Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Irak menang melawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Irak menang melawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia mengalahkan Irak 0-2 di babak pertama dalam laga kualifikasi Piala Dunia yang menegangkan di Jakarta. Kekalahan tersebut membuat Indonesia harus berkumpul kembali dan mengincar kemenangan pada pertandingan berikutnya melawan Filipina untuk menjaga harapan lolos tetap hidup.

Indonesia (Kiri) menghadapi Irak pada kualifikasi Piala Dunia pada 6 Juni 2024 di Jakarta. Foto oleh IFA

Indonesia memulai turnamen dengan penuh percaya diri, didukung oleh dukungan ribuan pendukung tuan rumah. Mendominasi sejak awal, mereka menciptakan beberapa peluang menjanjikan. Pada menit ke-20, Rafael Strouk melakukan pergerakan luar biasa ke dalam kotak penalti, namun tembakannya dibelokkan oleh bek Irak yang waspada. Sandy Walsh pun nyaris mencetak gol pada menit ke-34, namun usahanya berhasil ditangkap kiper Irak Jalal Hasan.

Meski Indonesia mendominasi, Irak menunjukkan ketangguhannya. Ibrahim Bays mengira dia telah membawa Irak unggul dengan sundulannya pada menit ke-17, namun sebuah pelanggaran menganulir gol tersebut. Babak pertama berakhir tanpa gol karena Indonesia menunjukkan harapan namun gagal memanfaatkan peluang.

Babak kedua terjadi perubahan dramatis dalam permainan. Baru enam menit berjalan, Irak mendapat hadiah penalti karena handball yang dilakukan bek Indonesia Justin Hubner. Ayman Hussain mengkonversi dengan percaya diri dari titik penalti, memberi Irak keunggulan 1-0.

Masalah bertambah bagi Indonesia pada menit ke-59 ketika kapten Jordi Amat menerima kartu merah langsung karena satu pelanggaran terakhirnya, sehingga membuat tuan rumah harus bermain 10 orang. Irak memanfaatkan keunggulan jumlah mereka dan terus maju.

Pada menit ke-73, Irak kembali mendapat hadiah penalti ketika kiper Hernando Arri melakukan pelanggaran terhadap penyerang di dalam kotak penalti. Hussain, yang ingin menggandakan golnya, tendangan penaltinya melambung di atas mistar, memberikan secercah harapan bagi Indonesia.

READ  Indonesia Samakan Barbados di Piala Davis 2021

Namun harapan Indonesia pupus pada menit ke-88. Kesalahan krusial yang dilakukan kiper Ari membuat Ali Jassim mencetak gol ke gawang yang kosong saat Irak menang 2-0.

Ali-Jasim-Aymen-Hussain-Indo-6371-6417

Ali Jassim (Kiri) dan Aymen Hussain saat Irak menang 2-0 atas Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia di Jakarta, 6 Juni 2024. Foto oleh IFA

Peluit akhir berbunyi memastikan kekalahan 0-2 bagi Indonesia, hasil yang mencerminkan perjuangan mereka meski awal babak kedua menjanjikan. Tim Indonesia yang banyak diperkuat pemain alami asal Eropa menunjukkan kecemerlangannya namun akhirnya mengalah pada kesalahannya.

Saat Indonesia menantikan pertandingan berikutnya melawan Filipina, mereka harus menghadapi beberapa kesalahan yang sangat merugikan dan masalah taktis melawan Irak. Kemenangan di laga mendatang akan sangat menentukan aspirasi mereka di kualifikasi Piala Dunia.