Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pemogokan di seluruh Nigeria: Serikat pekerja menutup Jaringan Listrik Nasional sebagai protes atas upah minimum

Pemogokan di seluruh Nigeria: Serikat pekerja menutup Jaringan Listrik Nasional sebagai protes atas upah minimum

Terkait Akinleye/EPA-EFE/Shutterstock

Pemogokan ini berdampak buruk pada perjalanan, dengan para penumpang terdampar di bandara-bandara utama di Lagos dan Abuja.



CNN

Pemogokan nasional di Nigeria menghentikan perjalanan udara dan membuat negara itu berada dalam kegelapan pada hari Senin, ketika para pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja menyerbu jaringan listrik nasional dan mematikan pasokan listrik di negara tersebut, menurut Perusahaan Transportasi Nigeria (TCN).

Puluhan juta orang kehilangan aliran listrik dan penerbangan dihentikan, ketika Kongres Buruh Nigeria (NLC) dan Kongres Serikat Buruh (TUC) melakukan pemogokan tanpa batas waktu.

Perusahaan mengatakan bahwa pekerja TCN dipukuli dan dilukai saat dikeluarkan secara paksa dari ruang kendali. Mengayunkan tongkat Para pekerja juga tergabung dalam serikat pekerja Ia terlihat dalam foto-foto yang beredar di media sosial Pada hari Senin, pegawai badan pajak negara tersebut diperintahkan keluar dari kantor mereka.

Pemogokan ini terjadi setelah kegagalan negosiasi dengan pemerintah untuk menaikkan upah minimum federal. Serikat pekerja juga memprotes kenaikan tarif listrik baru-baru ini.

Tuntutan serikat pekerja termasuk menaikkan upah minimum dari 30.000 naira ($22,4) menjadi 494.000 naira ($369,6). Ajudan Presiden Bayo Onanuga menolak tuntutan tersebut dan menggambarkannya sebagai “tidak masuk akal.” surat Di platform media sosial X.

Onanuga menambahkan bahwa pemerintah mengusulkan kenaikan sebesar 100% menjadi 60.000 naira ($44,89), namun ditolak oleh serikat pekerja dan malah menuntut kenaikan sebesar 1,547%.

Meskipun demikian Perekonomian terbesar keempat di Afrikaupah minimum di Nigeria tidak termasuk Sepuluh teratas di benua initertinggal jauh dibandingkan negara-negara seperti Seychelles, dimana terdapat pekerja Menghasilkan upah minimum $465,4 per bulan.

Pemogokan ini berdampak buruk pada perjalanan, dengan para penumpang terdampar di bandara-bandara utama di Lagos dan Abuja. Pekerja bandara mengkonfirmasi kepada CNN bahwa semua penerbangan masuk dan keluar telah dihentikan, sehingga semakin memperburuk krisis ini.

READ  Menteri Pertahanan Israel menyerukan penghentian reformasi peradilan

Dokter Nigeria Olusena Ajidahun mengatakan kepada CNN bahwa layanan kesehatan sangat terkena dampaknya.

“Saya prihatin karena kondisi sistem layanan kesehatan berada di ambang kehancuran,” katanya, seraya menambahkan bahwa fasilitas medisnya di barat daya Nigeria tidak dapat mengoperasikan peralatan penting rumah sakit karena penutupan jaringan listrik nasional.

“Pagi hari itu (unit) darurat dan gelap dimana-mana. Pasien dan petugas kesehatan semuanya tidak tahu apa-apa.

Menteri Kehakiman Nigeria Lateef Fagbemi menyatakan serangan itu ilegal surat kepada serikat pekerja, menyebutnya “prematur dan tidak efektif,” dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Onanuga.

Pemogokan tersebut memicu reaksi beragam dari masyarakat Nigeria di media sosial, beberapa di antaranya menyatakan dukungan mereka, sementara yang lain mengatakan tindakan tersebut merugikan warganya.

“Saya mendukung pemogokan yang dilakukan NLC. Upah minimum sebesar 30 ribu atau 60 ribu pada tahun 2024 di Nigeria tidak berkelanjutan dan tidak dapat diterima. buku Pengacara Festus Ogun dalam postingannya di X.

“Kongres Pembebasan Nasional harus menahan diri dari tindakan yang menghukum rakyat biasa – rakyat biasa Nigeria. Listrik, jalan raya, bandara dan infrastruktur penting lainnya harus dibiarkan beroperasi seperti biasa. Membantah Konsultan Manajemen, Debo Owojedi.

Nigeria menghadapi banyak tantangan ekonomi, termasuk devaluasi mata uangnya, yang telah mencapai rekor tertinggi dalam beberapa bulan terakhir, serta krisis biaya hidup yang ditandai dengan kenaikan harga makanan, transportasi dan layanan kesehatan. Inflasi sudah mencapai 33,69%menurut kantor data negara tersebut, merupakan yang tertinggi dalam hampir tiga dekade.

Pemerintahan Presiden Bola Tinubu mendapat kritik atas penggunaan dana publik yang kontroversial sehingga memicu kemarahan publik.

Bulan lalu presiden Mereka setuju untuk memberikan dukungan senilai 90 miliar naira ($67 juta). Bagi umat Islam yang menunaikan ibadah haji, dan ia sebelumnya telah menunaikan ibadah haji Anggaran yang disetujui dalam jutaan dolar Untuk SUV mewah dan renovasi kediaman presiden, serta kendaraan untuk kantor Ibu Negara, yang tidak diakui secara resmi berdasarkan hukum Nigeria.

READ  Presiden Honduras mengatakan pemerintah berusaha menjalin hubungan formal dengan China

Juru Bicara Presiden Ajuri Ngilali mengakui gaji yang berlaku saat ini ‘Sangat rendah dan tidak berkelanjutan’ Namun dia memperingatkan bahwa kenaikan gaji yang diusulkan oleh serikat pekerja akan menimbulkan konsekuensi ekonomi yang buruk, termasuk biaya sekolah yang jauh lebih tinggi dan kemungkinan pengurangan gaji secara besar-besaran jika sekolah dan lembaga lain tidak mampu menanggung kenaikan gaji tersebut.

“Orang tua di Nigeria kini harus menanggung biaya sekolah yang 10 kali lebih tinggi dari yang mereka bayarkan saat ini… Akankah sekolah diharuskan membayar gaji juru masak, petugas kebersihan, dan lainnya 20 kali lebih tinggi?” Dia berkata.