Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Roket SpaceX menghadirkan pertunjukan cahaya di langit pagi

Roket SpaceX menghadirkan pertunjukan cahaya di langit pagi

Ia memainkan

Ringkasan peluncuran: Gulir ke bawah untuk liputan langsung peluncuran roket SpaceX Falcon 9 pada Selasa, 4 Juni, dari Space Launch Complex 40.

Penggemar malam hari bersukacita ketika roket SpaceX dijadwalkan diluncurkan pada tengah malam sebelum jam 3 pagi EST pada hari Rabu. Namun peluncurannya ditunda hingga pukul 04.55 sehingga merupakan peluncuran dini hari.

Gelombang terakhir satelit Starlink, Starlink 8-9, akan lepas landas sebelum jam 5 pagi pada hari Rabu dari Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral. Mereka yang menyaksikannya mendapat kejutan – pendaratan roket pendorong disinari oleh sinar matahari yang datang dari ufuk timur.

Kapan peluncuran roket berikutnya ke Florida? Apakah ada peluncuran hari ini? Jadwal peluncuran roket dari SpaceX, NASA dan ULA yang akan datang di Florida

Di langit malam yang tenang, roket Falcon 9 lebih terang dibandingkan kembang api Fourth of July saat lepas landas. Setelah menurunkan tahap kedua dan muatannya ke luar angkasa, booster Falcon 9 menukik menuju kapal drone di Samudera Atlantik, mendarat delapan setengah menit kemudian.

Uap roket Falcon 9 tetap terlihat selama lebih dari satu jam.

Administrasi Penerbangan Federal AS telah mengkonfirmasi nama misi tersebut, Starlink 8-9. Sebagai bagian dari satelit Grup 8, kendaraan ini diluncurkan ke arah timur laut.

Pembaruan 05:03: Space Coast mendapat pemandangan bagus dari tahap booster pertama yang mendarat di Samudra Atlantik.

Daun-daun!

Pembaruan 04:55: SpaceX baru saja meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa 23 satelit Starlink dari Launch Complex 40 di Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral.

READ  Artemis 2 akan menyiarkan video berkecepatan tinggi dari bulan menggunakan laser

SpaceX meluncurkan siaran langsung

Pembaruan 04:50: Sekarang, webcast peluncuran SpaceX, yang diselenggarakan oleh X (sebelumnya Twitter), diposting di atas, tepat di bawah jam hitung mundur.

Peluncuran dijadwalkan berlangsung dalam waktu lima menit dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Kami berjarak 10 menit dari peluncuran roket SpaceX Falcon 9 malam ini!

Diperbarui pada 04:45: T-10 menit! Pergilah ke luar jika Anda berencana menonton peluncuran ini! Jika langit Anda cerah, sulit untuk melewatkan roket terang yang membubung ke langit sebelum fajar.

Lihat saja arah selatan Kennedy Space Center dari arah Anda.

Kendaraan tak berawak Falcon 9 dari SpaceX menjatuhkan

Pembaruan 04:36: Falcon 9 akan mendarat hari ini Kurangnya daya tarik Drone di Samudera Atlantik. Satu-satunya suara yang dapat diprediksi adalah deru misil yang familiar.

Hitung mundur peluncuran SpaceX

Pembaruan 04:30: Berikut ringkasan apa yang terjadi di balik layar pada timeline hitung mundur SpaceX.

  • 38 menit: Direktur peluncuran SpaceX mengonfirmasi kesiapan muatan bahan bakar.
  • 35 menit: Mulailah memuat minyak tanah dan oksigen cair berkualitas tinggi pada tahap pertama.
  • 16 menit: Tahap kedua pemuatan oksigen cair dimulai.
  • 7 menit: Mesin roket Falcon 9 mulai mendingin sebelum diluncurkan.
  • 1 menit: Komputer komando penerbangan memulai pemeriksaan terakhir sebelum peluncuran; Tekanan tangki bahan bakar dimulai sesuai dengan tekanan penerbangan.
  • 45 detik: Direktur peluncuran SpaceX mengonfirmasi kesiapan peluncuran.
  • 3 detik: Perangkat kendali mesin memberikan perintah agar urutan pengapian mesin dimulai.
  • 0 detik: Daun-daun.

Pembaruan 04:20: SpaceX sedang bersiap untuk mulai mengisi bahan bakar roketnya. Artinya, roket tersebut dijadwalkan lepas landas pada pukul 04:55 EDT, jika tidak maka roket tersebut harus membatalkan peluncurannya pada hari itu.

Pembaruan 04:10: Berikut beberapa berita luar angkasa sambil menunggu peluncurannya.

READ  Pendarat Tiongkok menemukan struktur poligonal raksasa yang terkubur di bawah Mars: ScienceAlert

NASA telah memilih SpaceX untuk meluncurkan teleskop COSI dengan roket Falcon 9. Teleskop luar angkasa akan memantau sinar gamma dan menyelidiki rahasia antimateri dan bintang. Diperkirakan tidak akan diluncurkan sebelum Agustus 2027.

Diperbarui pada pukul 04.00:Pusat Operasi Darurat Brevard aktif menunggu peluncuran roket pagi ini.

Pembaruan 15:48: Tanggal peluncuran masih ditetapkan pada 4:55 EST. Janji temu berlangsung hingga 5:59 pagi EST. Jika SpaceX tidak dapat diluncurkan pagi ini, kesempatan berikutnya adalah pada hari Minggu, 7 Juli pukul 12:28 EDT.

SpaceX tidak mengumumkan alasan perubahan tanggal peluncuran, namun radar menunjukkan kondisi cuaca di atas jalur peluncuran dan lokasi pendaratan rudal.

Brooke Edwards adalah reporter luar angkasa untuk Florida Today. Hubungi dia tempat [email protected] Atau di X: @Brooke Bintang.