran bersejarahnya sebagai pemimpin politik, ekonomi dan budaya. Beijing telah memperluas kehadirannya di luar negeri termasuk Inisiatif Sabuk dan Jalan dengan miliaran dolar untuk membangun pelabuhan dan infrastruktur lainnya di seluruh Asia dan Afrika, tetapi para ekonom memperingatkan bahwa membalikkan reformasi gaya pasar dapat menghambat pertumbuhan.

“Lima tahun ke depan akan sangat penting,” kata Xi dalam pidato televisi selama satu jam 45 menit kepada sekitar 2.000 delegasi di Aula Besar Rakyat yang luas. Dia sering mengutip slogannya “Meremajakan Bangsa China,” yang mencakup menghidupkan kembali peran partai sebagai pemimpin ekonomi dan sosial dalam kembali ke apa yang dianggap Xi sebagai zaman keemasan setelah mengambil alih kekuasaan pada tahun 1949.

Konferensi ini akan mengangkat para pemimpin selama lima tahun ke depan. Xi, 69, diperkirakan akan mendobrak tradisi Dia memberikan dirinya masa jabatan lima tahun ketiga sebagai Sekretaris Jenderal dan mendukung sekutu yang berbagi antusiasme untuk dominasi partai.

Xi mengatakan sayap militer partai, Tentara Pembebasan Rakyat, perlu “melindungi martabat dan kepentingan inti China,” mengacu pada daftar klaim teritorial dan masalah lain yang menurut Beijing bersedia berperang.

China, yang memiliki anggaran militer terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, berusaha memperluas pengaruhnya dengan mengembangkan rudal balistik, kapal induk, dan pos terdepan.

READ  Tetangga Rusia, Finlandia, mengumumkan keinginannya untuk bergabung dengan NATO

“Kami akan bekerja lebih cepat untuk memperbarui teori, personel, dan senjata militer,” kata Xi. “Kami akan memperkuat kemampuan strategis tentara.”

Xi mengutip strategi keras “nol COVID” pemerintahnya, yang telah menutup kota-kota besar dan mengganggu perjalanan dan bisnis, sebagai sukses. Dia tidak menunjukkan kemungkinan perubahan meskipun publik frustrasi dengan biaya tinggi.

Kongres akan menunjuk komite permanen, lingkaran pemerintahan dalam kekuasaan. Susunan pemain akan menentukan siapa yang kemungkinan akan menggantikan Perdana Menteri Li Keqiang sebagai pejabat ekonomi tertinggi dan mengambil alih jabatan lain ketika legislatif seremonial China bertemu tahun depan.

Analis mengamati apakah resesi yang melihat penurunan pertumbuhan ekonomi Kurang dari setengah target tahunan resmi 5,5%, itu bisa memaksa Xi untuk membuat konsesi, dan itu termasuk pendukung reformasi gaya pasar dan pengusaha yang menghasilkan kekayaan dan pekerjaan.

Dia tidak menunjukkan kapan dia akan mundur.

Selama satu dekade berkuasa, pemerintah Xi mengejar kebijakan luar negeri yang semakin tegas dengan kontrol yang lebih ketat di dalam negeri terhadap informasi dan perbedaan pendapat.

pertengkaran beijing Dengan pemerintah Jepang, India, dan Asia Tenggara atas klaim yang saling bertentangan atas Cina selatan, Laut Cina Timur, dan sebagian Himalaya. Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan India membentuk kelompok strategis yang disebut Kuartet sebagai tanggapan.

Partai tersebut telah meningkatkan dominasi industri milik negara dan menggelontorkan uang ke dalam inisiatif strategis yang bertujuan untuk memelihara para inovator China dalam energi terbarukan, mobil listrik, chip komputer, kedirgantaraan, dan teknologi lainnya.

Taktiknya memicu keluhan bahwa Beijing secara tidak benar melindungi dan mendukung penciptanya yang baru lahir dan menyebabkan Presiden Donald Trump saat itu menaikkan tarif impor China pada 2019, memicu perang dagang yang telah mengguncang ekonomi global. Penerus Trump, Joe Biden, telah mempertahankan sanksi tersebut, dan bulan ini meningkatkan pembatasan akses China ke teknologi chip AS.

Partai tersebut telah memperketat kendalinya atas para pemimpin sektor swasta, termasuk raksasa e-commerce Alibaba, melalui kampanye anti-trust, keamanan data, dan tindakan keras lainnya. Di bawah tekanan politik, mereka menyalurkan miliaran dolar ke dalam pengembangan chip dan inisiatif partisan lainnya. Harga saham mereka jatuh di bursa saham asing karena ketidakpastian tentang masa depan mereka.

READ  Pelaut Prancis Laurent Camproby bertahan selama 16 jam di bawah kapal yang terbalik di Samudra Atlantik

Partai tersebut telah memperketat sensor terhadap media dan Internet, meningkatkan pengawasan publik dan memperketat kontrol atas kehidupan pribadi dengan inisiatif “Kredit Sosial” yang melacak individu dan menghukum pelanggaran mulai dari penipuan hingga membuang sampah sembarangan.

