Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky memperbaharui diplomasi, dan Biden menunjuk pertahanan udara sebagai prioritas |  Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Zelensky memperbaharui diplomasi, dan Biden menunjuk pertahanan udara sebagai prioritas | Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah meningkatkan diplomasi atas invasi Rusia ke negaranya, mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Amerika Serikat, Turki dan Prancis di tengah pertempuran berkepanjangan di front timur perang sembilan bulan.

Meskipun Zelensky sering mengadakan pembicaraan dengan Presiden AS Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sejak invasi pasukan Rusia pada akhir Februari, tidak biasa baginya untuk mengadakan diskusi semacam itu dalam satu hari.

“Kami terus bekerja dengan mitra,” kata Zelensky dalam pidato video malamnya, menambahkan bahwa dia mengharapkan beberapa “hasil signifikan” dalam minggu mendatang dari serangkaian acara internasional yang akan berfokus pada situasi di Ukraina.

Kanselir Jerman Olaf Scholz akan mengadakan pertemuan online dengan para pemimpin G7 dan menteri luar negeri Uni Eropa pada Senin untuk mencoba menyetujui lebih banyak sanksi terhadap Rusia dan bantuan tambahan atau pengiriman senjata ke Ukraina.

Serangan rudal dan pesawat tak berawak Rusia yang berturut-turut telah menghancurkan sebagian besar infrastruktur energi negara itu, menyebabkan jutaan warga sipil tanpa listrik dan panas pada saat suhu berada pada atau di bawah titik beku.

Zelensky mengatakan dia berterima kasih kepada Biden atas bantuan “pertahanan dan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya” yang diberikan oleh Amerika Serikat dan berbicara tentang kebutuhan Ukraina akan sistem pertahanan anti-pesawat yang efektif untuk melindungi rakyatnya.

READ  Pembaruan Langsung: Pengumuman Suku Bunga Federal Reserve

Dia berkata: “Kami juga menghargai bantuan yang diberikan oleh Amerika Serikat untuk memulihkan sistem energi di Ukraina.”

Dia mengatakan bahwa Ukraina akan berpartisipasi dalam pertemuan G7 dan setelah panggilan tersebut, Kiev “mengkoordinasikan posisi kami dengan Amerika”.

Dalam sebuah pernyataan sesudahnya, Gedung Putih mengatakan Biden menekankan bahwa Amerika Serikat sedang berupaya untuk meningkatkan pertahanan udara Ukraina sebagai prioritas.

Lebih banyak hukuman

Krisis energi juga merupakan bagian utama dari diskusi Zelensky sebelumnya dengan Macron Prancis dan Erdogan Turki.

Zelensky menggambarkan percakapannya selama lebih dari satu jam dengan Macron sebagai “sangat informatif”, mencakup “pertahanan, energi, ekonomi, dan diplomasi”.

Sementara itu, dia berterima kasih kepada Turki karena menyediakan tempat berlindung bagi anak-anak Ukraina dan menyebarkan ratusan generator di kota-kota di seluruh negeri.

Presiden Ukraina juga mengatakan dia telah berdiskusi dengan Erdogan kemungkinan perluasan pakta ekspor biji-bijian yang membuka pelabuhan Ukraina untuk ekspor pada Juli setelah enam bulan blokade de facto Rusia.

Turki, yang memainkan peran mediasi dalam pembicaraan damai di bulan-bulan pertama perang, bekerja di pihak PBB dalam perjanjian ini.

Kantor Erdogan mengatakan pemimpin Turki itu juga berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Minggu dan menyerukan agar konflik segera diakhiri.

Putin pekan lalu memperingatkan tentang perang yang berlarut-larut dan berbicara tentang hilangnya kepercayaan Moskow terhadap negara-negara Barat, yang katanya akan membuat penyelesaian akhir atas Ukraina menjadi lebih sulit.

Macron telah memperjuangkan diplomasi dalam konflik tersebut, tetapi telah membuat khawatir Kiev dan beberapa sekutu serta negara-negara Baltik dengan apa yang mereka lihat sebagai pesan campurannya: bahwa terserah Kiev untuk memutuskan kapan harus bernegosiasi dengan Moskow, tetapi juga bahwa jaminan keamanan diperlukan untuk Rusia. .

READ  Sebulan setelah serangan Rusia di Ukraina, pemerintah dan pengunjuk rasa menargetkan kapal pesiar oligarki

Para menteri luar negeri UE akan membahas paket sanksi kesembilan yang dapat menambahkan hampir 200 individu dan entitas tambahan ke dalam daftar sanksi UE, serta 2 miliar euro ($2,11 miliar) untuk pengiriman senjata ke Ukraina.

Kesepakatan biji-bijian yang disepakati pada bulan Juli merupakan bagian dari diskusi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan timpalannya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan. [Yoruk Isik/Reuters]

Tidak ada pembicaraan damai yang sedang berlangsung dan tidak ada akhir yang terlihat untuk konflik paling berdarah di Eropa sejak Perang Dunia II.

Moskow tidak menunjukkan tanda-tanda bersedia menghormati kedaulatan Ukraina dan perbatasan sebelum perang, dengan mengatakan bahwa empat wilayah yang diklaimnya dianeksasi dari Ukraina pada bulan September adalah bagian dari Rusia “selamanya”.

Pemerintah di Kiev mengesampingkan penyerahan tanah apa pun ke Rusia dengan imbalan perdamaian.

Di tanah di Ukraina, tentara digali di sepanjang garis depan di timur di tengah pemboman yang terus berlanjut dan serangan Rusia telah meninggalkan kota Bakhmut di Ukraina timur dalam reruntuhan, kata Zelensky akhir pekan lalu.

Situasi tetap “sangat sulit” di beberapa kota garis depan di provinsi Donetsk dan Luhansk timur Ukraina, yang bersama-sama membentuk kawasan industri Donbass, tempat separatis yang didukung Moskow berperang melawan Kiev sejak 2014.