April 23, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Vietnam tidak terkalahkan di kandang melawan Indonesia selama 20 tahun

Vietnam tidak terkalahkan di kandang melawan Indonesia selama 20 tahun

Indonesia terakhir kali menjuarai Piala AFF 2004 dengan skor 3-0 di Stadion My Tin. Sejak itu, Indonesia telah mengunjungi My Dinh enam kali lagi, tiga di antaranya dalam pertandingan persahabatan, empat kali seri, dan dua kali kalah.

Pada laga terbaru di Vietnam, Indonesia kalah 0-2 pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Nguyen Tien Linh (kanan) mencetak gol saat Vietnam menang 2-0 atas Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Foto oleh VnExpress/Hieu Luong

Kenangan kekalahan itu, saat Indonesia yang percaya diri kebobolan di menit ke-3, masih segar di benak gelandang Marcelino Ferdinand. “Kami kebobolan gol lebih awal karena tidak fokus,” kata penyerang kelahiran 2004 itu. “Kami sekarang menyadari bahwa bermain di Hanoi tidaklah mudah.”

Ferdinand menghimbau rekan satu timnya agar siap mental untuk memberikan yang terbaik di Vietnam. Meski Indonesia meraih kemenangan dalam dua laga terakhir kedua tim, asisten pelatih Noah Arianto mengaku Vietnam tidak boleh dianggap remeh.

Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada leg pertama kualifikasi Piala Dunia di Stadion Bung Karno Kamis lalu. Kemenangan lain dalam pertandingan ulang hari Selasa akan menempatkan Indonesia di posisi utama untuk melaju ke babak kualifikasi ketiga Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Indonesia masih punya keunggulan meski bermain imbang karena dua laga tersisa akan mereka mainkan di kandang melawan Irak dan Filipina. Mereka saat ini berada di urutan kedua Grup F, unggul satu poin dari Vietnam.

Indonesia 1-0 Vietnam

Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 pada pertandingan leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Bang Karno pada 21 Maret 2024.

Memang sudah lama sekali Indonesia tidak meraih kemenangan di Stadion My Tin, akui pelatih Shin Tae-yong. Saya akan mencoba membuktikan bahwa saya bisa menang di sini.

Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Eric Tohir juga berhati-hati. “Saya sangat mengapresiasi penampilan disiplin yang membawa kami meraih kemenangan pertama di kualifikasi kedua Piala Dunia 2026. Saya berharap para pemain tetap menjaga performa dan fokusnya saat datang ke Vietnam,” ujarnya. “Bersikaplah rendah hati dan waspada, sebab peperangan masih jauh.”

Dohir mengingatkan para pemain untuk menjaga kebugaran jasmani, menjaga kedisiplinan, rajin berlatih, dan mengikuti seluruh instruksi staf pelatih. “Buktikan kepada fans bahwa Anda bisa tampil baik di Vietnam,” ujarnya.

Ini menjadi kabar baik karena Indonesia tidak mengalami cedera pada pertandingan di Stadion Bung Karno. Mereka juga menyambut tiga tambahan kualitas yaitu kapten dan bek Asnavi Mangulam setelah skorsing dan dua pemain tetap gelandang Thom Haye dan striker Ragnar Oradmagoyan.

Thom Haye diharapkan bisa memperkuat lini tengah Indonesia dengan kualitasnya sebagai gelandang starter SC Heerenveen di Eredivisie Belanda. Fans Indonesia juga menaruh harapan setelah melihat bek tengah Jay Itzes, yang bermain untuk klub Serie B Italia Venezia, melawan Vietnam.

READ  EHang menerima pre-order 100 unit EH216 dari Prestige Aviation, Indonesia