Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sekilas Tentang Perang Rusia-Ukraina: Yang Kita Ketahui di Hari ke-290 Invasi | Ukraina

  • Vladimir Putin telah mengemukakan kemungkinan penyelesaian untuk mengakhiri perangnya di Ukraina, sambil tetap mengklaim bahwa “operasi militernya sendiri” akan direncanakan.. “Proses penyelesaian secara keseluruhan, ya, kemungkinan akan sulit dan akan memakan waktu – tetapi dengan satu atau lain cara, semua peserta dalam proses ini harus menerima kenyataan yang terbentuk di lapangan,” kata presiden pada konferensi pers di Bishkek, Kyrgyzstan. Pernyataannya datang hanya beberapa hari setelah dia mengatakan aksi militer bisa menjadi “operasi jangka panjang”.

  • Ledakan telah dilaporkan terjadi di Pangkalan Udara Berdyansk di Wilayah Zaporizhia, Ukraina. Tiga ledakan besar terdengar selain yang lebih kecil. Dekat kota yang diduduki Rusia Di pantai Laut Azov.

  • Ukraina mengatakan wilayah selatannya mengalami pemadaman listrik terburuk Beberapa hari setelah serangan Rusia baru-baru ini di jaringan energi negara itu. Volodymyr Kudritsky, kepala operator jaringan Ukraina Okenergo, mengatakan para pekerja berjuang lebih keras untuk memulihkan listrik di wilayah Laut Hitam Odessa, yang terpukul parah pada Senin, dan di sekitar kota Kherson yang baru saja dipulihkan.

  • Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia dapat mengubah doktrin militernya dengan memperkenalkan kemungkinan serangan pendahuluan untuk melucuti senjata musuh., referensi yang jelas untuk serangan nuklir. Berbicara hanya beberapa hari setelah dia memperingatkan bahwa risiko perang nuklir meningkat tetapi Rusia tidak akan menyerang lebih dulu, Putin mengatakan pada hari Jumat bahwa Moskow sedang mempertimbangkan apakah akan mengadopsi apa yang dia sebut sebagai konsep serangan preemptive Washington.

  • Menteri luar negeri Ukraina mengatakan pemerintahnya bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menciptakan zona aman di sekitar pembangkit nuklir Zaporizhia yang dikendalikan Rusia. kata Dmytro Kuleba Pada konferensi pers bersama di Kiev dengan rekannya dari Slovakia, Rastislav Kair, di Kiev tetap berhubungan dekat Dengan Rafael Grossi, kepala Badan Energi Atom Internasional.

    READ  KABUL - Sebuah ledakan mematikan di sebuah masjid di ibukota Afghanistan menewaskan 21 orang, kata polisi Afghanistan
  • Rusia mengklaim bahwa zona aman yang diusulkan di sekitar pabrik Zaporizhia akan ‘Hentikan pengeboman Ukraina’. Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan penarikan AS dari perjanjian yang melarang rudal nuklir jarak menengah adalah pekerjaan yang “menghancurkan”. Itu menciptakan kekosongan dan menyebabkan risiko keamanan tambahan.

  • Presiden Joe Biden Dia berkata Dia berbicara dengan bintang NBA Brittney Griner dan menemukan dia ‘dalam semangat yang baik’ Setelah dia dibebaskan dari tahanan. Rusia membebaskan Grenier pada hari Kamis dalam pertukaran tahanan terkenal untuk pedagang senjata terkenal Viktor Bout, yang telah ditahan di penjara AS selama 12 tahun.

  • Ibu Viktor Bout berterima kasih kepada Vladimir Putin karena membebaskan putranya sebagai bagian dari pertukaran dengan Amerika Serikat. Bot, dijuluki “Death Dealer”, adalah mantan perwira Soviet dengan pangkat kolonel dari Departemen Kehakiman AS Dia pernah digambarkan sebagai salah satu pedagang senjata paling produktif di dunia. media pemerintah Rusia tersebut Dia telah kembali ke negara itu.

  • Belarus telah memberi tahu Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa ia akan menerima, tanpa prasyarat, transit biji-bijian Ukraina melalui wilayahnya untuk diekspor dari pelabuhan Lituania.Seorang juru bicara PBB mengatakan. Sekretaris Jenderal PBB António Guterres bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Belarusia, Yuri Ambrazevic, di New York pada hari Jumat. Juru bicara tersebut mengatakan setelah pertemuan bahwa Ambrajević “juga menegaskan kembali tuntutan pemerintahnya untuk memungkinkan ekspor produk pupuknya, yang saat ini dikenai sanksi.”

  • Amerika Serikat telah menyatakan keprihatinan tentang “kemitraan pertahanan luas” antara Moskow dan TeheranMenggambarkannya sebagai “berbahaya” bagi Ukraina, tetangga Iran, dan dunia. Kekuatan Barat menuduh Iran memasok drone ke Rusia – yang dibantah Moskow – ketika pasukan Rusia mengebom infrastruktur energi Ukraina. Washington sebelumnya mengutuk kerja sama keamanan antara Iran dan Rusia, tetapi pada hari Jumat menggambarkan hubungan luas yang mencakup peralatan seperti helikopter dan pesawat tempur serta drone, ketentuan terakhir yang menyebabkan sanksi baru AS.

    READ  Biden bergabung dengan para pemimpin dunia dalam berkabung atas kematian Ratu Elizabeth II
  • Raksasa minyak Prancis Total Energy tunduk pada tekanan internasional dan mengumumkan bahwa mereka bermaksud untuk “menarik secara bertahap” investasi Rusia.. Perusahaan minyak terbesar kelima di dunia mengatakan pada hari Jumat akan menghapus perwakilan dari dewan direksi Novatek, pengekspor gas swasta dominan Rusia.