Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tim Cook bertaruh pada headset realitas campuran Apple untuk mengamankan warisannya

Tim Cook bertaruh pada headset realitas campuran Apple untuk mengamankan warisannya

Ketika Tim Cook meluncurkan headset “realitas campuran” baru Apple akhir tahun ini, dia tidak hanya akan memamerkan gadget mengkilap terbaru dari raksasa teknologi itu.

Bos Apple juga akan memastikan bahwa warisannya termasuk meluncurkan produk perangkat keras generasi berikutnya yang diyakini beberapa orang di dalam perusahaan suatu hari nanti dapat menyaingi iPhone.

Setelah tujuh tahun dalam pengembangan – dua kali lebih lama dari iPhone – raksasa teknologi ini secara luas diperkirakan akan mengungkap headset yang menampilkan realitas virtual dan augmented reality pada bulan Juni.

Taruhannya tinggi untuk si juru masak. Headset tersebut akan menjadi yang pertama dari platform komputasi baru Apple yang dikembangkan sepenuhnya di bawah kepemimpinannya. IPhone, iPad, dan bahkan Watch awalnya dirancang oleh salah satu pendiri Apple Steve Jobs, yang meninggal pada tahun 2011.

Pertumbuhan Apple selama masa jabatan Cook sangat mencengangkan, meningkatkan kapitalisasi pasarnya dari sekitar $350 miliar pada tahun 2011 menjadi sekitar $2,4 triliun saat ini. Namun terlepas dari peluncuran ganda Apple Watch pada tahun 2015 dan AirPods setahun kemudian, yang membantu mengubah divisi aksesori menjadi bisnis senilai $41 miliar, perusahaan tersebut dituduh mengulangi ide-ide masa lalu daripada membuat terobosan baru.

“Mereka mendapat banyak tekanan untuk mengisi daya headset,” kata mantan insinyur Apple yang bekerja di bagian pengembangan produk. Mereka telah menunda peluncuran setiap tahun di masa lalu [few] bertahun-tahun.”

Waktu peluncuran telah menjadi sumber ketegangan sejak proyek dimulai pada awal 2016, menurut beberapa orang yang akrab dengan diskusi internal Apple.

Tim operasi Apple ingin mengirimkan produk “Edisi Pertama”, headset mirip ski-goggle yang memungkinkan pengguna menonton video 3D imersif, melakukan latihan interaktif, atau mengobrol dengan avatar realistis melalui FaceTime yang diperbarui.

READ  Ponsel Google Pixel akan segera mendapatkan peningkatan pencarian yang serius

Tetapi tim desain industri Apple yang terkenal memperingatkan agar tidak bersabar, ingin menunda hingga versi kacamata augmented reality yang ringan menjadi layak secara teknis. Sebagian besar industri teknologi memperkirakan ini akan memakan waktu beberapa tahun lagi.

Dalam membuat keputusannya untuk melanjutkan debut tahun ini, Cook memihak Chief Operating Officer Jeff Williams, menurut dua orang yang mengetahui proses pengambilan keputusan Apple, dan menolak keberatan awal dari desainer Apple untuk menunggu teknologi mengejar ketinggalan. visi mereka. .

Beberapa tahun yang lalu, menentang keinginan tim desain Apple yang kuat tidak akan terpikirkan. Namun sejak kepergian pemimpin lamanya Jony Ive pada 2019, struktur Apple telah diubah, dengan desain yang sekarang mengikuti Williams.

Peran Ive sebelumnya sebagai Chief Design Officer dibagi menjadi dua, dengan Evans Hanke di hardware dan Alan Day di software. Namun, Hanke mengumumkan Oktober lalu bahwa dia akan pergi dalam enam bulan, yang telah berkontribusi pada tingkat perputaran karyawan yang signifikan di departemen selama beberapa tahun terakhir.

Seorang mantan insinyur Apple mengatakan bahwa proses yang memiliki kendali lebih besar atas pengembangan produk adalah “evolusi logis” dari jalur Apple di bawah kepemimpinan Cook. Orang ini mengatakan bahwa bagian terbaik dari bekerja di Apple datang dengan solusi teknik untuk “persyaratan gila” dari tim desain, tetapi itu berubah dalam beberapa tahun terakhir.

