Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zeekr EVs akan diluncurkan di Indonesia tahun ini;  Bagaimana dengan Malaysia?

Zeekr EVs akan diluncurkan di Indonesia tahun ini; Bagaimana dengan Malaysia?

Kuala Lumpur: Merek EV premium Geely, Zeekr, bersiap memasuki pasar Indonesia. Produsen mobil tersebut telah menandatangani perjanjian dengan PT Premium Auto Prima (PREMIUM GROUP) untuk menjual kendaraan listriknya di belahan dunia tersebut.

Poin-poin penting

  • Kapan Zeekr EVs diluncurkan di Indonesia?

    Dua Zeekr EV rencananya akan mulai dijual di Indonesia pada kuartal keempat tahun ini.

  • Apa rencana ekspansi Zeekr?

    Zeekr bertujuan untuk menjual kendaraan listrik dengan penggerak kanan dan kendaraan dengan penggerak kiri di setidaknya 50 pasar global pada akhir tahun ini dan meningkatkan penjualannya dari 118,685 unit pada tahun 2023 menjadi 230,000 pada tahun 2024.

  • Upacara yang diadakan di Park Hyatt Jakarta ini dihadiri oleh eksekutif senior kedua perusahaan, Jinhong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima, dan Alex Bao Zhuangfei, Managing Director dan President Zeekr, Wilayah SEA.

    “Kami bangga mendapat kesempatan bermitra dengan Zeekr, pionir dalam industri mobil listrik,” kata Jinhong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima. “Kolaborasi ini menegaskan komitmen kami untuk menghadirkan solusi otomotif premium, high-end, dan ramah lingkungan di Indonesia,” tambahnya.

    “Indonesia adalah pasar yang penting dan kami sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan PT Premium Auto Prima untuk menghadirkan kendaraan listrik yang inovatif dan premium kepada konsumen Indonesia. Kemitraan ini akan memperkuat komitmen kami untuk terus berkontribusi terhadap lingkungan di kawasan sekaligus memperluas ekspansi kami di Tenggara. Asia,” ujar Kepala Kawasan Kelautan Alex Bao Zhuangfei.

    Dua Zeekr EV pertama yang hadir di Indonesia – Zeekr 009 dan Zeekr X. Mari kita kenali EV ini secara singkat –

    Ziegr 009

    Berdasarkan platform SEA1 yang lebih besar, Zeekr 009 merupakan MPV mewah berukuran besar dengan jarak sumbu roda 3.205 mm, panjang 5.209 mm, lebar 2.024 mm, dan tinggi 1.848 mm.

    Secara global, Zeekr 009 dibekali dua motor listrik sehingga menghasilkan tenaga maksimal 544 PS. Tenaga disalurkan ke keempat roda, memungkinkan EV ini mencapai sprint abad ini hanya dalam 4,8 detik. Dua paket baterai yang tersedia – 116 kWh dan 140 kWh, masing-masing menawarkan jangkauan 702 dan 822 km.

    Dari segi gaya, MPV elektrik ini menampilkan desain eksterior ‘Fountain of Light’ yang mencakup gril besar yang menyala, kap mesin yang menonjol, dan DRL LED yang berorientasi vertikal. Kabinnya memiliki material premium dan perlengkapan berteknologi tinggi seperti jok kulit Nappa, multi-layar, kontrol satu sentuhan untuk fasilitas belakang, sound system Yamaha.

    Zeichr X

    Seperti Smart #1, Zikr X adalah SUV crossover mewah sub-kompak yang dibangun berdasarkan arsitektur listrik skalabel Geely. Berukuran panjang 4.450 mm, lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.572 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm.

    Ada dua pilihan drivetrain untuk SUV listrik di pasar internasional: RWD bermesin tunggal atau AWD bermesin ganda. Motornya ditenagai oleh baterai 66 kWh, memberikan EV ini jangkauan 560 km dengan sekali pengisian daya.

    Zeekr X mengesankan dengan desain eksteriornya yang ramping dengan gril tertutup, lampu depan matriks canggih, bilah lampu belakang lebar penuh, dan atap hitam kontras. Sorotan interior utama – layar head-up AR 24,3 inci yang besar, cluster instrumen digital 8,8 inci, unit infotainment 14,6 inci, dan sistem suara Yamaha 13 speaker.

    Berbicara tentang kedatangan Zeekr EV di Malaysia, merek tersebut sedang mempertimbangkan untuk memasuki arena otomotif lokal dengan kendaraan listrik berpenggerak kanan yang baru dikembangkan. Karena Geely memiliki 49,9% saham di Proton, Zeigr EV dapat dijual di Malaysia bersama Smart EV di bawah anak perusahaan Proton, Pro-Net.

    Baca Juga: Smart Malaysia meluncurkan kompetisi video pendek bekerja sama dengan UOW Malaysia

    READ  Seru-Promosi Akhir Tahun Kabor di Indonesia