Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky mengatakan bahwa Rusia menyerang wilayah di Ukraina dan menembak jatuh sebuah pembom Su-25

Zelensky mengatakan bahwa Rusia menyerang wilayah di Ukraina dan menembak jatuh sebuah pembom Su-25

Ditulis oleh Bogdan Kochubey

KIEV (Reuters) – Serangan Rusia terhadap wilayah Kharkiv dan Dnipro di Ukraina serta kota pelabuhan Laut Hitam Odessa menewaskan sedikitnya dua warga sipil, membakar pabrik makanan dan merusak infrastruktur, rumah, dan bangunan komersial lainnya pada Sabtu, kata pejabat regional.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia menggunakan delapan rudal dari berbagai jenis dan hampir 70 bom udara berpemandu terhadap komunitas dan posisi garis depan pada siang hari, setelah angkatan udara Ukraina menembak jatuh 13 drone Shahed yang menargetkan wilayah Kharkiv dan Dnipro pada malam hari.

Zelensky mengatakan Moskow tidak menginginkan perdamaian. “Rusia hanya bisa dipaksa untuk meninggalkan Ukraina,” katanya dalam pidato video malamnya. Dia mengatakan bahwa pertemuan puncak perdamaian global yang akan diadakan di Swiss pada bulan Juni mendatang – tanpa Rusia – “harus berhasil.”

Dia menambahkan bahwa Brigade Mekanik ke-110 Ukraina menembak jatuh sebuah pembom Su-25 Rusia di wilayah timur Donetsk, satu dari empat wilayah di Ukraina yang menurut Moskow telah dianeksasi.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan pada hari Jumat bahwa Moskow telah menguasai wilayah seluas 547 kilometer persegi pada tahun ini.

Oleh Sinyhopov, gubernur wilayah Kharkiv, mengatakan pemboman Rusia menewaskan seorang pria berusia 49 tahun di jalan dekat rumahnya di desa Slobozhansky. Dia menulis di aplikasi Telegram bahwa seorang wanita berusia 82 tahun tewas dan dua pria terluka dalam pemboman malam hari di kota Kharkiv.

Dia menambahkan bahwa serangan rudal Rusia membakar sebuah bangunan komersial di kawasan industri di Kharkiv, melukai enam karyawan. Jaksa setempat mengidentifikasinya sebagai pabrik makanan.

Di selatan, Gubernur Wilayah Odessa Oleh Kiper mengatakan tiga orang terluka di kota itu akibat serangan rudal.

READ  Kepala pengawas PBB: Serangan terhadap pembangkit nuklir Ukraina 'mengkhawatirkan' bagi Ukraina

Reuters tidak dapat segera memverifikasi laporan mengenai korban jiwa dan kerusakan.

Seorang komandan angkatan udara mengatakan pertahanan udara menembak jatuh ke-13 drone penyerang dalam semalam, namun Sinyhopov mengatakan puing-puing yang berjatuhan melukai empat orang dan memicu kebakaran di sebuah gedung perkantoran.

Di kawasan industri Dnipropetrovsk, pemboman melukai seorang wanita berusia 57 tahun dan merusak infrastruktur di Nikopol, dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye yang dikuasai Rusia. Dua orang lainnya terluka dalam serangan lain semalam, kata gubernur wilayah tersebut, Serhiy Lysak.

(Laporan, Ditulis oleh Eileen Monaghan di Washington; Laporan tambahan oleh Ron Bubiski dan Olena Harmash; Penyuntingan oleh Kevin Levy dan Ross Russell)