Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dialog Shangri-La: Zelensky mengatakan ‘dukungan Tiongkok untuk Rusia’ akan memperluas perang di Ukraina selama kemunculan mendadak di Asia

Dialog Shangri-La: Zelensky mengatakan ‘dukungan Tiongkok untuk Rusia’ akan memperluas perang di Ukraina selama kemunculan mendadak di Asia


Singapura
CNN

Dukungan Tiongkok terhadap Rusia akan semakin luas Perang di UkrainaPresiden Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Minggu, ketika dia meminta negara-negara di kawasan Asia-Pasifik untuk bergabung dalam pertemuan puncak perdamaian mendatang yang dia tuduh berusaha digagalkan oleh Rusia.

Zelensky menyampaikan komentar tersebut di Singapura pada a Kemunculan tiba-tiba Di sebuah Pertemuan para pemimpin pertahanan Dari seluruh Asia-Pasifik, termasuk Tiongkok dan Amerika Serikat. Hal ini terjadi sebelum konferensi perdamaian internasional mengenai Ukraina yang dijadwalkan diadakan pada tanggal 15-16 Juni di Swiss.

Dengan dukungan Tiongkok terhadap Rusia, perang akan berlangsung lebih lama. Hal ini buruk bagi seluruh dunia, dan bagi kebijakan Tiongkok, yang menyatakan mendukung integritas dan kedaulatan wilayah dan mengumumkannya secara resmi. “Bagi mereka, itu tidak baik,” kata Zelensky saat konferensi pers.

Tiongkok mengklaim netralitas dalam konflik tersebut dan menyatakan bahwa Tiongkok adalah pendukung perdamaian, meskipun Tiongkok tampak sebagai negara yang aktif Jalur kehidupan ekonomi utama Strateginya yang sudah ketat kini semakin diperketat Kemitraan diplomatik Dengan Rusia sejak invasi negara itu ke Ukraina pada Februari 2022.

Amerika Serikat juga mengklaim bahwa Tiongkok Ekspor barang penggunaan ganda Rusia telah memasok energi ke basis industri pertahanan negara yang bertikai tersebut, dan telah memperingatkan Beijing mengenai konsekuensi dari dukungan tersebut – sebuah klaim yang dibantah oleh Beijing, dengan mengatakan bahwa pihaknya tidak menyediakan senjata kepada kedua pihak dan menerapkan kontrol ekspor yang ketat terhadap barang-barang yang memiliki kegunaan ganda.

Zelensky menyinggung dukungan ini dalam pernyataannya pada hari Minggu, dengan mengatakan bahwa beberapa elemen yang membentuk senjata Rusia “berasal dari Tiongkok.”

Pemimpin Ukraina juga memperingatkan bahwa Rusia sedang berusaha menekan negara-negara agar tidak bergabung dalam KTT perdamaian internasional mendatang – dengan bantuan Tiongkok.

READ  Pemirsa yang berkembang di Korea Selatan: Berita dan pembaruan terbaru

Dia menambahkan: “Rusia sedang mencoba mengganggu KTT perdamaian, dan ini benar… (Rusia) sekarang berkeliaran di banyak negara di dunia dan mengancam mereka dengan blokade barang-barang pertanian, produk makanan, dan produk kimia. . Ini hanya mendorong gencatan senjata.” “Negara-negara lain di dunia bahkan tidak akan hadir di KTT tersebut,” kata Zelensky setelah menyampaikan pidato di konferensi pertahanan tersebut.

Ketika kemudian ditanya tentang pernyataan Tiongkok yang tidak akan menghadiri KTT perdamaian, presiden Ukraina menuduh Rusia menggunakan diplomat Tiongkok untuk menghalangi KTT tersebut.

“Sayangnya, sangat disayangkan bahwa negara yang besar, kuat, dan mandiri seperti Tiongkok hanya menjadi alat di tangan Putin,” kata Zelensky melalui penerjemah.

Pemimpin Ukraina itu menambahkan bahwa dia tidak mengadakan pertemuan apa pun dengan perwakilan Tiongkok di Singapura, meskipun pihak Ukraina berkepentingan untuk melakukan dialog lebih lanjut.

Tiongkok mengatakan pekan lalu bahwa mereka tidak akan mengirim delegasi ke KTT perdamaian tersebut, dengan mengatakan bahwa setiap konferensi perdamaian internasional harus mendapat “pengakuan dari Rusia dan Ukraina, partisipasi yang setara dari semua pihak, dan diskusi yang adil mengenai semua rencana perdamaian.”

Menteri Pertahanan Nasional Tiongkok Dong Jun alamat sebelumnya pada hari Minggu Dia mengatakan bahwa Tiongkok “mendorong perundingan perdamaian dengan sikap yang bertanggung jawab.”