Apple menolak berkomentar.

Tim eksekutif Apple yang terdiri dari 12 orang mencerminkan bagaimana fokus perusahaan telah bergeser di bawah kepemimpinan Cook, yang sebelumnya menjabat sebagai chief operating officer. Empat dari 12 anggota naik melalui jajaran operasi Apple, sementara tidak ada yang menggantikan Ive sebagai chief design officer, yang memimpin pengembangan iMac, iPod, iPhone, dan Watch.

READ  Di tengah lautan bocoran, kamera iPhone 15 berhasil menyelipkan beberapa kejutan

Sementara keberhasilan atau kegagalan headset dapat berdampak besar pada reputasi Cook sebagai pemimpin yang konsisten dan persepsi kemampuan Apple untuk terus berinovasi, penjualan awalnya kemungkinan besar akan meleset.

Apple hanya berharap untuk menjual sekitar 1 juta unit headphone dalam 12 bulan pertama, menurut dua orang yang mengetahui perencanaan tersebut, kurang dari generasi pertama iPhone atau Apple Watch di tahun setelah peluncurannya.

Perangkat kompleks, yang akan memiliki satu set kamera dan layar beresolusi tinggi, diperkirakan berharga sekitar $3.000, tiga kali lipat harga Meta Quest Pro, yang dapat membatasi daya tariknya.

Menghasilkan bahkan $3 miliar dalam penjualan tahunan akan menjadi sebagian kecil dari pendapatan Apple sekitar $400 miliar tahun lalu.

Sasaran sederhana mungkin memberi kesan bahwa Apple berharap gagal. Namun Apple juga memiliki sejarah panjang yang memulai dengan lambat saat memasuki kategori produk baru, dan kemudian menembus pasar dalam beberapa tahun. Orang-orang yang dekat dengan Apple mengatakan bahwa meskipun target penjualannya sederhana, perusahaan sedang mempersiapkan kampanye pemasaran untuk produk baru tersebut.

Pasar secara historis meremehkan dampak jangka panjang dari kebaruan [Apple] Peluncuran Produk/Layanan,” tulis analis Morgan Stanley dalam sebuah catatan kepada klien awal bulan ini.

Apple biasanya menjual lebih dari 200 juta iPhone setahun dan mengirimkan sekitar 50 juta jam tangan tahun lalu. Menjual 1 juta headset akan menjadi sekitar 10 persen dari pasar realitas virtual yang masih baru, dengan CCS Insight memperkirakan kurang dari 10 juta headset realitas campuran terjual secara global tahun lalu.

Apple sering menggunakan produk generasi pertama untuk menarik minat pengguna setia Apple dan bertindak sebagai katalis bagi komunitas pengembangnya yang luas, kata Amit Daryanani, analis Evercore ISI.

READ  Program ini mengeluarkan kunci Windows XP yang telah diretas, jika Anda ingin kembali ke tahun 2001

“Produk ini memungkinkan pengembang aplikasi untuk melihat bagaimana orang menggunakan produk dan memungkinkan mereka mengidentifikasi peluang pengembangan yang paling menarik,” katanya.

Tahun lalu, Cook mengatakan Apple memiliki 34 juta pengembang terdaftar yang membuat aplikasi untuk perangkatnya. Itu akan memungkinkan Apple untuk mengambil pendekatan “jika Anda membangunnya, mereka akan datang”, membuka jalan untuk peluncuran yang lebih sukses secara berurutan.

“Kami telah melihat iPhone berkembang seiring dengan berkembangnya komunitas pengembang dan konsumen mendapatkan kekuatan aplikasi,” kata Hanish Bhatia, direktur asosiasi di Counterpoint, kelompok riset tersebut. “Kami mengharapkan dinamika pertumbuhan tongkat hoki yang serupa untuk kategori headphone, dengan setiap generasi meningkat dari generasi sebelumnya.”