November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ukraina memulai evakuasi sukarela dari Kherson: Wakil Perdana Menteri |  Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Ukraina memulai evakuasi sukarela dari Kherson: Wakil Perdana Menteri | Berita tentang perang antara Rusia dan Ukraina

Ukraina akan mulai mengevakuasi orang-orang yang ingin meninggalkan kota selatan Kherson yang baru saja dibebaskan dan daerah sekitarnya, Wakil Perdana Menteri Irina Vereshuk mengumumkan, mengutip kerusakan infrastruktur oleh pasukan Rusia yang membuat hidup sangat sulit bagi penduduk.

Para pejabat mengatakan berita evakuasi datang ketika rudal Rusia dilaporkan menghantam sebuah depot minyak di Kherson pada Sabtu malam, pertama kali fasilitas penyimpanan bahan bakar di kota itu dihantam sejak Rusia menarik diri lebih dari seminggu yang lalu.

Pada hari Sabtu, Vereshchuk mengatakan sejumlah orang telah menyatakan keinginan untuk pindah dari Kherson dan daerah sekitar Mykolaiv, 65 km (40 mil) ke arah barat laut.

“Mungkin dalam beberapa hari ke depan,” katanya pada konferensi pers yang disiarkan televisi di Mykolaiv ketika ditanya kapan evakuasi dari Kherson akan dimulai.

Vereshok mengatakan pemerintah telah melakukan persiapan yang diperlukan untuk evakuasi. Dia menambahkan bahwa di antara mereka yang ingin pergi adalah orang tua dan mereka yang terkena dampak pemboman Rusia.

Ini hanya evakuasi sukarela. “Saat ini, kami tidak berbicara tentang pengusiran paksa,” kata Verichuk.

Tetapi bahkan jika terjadi evakuasi sukarela, negara memikul tanggung jawab transportasi. Orang harus dibawa ke tempat di mana mereka akan menghabiskan musim dingin.

Dia menambahkan bahwa pemerintah memiliki beberapa opsi evakuasi, salah satunya menggunakan Mykolaiv sebagai titik transit sebelum orang dikirim ke barat ke bagian negara yang lebih aman.

Pada bulan Agustus, Vereshchuk mengatakan bahwa Ukraina berencana untuk memperluas jumlah area garis depan di mana evakuasi sipil wajib dilakukan, karena area ini dapat ditempati dan juga akan mengalami masalah pemanasan selama bulan-bulan musim dingin di Ukraina.

READ  Harris mengatakan komitmen AS untuk NATO adalah "tegas" karena bertujuan untuk meyakinkan sekutu Rumania

Petugas pemadam kebakaran di lokasi mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa dua rudal menghantam gudang bahan bakar pada hari Sabtu di Kherson.

Anton Gerashchenko, seorang penasihat pemerintah dan mantan wakil menteri untuk Menteri Dalam Negeri Ukraina, memposting klip video pendek di Twitter yang tampaknya menunjukkan asap tebal mengepul setelah ledakan kuat dilaporkan terjadi di Kherson pada hari Sabtu.

“Rusia melanjutkan teror hariannya,” tulisnya.

Otoritas Ukraina menuduh pasukan Rusia menghancurkan infrastruktur vital Kherson sebelum mundur awal bulan ini.

Otoritas lokal juga mengatakan kepada Associated Press bahwa ketika pasukan Rusia meninggalkan wilayah kota Kherson, mereka mencuri truk pemadam kebakaran dan ambulans, dan petugas pemadam kebakaran mengatakan mereka sekarang sedang mencari sumber daya untuk menanggapi roket dan serangan lainnya.

Presiden Volodymyr Zelensky dan pejabat lainnya menuduh Rusia mencoba mengacaukan negara dengan menghancurkan pembangkit listrik dalam upaya membekukan populasi dan memaksa jutaan orang Ukraina melarikan diri ke barat, menciptakan krisis pengungsi bagi Uni Eropa.

Kementerian Energi Ukraina mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasokan listrik negara itu terkendali meskipun Rusia terus melancarkan serangan terhadap infrastruktur pembangkit listrik.

Serangan rudal Rusia telah melumpuhkan hampir setengah dari sistem energi Ukraina, dan pihak berwenang Kyiv mengatakan pada hari Jumat bahwa penutupan total jaringan listrik ibu kota dimungkinkan.

Pemandangan menunjukkan pusat kota Lviv tanpa listrik setelah infrastruktur sipil vital terkena serangan rudal Rusia di Ukraina pada 15 November 2022. [Vladyslav Musiienko/Reuters]

“Kami meyakinkan Anda bahwa situasi pasokan energi sulit, tetapi terkendali,” kata Kementerian Energi dalam sebuah pernyataan.

READ  Gorbachev dimakamkan di Moskow pada pemakaman yang ditolak Putin

Kementerian mengatakan bahwa pihak berwenang di seluruh negeri telah memutuskan untuk menghentikan pasokan listrik untuk membantu upaya perbaikan, dan mendesak rumah tangga untuk mengurangi konsumsi energi mereka setidaknya 25 persen.

Maxim Timchenko, kepala DTEK, perusahaan energi swasta terbesar di negara itu, mengatakan angkatan bersenjata, industri energi, dan personel Ukraina melakukan keajaiban untuk menjaga pasokan dan orang tidak boleh meninggalkan negara itu.

“Itulah mengapa tidak perlu meninggalkan Ukraina hari ini,” sebuah pernyataan perusahaan mengutipnya pada hari Sabtu.

Juga pada hari Sabtu, kereta pertama dalam sembilan bulan perjalanan dari Kyiv ke Kherson tiba di kota setelah meninggalkan ibu kota Ukraina pada Jumat malam – sebuah perjalanan yang hanya dimungkinkan oleh penarikan Rusia.

Jaringan kereta api Ukraina, Ukrzaliznytsia, mengatakan 200 penumpang melakukan perjalanan dengan kereta api, yang dijuluki “Kereta Menuju Kemenangan”, yang dilukis dengan desain eklektik oleh seniman Ukraina. Tiket dijual sebagai bagian dari penggalangan dana.