Dong Dia juga tampaknya menanggapi klaim AS bahwa Tiongkok memang demikian Memperkuat basis industri pertahanan Rusia Mengenai ekspor penggunaan ganda, ia mengatakan dalam sambutannya bahwa Tiongkok tidak menyediakan senjata kepada kedua pihak yang berkonflik dan telah menerapkan “kontrol yang lebih ketat” terhadap ekspor penggunaan ganda.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin membahas urusan tersebut dengan Dong selama beberapa waktu Pertemuan marginal Jumat, di mana ia memperingatkan konsekuensi dari dukungan Tiongkok terhadap tentara Rusia.

READ  Aryeh Deri: Netanyahu memecat sekutu kunci mengikuti perintah Mahkamah Agung

Ketika ditanya tentang komentar Zelensky dalam konferensi pers reguler di Beijing pada hari Senin, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok membela perdagangan Tiongkok dengan Rusia sebagai hal yang “terbuka,” dan menambahkan bahwa hal itu “tentu saja tidak bertentangan dengan pertemuan puncak perdamaian” dan “tidak ada tekanan. ” Di negara lain.”

Juru bicara Mao Ning berkata: “Kami juga sangat mementingkan hubungan kami dengan Ukraina… Tiongkok dan Ukraina telah menjaga komunikasi dan kerja sama sejak meningkatnya krisis Ukraina.”

Permohonan pribadi pemimpin Ukraina pada Dialog Shangri-La muncul ketika pasukan Ukraina berjuang untuk menghalau serangan tersebut. Kemajuan besar Rusia ke wilayah timur laut Kharkiv di tengah kekurangan senjata dan tenaga kerja lebih dari dua tahun setelah invasi Rusia – menambah urgensi bagi Kiev untuk meningkatkan dukungan internasional terhadap rencana perdamaiannya.

Rencana Zelensky menyerukan penarikan penuh pasukan Rusia dan pemulihan perbatasan Ukraina yang diakui secara internasional. Presiden Ukraina telah mengatakan sebelumnya bahwa dia tidak akan bernegosiasi dengan Rusia sampai pasukannya menarik diri.

“Waktunya hampir habis,” termasuk untuk anak-anak Ukraina yang ditawan oleh Rusia, kata Zelensky di hadapan penonton saat berpidato di hari penutupan pertemuan keamanan tiga hari tersebut.

Dia mengatakan KTT tersebut akan membahas tiga poin dari formula perdamaiannya, termasuk “keamanan nuklir, ketahanan pangan, dan pembebasan tawanan perang,” serta “anak-anak Ukraina yang diculik oleh Rusia” dan memungkinkan negara-negara mencapai konsensus. Tentang perdamaian di Ukraina yang bisa “ditransfer ke Rusia”.

Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag tahun lalu Dia mengeluarkan surat perintah penangkapan Presiden Rusia Vladimir Putin atas dugaan plot Deportasi anak-anak Ukraina ke Rusia.

Rusia menyebut konferensi perdamaian itu sebagai “kebohongan” yang direkayasa oleh Amerika Serikat, dan juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan pekan lalu bahwa “formula perdamaian yang sebenarnya” adalah agar negara-negara Barat berhenti memasok senjata ke Ukraina.

READ  Berita Putin, Rusia, dan Ukraina terbaru: pembaruan langsung

Zelensky mengatakan sejauh ini lebih dari 100 negara dan organisasi internasional telah berkomitmen untuk bergabung dengan kelompok tersebut.

KTT perdamaian yang akan datang dan pertahanan Ukraina juga menjadi topik utama bagi Zelensky saat ia mengadakan pertemuan sampingan sejak kedatangannya di Singapura pada hari Sabtu.

Pembicaraan tersebut mencakup pembicaraan dengan Menteri Pertahanan AS Austin, Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto, dan Presiden Timor Timur Jose Ramos-Horta, serta delegasi anggota parlemen AS.

Dalam pertemuannya dengan Zelensky pada Minggu pagi, Austin menegaskan kembali “dukungan AS yang tak tergoyahkan terhadap Ukraina dalam menghadapi agresi Rusia” dan memberikan informasi terkini mengenai bantuan keamanan AS ke Ukraina, menurut pernyataan sekretaris pers Pentagon Mayjen Pat Ryder setelahnya. serangan itu. wawancara.

Zelensky mengatakan dalam sebuah postingan di Twitter bahwa kedua belah pihak membahas “kebutuhan pertahanan negara kami, memperkuat sistem pertahanan udara Ukraina, aliansi F-16, dan menyusun perjanjian keamanan bilateral.”

Dia juga berterima kasih kepada Presiden AS Joe Biden atas “keputusan penting” mengenai serangan defensif dengan senjata Amerika, mengacu pada keputusan Gedung Putih, seperti dilansir CNN, yang mengizinkan Ukraina menggunakan amunisi Amerika untuk serangan terbatas di wilayah Rusia.