Mei 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky membatalkan kunjungan luar negerinya di tengah kemajuan Rusia

Zelensky membatalkan kunjungan luar negerinya di tengah kemajuan Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah membatalkan perjalanannya ke luar negeri karena Rusia menguasai lebih banyak wilayah di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina.

Juru bicara kepresidenan Sergei Nikiforov mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa pemimpin Ukraina “memerintahkan penundaan semua acara internasional yang dijadwalkan untuknya dalam beberapa hari mendatang dan mengoordinasikan tanggal baru.”

Zelensky diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Spanyol dan Portugal minggu ini. Kantor berita Spanyol melaporkan bahwa pemimpin Ukraina itu dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Raja Felipe dari negara itu.

“Kami berterima kasih kepada mitra kami atas pengertian mereka,” kata Nikiforov.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menunggu untuk menerima Menteri Luar Negeri AS sebelum pertemuan mereka di Kiev pada 14 Mei 2024. Zelensky telah membatalkan perjalanan luar negerinya yang akan datang karena Rusia menguasai lebih banyak wilayah di Ukraina.


Brendan Smalowski/Pool/AFP melalui Getty Images

Rusia melancarkan serangan lintas batas baru di wilayah Kharkiv pada hari Jumat, dengan cepat merebut sejumlah desa perbatasan dan memfokuskan pemboman di kota Vovchansk, sekitar tiga mil dari wilayah Rusia yang diakui secara internasional.

Seorang pejabat lokal di Vovchansk mengatakan pada hari Rabu bahwa pasukan Rusia telah mengambil posisi di kota tersebut. Tentara Ukraina pada Selasa malam mengatakan bahwa mereka telah menarik tentaranya dari beberapa wilayah di Vovchansk dan desa lain di Kharkiv untuk menyelamatkan nyawa para pejuangnya.

READ  EKSKLUSIF: Peretas Rusia mencari bukti kejahatan perang, kata kepala siber Ukraina

Juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina Dmytro Lazutkin mengatakan pada hari Rabu bahwa Rusia “berusaha untuk mendapatkan pijakan di bagian utara kota.” Dia menambahkan bahwa Moskow menggunakan kelompok kecil infanteri, beberapa di antaranya sudah berada di dalam Vovchansk.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa pasukannya menguasai dua desa di utara kota Kharkiv, ibu kota regional, yang terletak di barat daya Vovchansk. Moskow mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Kelompok Pasukan Utara Rusia menangkap Hlebok dan Lokhintsy.

Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina, dan ini akan menjadi hadiah yang sangat besar bagi Rusia. Belum jelas apakah Moskow berniat merebut Kharkiv, dan para pejabat di Kiev mengatakan Kremlin ingin membagi sumber daya Ukraina yang sudah langka seiring bantuan baru dari Amerika Serikat mulai berdatangan ke negara yang dilanda perang tersebut. Tak lama setelah dimulainya serangan Rusia di timur laut negara itu, Ukraina mengumumkan akan segera memindahkan cadangannya ke wilayah perbatasan.

Rusia berusaha mencegah Ukraina memperkuat posisinya di timur dan selatan, kata Letkol Nazar Voloshin, juru bicara kelompok pasukan Ukraina Khortytsya, yang bertempur di Ukraina timur dan timur laut. Minggu Berita Selasa. Dia menambahkan bahwa serangan Rusia di garis depan Kharkiv telah meningkat.

Pihak berwenang setempat mengatakan ribuan orang dievakuasi dari rumah mereka di wilayah Kharkiv. Hingga Rabu pagi, hampir 8.000 orang telah dipindahkan, Oleh Sinyhopov, gubernur wilayah Kharkiv, mengatakan dalam sebuah postingan di aplikasi pesan Telegram.

Diperbarui 15/5/24, 6:55 ET: Artikel ini telah diperbarui dengan informasi tambahan.