Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Gambar pertama lubang hitam supermasif yang memuntahkan pancaran plasma

Gambar pertama lubang hitam supermasif yang memuntahkan pancaran plasma

Gambar tersebut menunjukkan aliran keluar materi yang berasal dari lubang hitam di pusat galaksi M87. Thumbnail adalah gambar piringan akresi lubang hitam
R.-S. Lu (SHAO), E.Ros (MPIfR), S.Dagnello (NRAO/AUI/NSF)

  • Jet yang dipancarkan dari lubang hitam 6,5 miliar kali ukuran Matahari kita telah ditangkap.
  • Gambar tersebut adalah yang pertama menghubungkan jet ke tepi lubang hitam supermasif.
  • Ini dapat membantu kita memahami bagaimana pancaran, yang merupakan beberapa objek paling terang di galaksi, terbentuk.

Para ilmuwan telah menangkap gambar langsung pertama dari lubang hitam supermasif yang memuntahkan semburan plasma yang kuat.

Terletak di pusat galaksi M87, 55 juta tahun cahaya jauhnya, lubang hitam tersebut berukuran sekitar 6,5 miliar kali lebih masif dari Matahari kita.

Jet dari lubang hitam dapat melakukan perjalanan ratusan ribu tahun cahaya dan merupakan salah satu misteri terbesar alam semesta.

Para astronom berharap penemuan terbaru akan membantu kita memahami dengan tepat bagaimana jet ini terbentuk – sesuatu yang dapat membantu memecahkan misteri bagaimana galaksi terbentuk.

Lubang hitam tidak hanya menelan materi, terkadang juga melepaskannya

Sebagian besar galaksi, termasuk galaksi kita, berputar mengelilingi lubang hitam supermasif. Materi jatuh ke dalam lubang hitam ini, yang memiliki pusat sangat padat sehingga gravitasi bahkan menghalangi cahaya.

Itu sebabnya pada gambar terakhir, lubang hitam di pusat M87 terlihat sebagai cincin materi terang yang mengorbit lubang gelap.

Namun, pancaran tersebut tercipta dari materi yang lolos dari lubang hitam.

Materi yang mengorbit lubang hitam harus kehilangan kecepatan dan energi sebelum dapat jatuh ke dalam. Tetapi beberapa materi ini tidak melambat cukup cepat dan dialihkan menjauh dari lubang hitam di sepanjang garis medan magnet.

READ  SpaceX mencetak rekor transformasi peluncuran era modern dengan misi Falcon 9 Starlink - Spaceflight Now

Zat ini menyembur ke luar dalam bentuk balok sempit, membentuk pancaran, Menurut NASA.

Pesawat-pesawat ini memiliki karakteristik yang luar biasa. Tidak hanya mereka di antara objek paling terang di galaksi, Tapi penelitian sebelumnya Mereka mengusulkan bahwa partikel dalam jet ini dapat bergerak mendekati kecepatan cahaya, yaitu sekitar 670 juta mil per jam.

Kesan seorang seniman tentang lubang hitam legam.
NASA

Pertanyaan besarnya adalah dari mana jet ini berasal

Gambar baru lubang hitam M87 ini, diambil oleh kolaborasi antara teleskop dari Global Millimeter VLBI Array, Atacama Large Millimeter/submillimeter Array, European Southern Observatory, dan Greenland Telescope, adalah yang pertama menunjukkan bagaimana jet itu bersentuhan. dengan cincin di sekitar lubang hitam.

Para ilmuwan sebelumnya hanya dapat menangkap jet atau lubang hitam satu per satu – suatu prestasi teknik tersendiri – tetapi ini adalah pertama kalinya mereka dapat mencitrakannya bersama-sama.

Foto baru diterbitkan di majalah peer-review Alam pada hari Rabumenghubungkan jet ke tepi lubang hitam, memberikan pemandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Kami tahu jet ditembakkan dari wilayah sekitar lubang hitam, tapi kami masih belum sepenuhnya memahami bagaimana ini sebenarnya terjadi,” Ro Sen Lukata penulis pertama studi dan astronom dari Observatorium Astronomi Shanghai di China, dalam siaran pers.

“Untuk mempelajarinya secara langsung, kita perlu mengamati asal semburan sedekat mungkin dengan lubang hitam,” katanya.

Kazunori Akiyama, dari MIT’s Haystack Observatory, yang mengembangkan perangkat lunak pencitraan yang digunakan untuk memvisualisasikan apertur hitam, katanya kepada Guardian.

“Kita sekarang dapat mulai menjawab pertanyaan seperti bagaimana partikel dipercepat dan dipanaskan, dan banyak misteri lain tentang lubang hitam, lebih dalam.”