Pekan lalu, spanduk mengkritik Xi dan “nol COVID” Mereka diskors dari jalan raya di atas salah satu jalan utama Beijing dalam protes yang jarang terjadi. Foto-foto acara telah dihapus dari media sosial, dan aplikasi perpesanan populer WeChat telah menutup akun yang diteruskannya.

Xi mengatakan partainya akan membangun “kemandirian dan kekuatan” dalam teknologi dengan meningkatkan sistem pendidikan China dan menarik pakar asing.

Willy Lam, spesialis kebijakan di Chinese University of Hong Kong, mengatakan presiden tampaknya menggandakan kemandirian teknologi dan “nol COVID” pada saat negara-negara lain melonggarkan pembatasan perjalanan dan mengandalkan lebih banyak pasokan yang mengalir bebas. rantai. .

Bergabung dengan Xi di podium adalah para pemimpin Partai termasuk pendahulunya sebagai pemimpin partai, Hu Jintao, mantan Perdana Menteri Wen Jiabao, dan Song Ping, seorang anggota partai veteran berusia 105 tahun yang memelihara awal karir Xi. Tidak ada indikasi bahwa mantan presiden Jiang Zemin, berusia 96 tahun, adalah pemimpin partai hingga 2002.

Lam mengatakan kehadiran para mantan pemimpin menunjukkan bahwa Xi tidak menghadapi oposisi yang serius.

“Xi telah menjelaskan bahwa dia bermaksud untuk mempertahankan kekuasaan selama kesehatannya memungkinkan dia untuk melakukannya,” katanya.

Xi tidak menyebutkan invasi Rusia ke Ukraina, yang ditolak Beijing untuk dikritik. Dia membela tindakan keras terhadap gerakan pro-demokrasi di Hong Kong, dengan mengatakan partai itu telah membantu bekas jajahan Inggris “memasuki fase baru di mana ketertiban telah dipulihkan dan ditakdirkan untuk berkembang”.

Pemerintah Xi juga menghadapi kritik atas penangkapan massal dan pelanggaran lainnya terhadap kelompok etnis Muslim dan pemenjaraan kritikus pemerintah.

READ  Moskow mengancam akan membalas jika NATO bergerak dengan senjata nuklir di dekat perbatasannya

Amnesty International memperingatkan bahwa memperpanjang masa jabatan Xi akan menjadi “bencana hak asasi manusia”. Selain kondisi di China, laporan tersebut mencatat upaya Beijing untuk “mendefinisikan kembali makna hak asasi manusia” di PBB.

Xi mengatakan Beijing menolak untuk menyerahkan potensi penggunaan kekuatan terhadap Taiwan, pulau demokratis dan otonom yang diklaim Partai Komunis sebagai wilayahnya. Kedua belah pihak berpisah pada tahun 1949 setelah perang saudara.

Beijing telah mengintensifkan upayanya untuk mengintimidasi Taiwan dengan menerbangkan pesawat tempur dan pembom ke pulau itu. Kampanye itu semakin intensif setelah Ketua DPR Nancy Pelosi pada Agustus menjadi pejabat tertinggi AS yang mengunjungi Taiwan dalam seperempat abad.

“Kami akan terus berjuang untuk reunifikasi damai,” kata Xi. Tapi kami tidak akan pernah berjanji untuk menghentikan penggunaan kekuatan. Kami memiliki opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan.”

Pemerintah Taiwan menjawab bahwa 23 juta rakyatnya memiliki hak untuk menentukan masa depan mereka sendiri dan tidak akan menerima tuntutan Beijing. Sebuah pernyataan pemerintah meminta China untuk “meninggalkan pengenaan kerangka politik dan penggunaan kekuatan militer dan paksaan”.

Kepemimpinan Partai Komunis pada 1990-an sepakat untuk membatasi posisi sekretaris jenderal menjadi dua periode lima tahun dalam upaya untuk mencegah terulangnya perebutan kekuasaan dari dekade-dekade sebelumnya. Komandan ini juga menjadi ketua komite yang mengendalikan tentara dan memegang gelar seremonial presiden nasional.

Xi memperjelas niatnya pada 2018 ketika batas dua masa jabatan dihapus dari konstitusi China. Para pejabat mengatakan bahwa mengizinkan Xi untuk tetap tinggal jika diperlukan untuk melakukan reformasi.

Partai tersebut diperkirakan akan mengubah piagamnya minggu ini untuk meningkatkan posisi Xi sebagai pemimpin setelah menambahkan ideologi pribadinya, Pemikiran Xi Jinping, pada konferensi sebelumnya pada tahun 2017.

Juru bicara konferensi, Sun Yeli, mengatakan pada hari Sabtu Perubahan itu akan “memenuhi persyaratan baru untuk memajukan perkembangan partai” tetapi tidak memberikan rincian.