Mei 21, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Meninggalnya Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Khalifa bin Zayed, pada usia 73 tahun

Meninggalnya Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Khalifa bin Zayed, pada usia 73 tahun

“Kementerian Kepresidenan berduka atas rakyat Emirat, negara-negara Arab dan Islam dan seluruh dunia. Pemimpin bangsa dan pelindung jalannya, Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden Negara, meninggal dunia. pergi di sisi Tuhan hari ini, Jumat, 13 Mei.”

“Kementerian Kepresidenan mengumumkan duka resmi dan pengibaran bendera untuk mendiang Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, semoga Allah merahmatinya, untuk jangka waktu 40 hari, mulai hari ini, dan pengibaran bendera. Bekerja di kementerian, departemen dan lembaga federal dan lokal,” kata Kantor Berita Emirates (WAM) dalam tweet di Twitter. Dan sektor swasta untuk jangka waktu 3 hari, mulai hari ini (Jumat).

Peran Sheikh Khalifa sebagian besar bersifat seremonial sejak ia menderita stroke dan menjalani operasi pada tahun 2014. Urusan hari ini untuk negara Teluk.

Sheikh Khalifa diangkat sebagai presiden kedua Uni Emirat Arab pada tahun 2004, menggantikan ayahnya dan pendiri negara, Sheikh Zayed Al Nahyan.

Sheikh Khalifa lahir pada tahun 1948 di wilayah timur Abu Dhabi, dan merupakan putra tertua dari Sheikh Zayed. Sebelum menjabat sebagai presiden, dia adalah putra mahkota Abu Dhabi dan memimpin Dewan Perminyakan Tertinggi Abu Dhabi, yang merumuskan kebijakan minyak.

Sebagai presiden, ia mengepalai salah satu dana investasi terbesar di dunia, Abu Dhabi Investment Authority, yang mengelola aset ratusan miliar dolar.

Burj Khalifa, salah satu gedung tertinggi di dunia, mengambil namanya setelah pemerintah UEA menyelamatkan Dubai dari utangnya, dan sebagai penggemar olahraga, ia mendukung akuisisi klub sepak bola Inggris Manchester City.