Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para menteri Uni Eropa mengatakan penyelidikan Qatar terhadap korupsi merugikan Parlemen Eropa

Para menteri Uni Eropa mengatakan penyelidikan Qatar terhadap korupsi merugikan Parlemen Eropa

  • Skandal korupsi yang menargetkan Parlemen Eropa
  • Empat ditangkap dan didakwa setelah menggerebek rumah
  • Qatar membantah tuduhan menyuap pejabat senior

BRUSSELS (Reuters) – Menteri luar negeri Uni Eropa memperingatkan pada Senin bahwa kredibilitas Uni Eropa dipertaruhkan setelah tuduhan bahwa Qatar membelanjakan uang dan hadiah kepada pejabat Parlemen Eropa untuk memengaruhi pengambilan keputusan.

Yunani pada hari Senin membekukan aset tersangka utama dalam kasus tersebut, Eva Kaili, wakil presiden Parlemen Eropa dan satu dari empat orang yang ditangkap dan didakwa di Belgia selama akhir pekan, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Kantor Kylie tidak menanggapi permintaan komentar. Qatar membantah melakukan kesalahan.

Jaksa Belgia menggeledah 16 rumah dan menyita 600.000 euro ($631.800) di Brussel pada hari Jumat sebagai bagian dari penyelidikan.

Jaksa mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa keempat tersangka, yang tidak disebutkan namanya, didakwa dengan “partisipasi dalam organisasi kriminal, pencucian uang, dan korupsi”.

Parlemen Eropa mengatakan pada akhir pekan bahwa mereka telah menangguhkan Kylie dari tugasnya, sementara partai PASOK sosialis Yunani mengumumkan bahwa mereka telah mengeluarkannya dari jabatannya.

Menurut sumber yang mengetahui kasus tersebut, tiga terdakwa lainnya semuanya warga negara Italia – mantan wakil Uni Eropa Pier Antonio Panzieri, Sekretaris Jenderal ITUC Luca Visentini, dan mitra Cayley Francesco Giorgi, seorang pembantu parlemen.

Tidak ada tanggapan atas telepon dan email yang dikirim oleh Reuters ke kantor atau rumah mereka di Belgia.

“Ini adalah insiden yang luar biasa dan harus dihapus sepenuhnya dengan kekuatan hukum,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Analina Berbock saat kedatangannya untuk pertemuan rutin dengan rekan-rekannya dari Uni Eropa di Brussel.

READ  Warga Ukraina menyambut Tahun Baru saat drone Rusia lepas landas dari langit

“Ini tentang kredibilitas Eropa.”

Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney menyatakan keprihatinannya. “Ini berbahaya. Kita harus sampai ke dasarnya.”

Jaksa Belgia mengatakan mereka telah menduga selama berbulan-bulan bahwa sebuah negara Teluk mencoba untuk membeli pengaruh di Brussel.

Sebuah sumber yang mengetahui kasus itu mengatakan negara itu adalah Qatar. Pada akhir pekan, seorang pejabat Qatar membantah tuduhan kemungkinan pelanggaran.

“Setiap asosiasi pemerintah Qatar dengan tuduhan yang dilaporkan tidak berdasar dan sangat menyesatkan,” kata pejabat itu.

dukungan Qatar

Penyelidikan dilakukan saat sorotan dunia tertuju pada tuan rumah Piala Dunia Qatar, di tengah kritik terhadap catatan hak asasi manusianya, termasuk perlakuannya terhadap pekerja migran.

Dalam pidatonya di Parlemen Eropa pada 21 November, di awal turnamen sepak bola selama sebulan, Kylie mengecam para kritikus Qatar dan memuji negara Teluk yang kaya energi itu sebagai “pelopor hak-hak pekerja”.

“Mereka berkomitmen pada visi berdasarkan pilihan dan terbuka untuk dunia. Beberapa di sini masih menuntut diskriminasi di antara mereka sendiri. Mereka menindas mereka dan menuduh semua orang yang berbicara dengan mereka atau terlibat (dengan mereka) melakukan korupsi,” kata Kylie.

Skandal ini sangat memalukan bagi Parlemen, yang telah melihat dirinya sebagai kompas moral di Brussel, mencari aturan yang lebih keras terhadap lingkungan atau bisnis, mengeluarkan resolusi yang mengecam pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia dan meminta pemerintah Uni Eropa untuk menjalankan tugasnya.

Sesampainya di pertemuan Uni Eropa pada hari Senin, para menteri dengan cepat mengutuk dugaan korupsi.

“Benar-benar tidak dapat diterima, korupsi macam apa,” kata Menteri Luar Negeri Ceko Jan Lipavsky.

Dia mencatat bahwa “Qatar adalah mitra energi penting di Uni Eropa,” menambahkan, “Tentu saja, hubungan antara Uni Eropa dan Qatar harus dibangun di atas serangkaian kebijakan, termasuk hak asasi manusia dan hak pekerja.”

READ  Pekerja federal "kulit putih" tidak akan memasukkan warisan Timur Tengah dan Afrika Utara di bawah rencana Biden yang baru

Beberapa diplomat Eropa mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa tekanan untuk menjaga hubungan baik dengan Qatar meningkat saat benua itu menghadapi musim dingin kekurangan energi yang disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Parlemen Eropa akan memberikan suara minggu ini tentang mosi untuk memperpanjang perjalanan bebas visa ke UE untuk Kuwait, Qatar, Oman, dan Ekuador. Beberapa anggota parlemen menyarankan untuk menunda pemungutan suara. Yang lain menyerukan diskusi tentang skandal korupsi.

Parlemen akan memulai sesi penuhnya di Strasbourg pada pukul 5 sore (1600 GMT), dengan banyak anggota melakukan penerbangan dari Brussel pada pagi hari.

Pelaporan tambahan oleh Phil Blenkinsop di Brussel dan Lifteris Papadimas di Athena; Pelaporan tambahan oleh Sudip Kar-Gupta, Bart Meijer, Charlotte van Campenhout dan Angeliki Kotanto; Ditulis oleh Ingrid Melander; Diedit oleh Crispian Palmer

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.