Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Klub Eropa yang beranggotakan 44 negara itu menggarisbawahi isolasi Rusia

Klub Eropa yang beranggotakan 44 negara itu menggarisbawahi isolasi Rusia

  • 43 pemimpin Eropa berkumpul di Praha untuk pertemuan puncak simbolis
  • Energi dan keamanan ada di pikiran semua orang
  • Truss memutuskan Macron adalah ‘teman’, dan suasana hati meningkat setelah Brexit
  • Keraguan tentang kelayakan koordinasi Eropa yang luas
  • UE 27 untuk menindaklanjuti KTT khusus, tutup gas dalam daftar

Praha (Reuters) – Para pemimpin Uni Eropa dan tetangga dari Inggris hingga Turki bertemu pada Kamis untuk membahas keadaan darurat keamanan dan energi yang telah melanda mereka semua sejak invasi Rusia ke Ukraina dalam pertemuan puncak simbolis yang menggarisbawahi isolasi Moskow.

Rapat umum di Praha adalah pertemuan perdana Kelompok Politik Eropa (EPC), gagasan Presiden Prancis Emmanuel Macron, menyatukan 27 negara anggota Uni Eropa dan 17 negara Eropa lainnya secara setara.

Beberapa negara sedang menunggu untuk bergabung dengan Uni Eropa sementara yang lain, Inggris, adalah satu-satunya negara yang pernah meninggalkannya.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen mengikat simpul dengan debat parlemen penting di dalam negeri, menurunkan jumlah pemimpin menjadi 43 dari yang semula direncanakan 44.

Pertemuan di kompleks lama Kastil Praha adalah pertunjukan besar solidaritas untuk benua yang terperosok dalam berbagai krisis – mulai dari kejatuhan keamanan akibat perang di Ukraina hingga krisis energi dan resesi yang membayangi yang menghancurkan harapan untuk pemulihan yang kuat dari COVID -19 penurunan pandemi.

“Kami menunjukkan dengan sangat jelas persatuan 44 pemimpin Eropa dalam mengutuk agresi Rusia dan menyatakan dukungan mereka untuk Ukraina,” kata Macron pada konferensi pers setelah KTT.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan: “KTT ini menegaskan bahwa Rusia benar-benar terisolasi.”

READ  Manifesto Partai Republik yang Cemerlang tentang Invasi ke Ukraina

Berbicara pada pertemuan itu melalui tautan video, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak para pemimpin untuk mengubah komunitas politik baru menjadi “Komunitas Perdamaian Eropa”.

“Biarlah hari ini menjadi titik awal. Titik dari mana Eropa dan seluruh dunia bebas akan pergi untuk mengamankan perdamaian bagi kita semua. Itu mungkin,” katanya, menyerukan para pemimpin “untuk mengarahkan semua kekuatan potensial di Eropa untuk mengakhiri perang.”

Di Praha, sorotan terutama tertuju pada Perdana Menteri Inggris Liz Truss, yang – di bawah tekanan di dalam negeri setelah hanya beberapa minggu menjabat – bergabung ke podium bersama para pemimpin Uni Eropa.

Keputusannya untuk hadir telah meninggalkan beberapa harapan untuk mengatur ulang hubungan antara Brussels dan London, berdasarkan nada yang lebih hangat dalam beberapa pekan terakhir dalam kebuntuan antara kedua belah pihak mengenai pengaturan perdagangan pasca-Brexit di Irlandia Utara.

Truss, yang mengumumkan awal tahun ini saat berkampanye untuk perdana menteri bahwa juri tidak tahu apakah Macron adalah teman atau musuh, mengatakan kepada wartawan di Praha bahwa presiden Prancis memang teman Inggris. Baca lebih banyak

Kedua pemimpin bertemu untuk pembicaraan di Praha, dan Macron kemudian memperkuat suasana damai, dengan menyatakan: “Saya sangat berharap ini adalah awal dari hari berikutnya.”

Toko bicara?

Perang Rusia di Ukraina pasti akan tetap menjadi fokus klub baru saat para pemimpin EPC bertemu di Moldova, tetangga kecil dan bermasalah Ukraina.

READ  Komentar Biden tentang Taiwan tergantung di atas dengan para pemimpin Jepang, India dan Australia pada hari terakhir perjalanan Asianya

Namun, sama sekali tidak jelas apakah forum tersebut, yang telah diabaikan oleh beberapa orang hanya sebagai toko modern, memiliki masa depan yang kuat.

Ukurannya yang besar akan menjadi hambatan utama untuk menghadirkan politik konkret, seperti halnya keragaman politik dan budaya dan persaingan tradisional di antara banyak anggotanya, dari Armenia dan Azerbaijan hingga Yunani dan Turki.

Dalam sebuah blog menjelang KTT, kepala kebijakan luar negeri UE Josep Borrell mengatakan kejelasan masih diperlukan tentang alasan dasar EPA, hubungannya dengan UE, bagaimana seharusnya membuat keputusan, dan bahkan apakah EPA harus memiliki anggaran sendiri.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan KTT itu adalah “inisiatif yang sangat tepat” untuk membahas masalah benua Eropa dan menemukan solusi bersama, tetapi memperingatkan bahwa EPA tidak boleh menjadi pengganti negara-negara yang berharap untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Ankara memulai negosiasi keanggotaan dengan Uni Eropa pada 2005.

Para pemimpin dari 27 negara Uni Eropa akan bertemu sendirian pada hari Jumat di Praha. Ketegangan akan terjadi atas paket dukungan energi 200 miliar euro ($ 197,50 miliar) Jerman, yang oleh banyak rekan-rekannya dianggap berbahaya bagi persaingan di pasar tunggal blok itu.

Negara-negara UE juga akan mencoba mengatasi perbedaan tentang cara membatasi harga gas untuk menahan biaya energi tinggi yang menaikkan inflasi di seluruh blok.

Secara terpisah, negara-negara anggota UE memberikan persetujuan akhir untuk serangkaian sanksi kedelapan terhadap Moskow atas invasi ke Ukraina, tetapi mengatakan bahwa menerapkan batas harga pada minyak lintas laut Rusia yang termasuk dalam paket membutuhkan lebih banyak pekerjaan.

(1 dolar = 1,0127 euro)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

READ  Sembilan tewas setelah banjir melanda wilayah Italia Marche

(Laporan oleh Sabine Siebold, Michelle Rose, Robert Mueller, Jan Lopatka, Michel Kahn, Jason Hovet, Andreas Rinke, Gabriela Bazinska, Philip Blinkinsop, Alan Charlech dan Steen Jacobsen; Ditulis oleh John Chalmers; Diedit oleh Alexandra Hudson dan Alistair Bell

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.