Oktober 4, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pasukan Rusia rebut pembangkit nuklir besar Ukraina, api padam

Pasukan Rusia rebut pembangkit nuklir besar Ukraina, api padam

  • Pertempuran sengit di daerah sekitar pembangkit nuklir besar
  • Tidak ada tanda-tanda radiasi tinggi – US Energy Sec
  • AS dan Inggris memukul oligarki dengan lebih banyak sanksi

Lviv, Ukraina (Reuters) – Pasukan Rusia telah menguasai pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa, kata pihak berwenang Ukraina pada Jumat, setelah sebuah bangunan di kompleks itu terbakar selama pertempuran sengit dengan para pembela Ukraina.

Kekhawatiran akan kemungkinan bencana nuklir di pabrik Zaporizhia mengirimkan alarm di ibu kota dunia, sebelum pihak berwenang mengumumkan bahwa api di sebuah gedung yang diidentifikasi sebagai pusat pelatihan telah padam.

Menteri Energi AS Jennifer Granholm mengatakan tidak ada indikasi tingkat radiasi yang tinggi di pembangkit tersebut, yang menyediakan lebih dari seperlima dari total pembangkit listrik Ukraina.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Seorang pejabat di perusahaan negara yang mengoperasikan empat pembangkit nuklir di Ukraina mengatakan bahwa tidak ada lagi pertempuran, bahwa api telah padam dan Zaporizhzhya beroperasi secara normal.

“Personil (pembangkit listrik tenaga nuklir) hadir di tempat kerja mereka untuk menyediakan operasi normal pembangkit.”

Sebelumnya, video dari pabrik, yang diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan sebuah bangunan terbakar dan hujan es yang masuk, sebelum bola lilin besar menerangi langit, meledak di sebelah tempat parkir dan mengepulkan asap di seluruh kompleks.

“Orang-orang Eropa, tolong bangun. Beritahu politisi bahwa pasukan Rusia menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina,” kata pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidato video.

Zelensky mengatakan tank Rusia menembaki pembangkit reaktor nuklir meskipun tidak ada bukti bahwa mereka telah terkena.

Walikota kota terdekat Energodar, sekitar 550 km tenggara Kyiv, mengatakan pertempuran sengit dan “pemboman terus-menerus terhadap musuh” telah menyebabkan korban di daerah itu, tanpa memberikan perincian.

READ  Impian Orbán tentang dua dekade berkuasa tergantung pada keseimbangan dalam pemilihan Hungaria

Ribuan orang diyakini telah tewas atau terluka dan lebih dari satu juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak 24 Februari, ketika Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia II.

Laporan awal kebakaran dan pertempuran di pembangkit listrik mengirim pasar keuangan di Asia, dengan saham anjlok dan harga minyak bahkan naik lebih tinggi.

“Pasar khawatir tentang dampak nuklir. Risikonya adalah bahwa ada salah perhitungan atau reaksi berlebihan dan perang berkepanjangan,” kata Vasu Menon, direktur eksekutif strategi investasi di OCBC Bank.

Rusia telah merebut pabrik Chernobyl yang sudah tidak berfungsi di utara Kyiv, yang membuang limbah radioaktif di sebagian besar Eropa ketika meleleh pada 1986. Pabrik Zaporizhzhya adalah jenis yang berbeda dan lebih aman, kata para analis.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara dengan Zelensky untuk mendapatkan informasi terbaru tentang situasi di pabrik.

“Presiden Biden bergabung dengan Presiden Zelensky dalam mendesak Rusia untuk menghentikan kegiatan militernya di kawasan itu dan mengizinkan petugas pemadam kebakaran dan paramedis mengakses lokasi itu,” kata Gedung Putih.

Johnson mengatakan pasukan Rusia harus segera mengakhiri serangan mereka dan setuju dengan Zelensky bahwa gencatan senjata sangat penting.

Downing Street mengatakan: “Perdana Menteri telah mengatakan bahwa tindakan sembrono Presiden Putin sekarang dapat secara langsung mengancam keselamatan seluruh Eropa.”

Juru bicara pemerintah Jepang menggambarkan serangan Rusia terhadap pabrik itu sebagai “biadab dan tidak dapat diterima,” dan juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan pemerintahnya meminta “semua pihak untuk menahan diri, menghindari eskalasi dan memastikan keamanan fasilitas nuklir terkait.”

