November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rencana gigi untuk kesalahan di tengah inflasi global

Rencana gigi untuk kesalahan di tengah inflasi global

PORTLAND, Oregon (AFP) – Presiden Joe Biden pada Sabtu menelepon Perdana Menteri Inggris Liz Truss. Rencana pemotongan pajak telah ditinggalkan “Salah,” dan mengatakan dia khawatir bahwa kebijakan fiskal negara lain dapat merugikan Amerika Serikat di tengah “inflasi global.”

Biden mengatakan “diharapkan” bahwa perdana menteri baru pada hari Jumat harus mundur dari rencana untuk memotong pajak secara tajam tanpa mengidentifikasi penghematan biaya, setelah proposal Truss menyebabkan pasar keuangan global bergejolak. Itu adalah kritik luar biasa oleh seorang presiden Amerika terhadap keputusan kebijakan domestik salah satu sekutu terdekatnya.

“Saya bukan satu-satunya yang berpikir itu salah. Saya tidak setuju dengan kebijakan itu, tetapi terserah Inggris Raya,” kata Biden.

Komentar Biden muncul beberapa minggu setelah pejabat Gedung Putih menolak untuk mengkritik rencana Truss, meskipun mereka menekankan bahwa mereka mengawasi kejatuhan ekonomi dengan cermat. Dia berbicara kepada wartawan di toko es krim Oregon di mana dia tiba-tiba berhenti untuk mempromosikan nominasi Demokrat untuk gubernur Tina Kotik, ketika Demokrat di seluruh negeri menghadapi lingkungan politik yang sulit di tengah kritik dari Partai Republik untuk penanganan ekonomi mereka.

Biden mengatakan dia tidak khawatir tentang kekuatan dolar – itu telah membuat rekor baru terhadap pound Inggris dalam beberapa pekan terakhir – yang menguntungkan impor AS tetapi membuat ekspor negara itu lebih mahal untuk seluruh dunia.

Presiden mengatakan ekonomi AS “sangat kuat”.

“Saya khawatir tentang seluruh dunia,” tambahnya. “Masalahnya adalah kurangnya pertumbuhan ekonomi dan kebijakan yang sehat di negara lain.”

“Ini inflasi global, itu ketergantungan,” kata Biden.