September 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Konfrontasi PBB yang menjulang antara Lavrov dan Barat atas kekejaman di Ukraina

Konfrontasi PBB yang menjulang antara Lavrov dan Barat atas kekejaman di Ukraina

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menghadiri upacara untuk menerima letter of credit dari duta besar asing yang baru diangkat di Kremlin di Moskow, Rusia, 20 September 2022. Sputnik/Pavel Bednyakov/Pool via REUTERS/File Photo

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Perserikatan Bangsa-Bangsa (Reuters) – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan menghadapi rekan-rekannya dari Ukraina dan Barat pada Kamis, termasuk Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, ketika Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa bertemu mengenai kekejaman di Ukraina.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional Karim Khan akan memberi pengarahan singkat kepada 15 anggota badan yang bertemu selama pertemuan tahunan para pemimpin dunia di Majelis Umum PBB.

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari ketika Dewan Keamanan bertemu di New York untuk membahas kekhawatiran Barat bahwa Moskow merencanakan langkah seperti itu. Baca lebih banyak

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Sebuah kejahatan telah dilakukan terhadap Ukraina, dan kami menuntut hukuman yang adil,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada majelis pada hari Rabu dalam sebuah rekaman video. “Kejahatan itu dilakukan terhadap kehidupan orang-orang kami. Kejahatan itu dilakukan terhadap martabat perempuan dan laki-laki kami.” Baca lebih banyak

Ukraina, Amerika Serikat dan negara-negara lain menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di Ukraina. Rusia membantah menargetkan warga sipil selama apa yang disebutnya “operasi militer khusus”, menggambarkan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia sebagai kampanye kotor.

Dewan Keamanan bertemu sehari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan ratusan ribu orang Rusia untuk memobilisasi untuk berperang di Ukraina, pindah untuk mencaplok petak wilayah Ukraina dan mengancam untuk menggunakan senjata nuklir. Baca lebih banyak

READ  Ukraina bekerja untuk melanjutkan ekspor biji-bijian, pemogokan Rusia adalah risiko

Dewan tidak dapat mengambil tindakan yang berarti terhadap Ukraina karena Rusia adalah anggota tetap dengan hak veto bersama dengan Amerika Serikat, Prancis, Inggris, dan Cina. Sesi hari Kamis akan menjadi setidaknya 20 kali Dewan Keamanan bertemu di Ukraina tahun ini.

Setelah pengarahan Guterres dan Khan, 15 anggota dewan akan berbicara, diikuti oleh Ukraina, beberapa negara Eropa, Belarus, dan koordinator kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell.

Pada bulan Juli, Lavrov menarik diri dari pertemuan para menteri luar negeri G20 di Indonesia ketika ia menghadapi seruan untuk mengakhiri perang dan kritik atas konflik yang memicu krisis pangan global. Lavrov mencela Barat karena “kritik fanatiknya”.

Meskipun tidak mungkin kursi Rusia di Dewan Keamanan PBB akan dibiarkan kosong selama pertemuan itu, tidak jelas berapa lama Lavrov akan tetap berada di ruangan itu.

Kepala jaksa kejahatan perang Ukraina mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa kantornya sedang menyelidiki sekitar 26.000 kasus dugaan kejahatan perang sejak invasi Rusia pada 24 Februari dan telah mendakwa 135 orang. Baca lebih banyak

Pejabat Ukraina mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah menemukan ratusan mayat, beberapa dengan tangan terikat di belakang, terkubur di daerah dekat kota timur laut jika Izyum direbut kembali dari pasukan Rusia, dalam apa yang digambarkan Zelensky sebagai bukti kejahatan perang oleh penjajah.

Kepala pemerintahan pro-Rusia, yang meninggalkan daerah itu seminggu yang lalu, menuduh Ukraina mendalangi kekejaman di Izyum. Baca lebih banyak

Minggu ini, Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia mencatat 5.916 warga sipil tewas dan 8.616 terluka di Ukraina sejak awal konflik.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

READ  Jaksa Argentina menuntut hukuman penjara 12 tahun untuk VP Kirchner

Pelaporan tambahan oleh Humira Pamuk dan Michelle Nichols; Diedit oleh Mary Milliken dan Grant McCall

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.