Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hiu Greenland yang berusia berabad-abad dapat memperpanjang umur manusia

Hiu Greenland yang berusia berabad-abad dapat memperpanjang umur manusia

Rahasia baru telah muncul tentang hiu aneh dan langka yang diyakini dapat hidup hingga 500 tahun – dan para ilmuwan mengatakan bahwa hiu tersebut mungkin menyimpan petunjuk penting untuk meningkatkan harapan hidup manusia.

Hiu Greenland yang sulit ditangkap – yang sudah lama menarik perhatian karena umurnya yang panjang – tidak mengalami penurunan metabolisme otot yang signifikan seiring bertambahnya usia, menurut penelitian baru yang dipresentasikan minggu ini di konferensi tahunan Society for Experimental Biology di Praha.

Hal ini sangat berbeda dengan hewan lain, kata para ilmuwan.

“Sebagian besar spesies menunjukkan perbedaan dalam metabolisme mereka seiring bertambahnya usia,” kata pemimpin peneliti Ewan Campbellson, seorang mahasiswa PhD di Universitas Manchester di Inggris. Ke telegraf.

Hiu Greenland diyakini dapat hidup hingga 500 tahun dan merupakan vertebrata tertua yang masih hidup di dunia. dottedyeti – stock.adobe.com
Daging hiu Greenland yang difermentasi dianggap sebagai makanan lezat di beberapa belahan dunia. Koleksi Gambar Universal melalui Getty Images

“Hasilnya mendukung hipotesis kami bahwa hiu Greenland tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan klasik yang sama seperti hewan lainnya.”

Para ilmuwan sebelumnya percaya bahwa ikan ini – yang biasanya hampir buta dan baru mencapai kedewasaan pada usia 150 tahun – memiliki umur berabad-abad karena habitatnya: perairan dalam dan sangat dingin di Samudra Atlantik Utara, yang menjadi tempat pergerakannya. lambat untuk melestarikan… energi.

Namun para peneliti kini telah menemukan bukti baru adanya metabolisme otot pada hiu – spesies vertebrata yang hidup paling lama di dunia – dan mengatakan bahwa hal itu pada akhirnya dapat membantu mengobati penyakit jantung pada manusia.

“Kami ingin memahami adaptasi apa yang mereka miliki yang memungkinkan mereka hidup lama,” kata Campbellson.

“Dengan mempelajari hiu Greenland dan jantungnya, kita mungkin dapat lebih memahami kesehatan jantung kita. Ini adalah masalah yang menjadi lebih umum dan serius seiring bertambahnya usia.”

READ  Para astronom menemukan 'ledakan radio cepat' dahsyat yang menempuh jarak delapan miliar tahun | Berita cerdas
Hiu Greenland ditarik melewati es oleh nelayan. Jama Ravo melalui Getty Images

Sedikit yang diketahui tentang makhluk ini – salah satu hiu terbesar di dunia – kecuali rekor umur mereka.

Salah satu monster yang mati pada tahun 2016 diperkirakan lahir sekitar tahun 1620, kata peneliti saat itu.

Pemulung biasanya tumbuh hingga panjang sekitar 24 kaki dan berat 2.220 pon sambil melahap mangsa yang membusuk seperti beruang kutub dan rusa kutub. Menurut kelompok konservasi Oceana.

Mereka dilahirkan dengan mata yang relatif kecil, dan biasanya menjadi hampir tidak berguna karena parasit krustasea yang menggerogoti kornea mata mereka – namun indra penciuman hiu yang luar biasa membuat mereka tetap kenyang saat mereka mengekstraksi daging busuk.

Daging hiu Greenland digantung di gubuk pengeringan di Islandia. Koleksi Gambar Universal melalui Getty Images

Beberapa orang mengatakan hiu dapat memasuki perairan tawar – sehingga menimbulkan spekulasi bahwa hiu tersebut mungkin adalah Monster Loch Ness, kata Oceana.

“Tujuan utama saya adalah melindungi spesies, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memahami mereka dengan lebih baik,” kata Campbellson kepada Telegraph tentang penelitian hiu yang dilakukannya.