Mei 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ukraina mengatakan telah merusak sebuah kapal Rusia dan berusaha mengevakuasi pejuang Mariupol yang terluka

Ukraina mengatakan telah merusak sebuah kapal Rusia dan berusaha mengevakuasi pejuang Mariupol yang terluka

  • Ukraina mengatakan telah merusak kapal pasokan Rusia di Laut Hitam
  • Kerabat pejuang Mariupol memohon untuk menyelamatkan mereka
  • Finlandia menginginkan keamanan setelah invasi Rusia ke Ukraina
  • Swedia diharapkan untuk mengikutinya dalam mencoba bergabung dengan aliansi

KHARKIV, Ukraina (Reuters) – Ukraina mengatakan telah merusak kapal logistik angkatan laut Rusia di dekat Pulau Ular, sebuah pos terdepan kecil namun strategis di Laut Hitam, sementara kerabat tentara Ukraina yang bersembunyi di pabrik baja yang terkepung di Mariupol menuntut kerusakan mereka. menyelamatkan.

Pertempuran baru di sekitar Pulau Ular dalam beberapa hari terakhir bisa menjadi pertempuran untuk menguasai pantai barat Laut Hitam, menurut beberapa pejabat pertahanan, ketika pasukan Rusia berjuang untuk membuat kemajuan di utara dan timur Ukraina.

“Berkat tindakan para pelaut angkatan laut kami, kapal pendukung Vsevolod Bobrov – salah satu armada terbaru Rusia – terbakar,” kata Serhiy Prachuk, juru bicara Administrasi Militer Regional Odessa.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi detailnya. Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Gambar satelit yang disediakan oleh perusahaan swasta AS Maxar menunjukkan efek dari apa yang dikatakannya sebagai kemungkinan serangan rudal terhadap kapal pendarat kelas Sirna Rusia di dekat pulau itu, dekat perbatasan maritim Ukraina dengan Rumania.

Foto-foto itu juga menunjukkan kerusakan baru-baru ini pada bangunan di pulau itu, yang terkenal karena pembangkangan yang menjengkelkan dari para pembela Ukraina di awal invasi. Baca lebih banyak

Rusia menghadapi kemunduran lebih lanjut di medan perang ketika Ukraina mengusir pasukannya dari daerah sekitar Kharkiv, kota terbesar kedua, kemajuan tercepat sejak pasukan Kremlin dipaksa keluar dari Kyiv dan timur laut lebih dari sebulan yang lalu.

READ  Sepeda motor berkeliaran di ibukota Kanada di bawah pengawasan polisi

Wartawan Reuters mengkonfirmasi bahwa Ukraina sekarang menguasai daerah yang membentang sejauh Sungai Seversky Donets, sekitar 40 kilometer timur Kharkiv.

Rekaman yang dirilis oleh Komando Pasukan Lintas Udara Ukraina menunjukkan beberapa kendaraan militer yang terbakar dan sebagian jembatan terlihat hancur dan sebagian tenggelam di sungai.

Otoritas regional melaporkan serangan rudal yang berlanjut di sekitar Poltava dan penembakan di Dergach dekat Kharkiv, menewaskan dua orang.

Di ibukota, Kyiv, istri dan kerabat pejuang Ukraina yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal di pelabuhan selatan Mariupol berbaris dan berteriak untuk menyelamatkan mereka. Pasukan Rusia sedang membom pabrik baja, benteng terakhir para pembela Ukraina di sebuah kota yang hampir seluruhnya dikendalikan oleh Rusia setelah pengepungan yang berlangsung lebih dari dua bulan.

“Saya ingin semua pembela HAM yang ada di sana pulang ke rumah sehingga mereka bisa hidup normal bersama anak-anak dan kerabat mereka,” kata Maria Zimareva, yang saudaranya bekerja di pabrik baja. “Mereka mendapatkannya. Mengapa orang lain bisa berjalan-jalan dengan orang yang mereka cintai ketika mereka tidak bisa? Mengapa tidak ada yang membantu mereka?”

Kyiv mengatakan sedang bekerja untuk menyelamatkan para tentara, banyak dari mereka terluka parah.

“Kami telah memulai babak baru negosiasi tentang peta jalan untuk operasi (evakuasi). Kami akan mulai dengan yang terluka parah,” kata Wakil Perdana Menteri Irina Vereshuk kepada 1+1 TV.

Ekspansi NATO

Ketika pertempuran berlanjut di seluruh negeri, langkah-langkah diplomatik yang lebih luas telah meningkatkan tekanan pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Rencana Finlandia untuk mengajukan keanggotaan NATO, diumumkan Kamis, dan harapan bahwa Swedia akan mengikuti, akan memperluas aliansi militer Barat yang telah berusaha untuk diblokir oleh Putin.

READ  Israel mengatakan membom Golan Suriah dengan serangan rudal. Kerusakan dilaporkan

Meninggalkan netralitas yang mereka pertahankan selama Perang Dingin akan menjadi salah satu perubahan terbesar dalam keamanan Eropa dalam beberapa dekade.

Moskow menyebut deklarasi Finlandia bermusuhan dan mengancam pembalasan, termasuk tindakan “teknis militer” yang tidak ditentukan.

“Helsinki harus menyadari tanggung jawab dan konsekuensi dari tindakan seperti itu,” kata kementerian luar negeri.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan Finlandia akan “sangat menyambut” dan menjanjikan proses aksesi yang “lancar dan cepat”. Baca lebih banyak

Gedung Putih mendukung langkah tersebut.

“Kami akan mendukung permintaan NATO dari Finlandia dan/atau Swedia jika mereka mengajukan permohonan,” kata Sekretaris Pers Jen Psaki.

Perbatasan Finlandia 1.300 km (800 mil) akan lebih dari dua kali lipat panjang perbatasan antara koalisi pimpinan AS dan Rusia, menempatkan penjaga NATO dalam beberapa jam perjalanan dari pinggiran utara Saint Petersburg.

Putin mengutip potensi ekspansi NATO sebagai salah satu alasan utama meluncurkan apa yang disebutnya “operasi militer khusus” di Ukraina pada Februari.

Kamis juga melihat eskalasi perselisihan mengenai pasokan energi Rusia ke Eropa – yang tetap menjadi sumber pendanaan terbesar Moskow dan pengekspor panas dan listrik terbesar di Eropa.

Moskow mengatakan akan menghentikan aliran gas ke Jerman melalui pipa utama di atas Polandia, sementara Kyiv mengatakan tidak akan membuka kembali pipa yang telah ditutup minggu ini kecuali jika mereka mendapatkan kembali kendali atas daerah-daerah dari pejuang pro-Rusia. Harga gas naik di Eropa. Baca lebih banyak

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dilaporkan oleh kantor Reuters. Ditulis oleh Lincoln Fest dan Stephen Coates; Diedit oleh Simon Cameron-Moore

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Rusia bisa gagal bayar utangnya dalam beberapa hari