READ  Penjara akan keras bagi mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak: Anwar Ibrahim

Kepala Badan Energi Atom Internasional mengatakan dia “sangat prihatin” tentang situasi di pembangkit nuklir dan bahwa pihak berwenang Ukraina telah meyakinkan Badan Energi Atom Internasional bahwa peralatan “penting” tidak terpengaruh.

Eskalasi protes dan sanksi

Perunding Rusia dan Ukraina sepakat pada hari Kamis tentang perlunya koridor kemanusiaan untuk membantu warga sipil melarikan diri dan untuk mendapatkan obat-obatan dan makanan ke daerah-daerah di mana pertempuran paling parah.

Penasihat Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan penghentian sementara permusuhan di lokasi tertentu juga dimungkinkan.

Podolak seperti dikutip oleh kantor berita pemerintah Belta mengatakan bahwa para perunding akan bertemu lagi minggu depan.

Hanya satu kota Ukraina, pelabuhan selatan Kherson, yang jatuh ke tangan pasukan Rusia sejak invasi dimulai pada 24 Februari, tetapi pasukan Rusia terus mengepung dan menyerang kota-kota lain.

Inggris mengatakan dalam pembaruan intelijen pada hari Jumat bahwa kota pelabuhan tenggara Mariupol telah mengepung pasukan Rusia dan berada di bawah serangan hebat.

“Maripol masih di bawah kendali Ukraina, tetapi kemungkinan akan dikepung oleh pasukan Rusia,” kata Kementerian Pertahanan. “Infrastruktur sipil kota telah menjadi sasaran serangan Rusia yang intens,” tambahnya.

Kota timur laut Kharkiv telah diserang sejak awal invasi, tetapi pembela hak asasi manusia masih bertahan di kota yang dibom berat. Putin menggambarkan tindakan Rusia di Ukraina sebagai “operasi khusus” yang bertujuan untuk tidak menduduki wilayah tetapi untuk menggulingkan pemerintah yang dipilih secara demokratis, menghancurkan kemampuan militer tetangganya dan menangkap apa yang dianggapnya nasionalis berbahaya.

Rusia membantah menargetkan warga sipil. Kantor Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya telah mengkonfirmasi 249 warga sipil tewas dan 553 terluka selama minggu pertama konflik.

READ  Pengambangan ulang sebuah kapal tanker setelah kandas di Terusan Suez - Otoritas Terusan Mesir

Meskipun tidak ada serangan besar di Kyiv yang diluncurkan, ibu kota dibom, dan pasukan Rusia melepaskan senjata yang menghancurkan untuk mematahkan perlawanan di kota terpencil Borodinka.

Di Washington, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan pasukan Rusia masih 25 km dari pusat kota Kyiv.

Amerika Serikat dan Inggris mengumumkan sanksi terhadap lebih banyak oligarki Rusia pada hari Kamis, mengikuti langkah-langkah Uni Eropa, saat mereka meningkatkan tekanan terhadap Kremlin.

Lebih banyak perusahaan termasuk Alphabet Inc’s (GOOGL.O) Google, raksasa alas kaki Nike dan pembuat furnitur Swedia IKEA telah menutup atau mengurangi operasi mereka di Rusia karena pembatasan perdagangan dan pasokan telah menambah tekanan politik. Baca lebih banyak

Aktivis hak asasi manusia Rusia dan mantan juara catur dunia Garry Kasparov telah meminta negara-negara Barat untuk mengeluarkan Rusia dari badan kepolisian global Interpol, dan memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina.

“Rusia harus dikembalikan ke zaman batu untuk memastikan bahwa industri minyak dan gas dan industri sensitif lainnya yang penting untuk kelangsungan hidup rezim tidak dapat berfungsi tanpa dukungan teknologi Barat,” kata Kasparov.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Pavel Politiuk, Natalia Zenets dan Aleksandr Vasovich di Ukraina, David Leungren di Ottawa, kantor Reuters lainnya; Ditulis oleh Costas Pettas dan Lincoln Fest; Diedit oleh Stephen Coates dan Simon Cameron Moore

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.