Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Komunitas cryptocurrency Indonesia pada tahun 2022: gambaran umum

Komunitas cryptocurrency Indonesia pada tahun 2022: gambaran umum

Crypto adalah hal besar berikutnya di Indonesia. Menurut Kementerian Perdagangan, transaksi untuk mata uang seperti Bitcoin (BTC) Tumbuh Ini akan meningkat 14 kali dari total 60 triliun rupee ($ 4,1 miliar) pada tahun 2020 menjadi total 859 triliun rupee ($ 59,83 miliar) pada tahun 2021.

Di sinilah crypto menjadi lebih populer daripada saham tradisional. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuka Dikatakan Pada tahun 2021, lebih dari 11 juta orang Indonesia akan membeli atau menjual kripto. Sebagai perbandingan, menurut Kustodian Sentral Efek Indonesia, total portofolio investor – yang diwakili oleh jumlah identitas investor tunggal – Dicapai 7,35 juta pada tahun 2021.

Meski begitu, 11 juta investor kripto hanya merupakan 4% dari populasi Indonesia, yang berarti masih ada banyak ruang untuk pertumbuhan. Perkembangan komunitas kripto di Indonesia berjalan seiring dengan sejumlah event sub-lokal, namun tidak hanya:

  • Dukungan regulasi dari lembaga pemerintah
  • Peningkatan akses ke perdagangan cryptocurrency
  • Adopsi dari pemain teknologi lokal utama

Regulator bertujuan untuk membuat segalanya lebih aman

Meskipun aset kripto belum diperbolehkan sebagai alat pembayaran, perusahaan dipersilakan untuk membeli dan menjual kripto sebagai komoditas di Indonesia. Sejak 2019, perdagangan cryptocurrency di Indonesia telah resmi dipantau terorganisir Oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), sebuah organisasi di bawah Kementerian Perdagangan.

Badan Pengurus ini bertanggung jawab untuk memverifikasi, mendokumentasikan, dan memberi wewenang kepada perusahaan dan barang yang diizinkan untuk diperdagangkan di Indonesia. Sampai tahun 2021, daftar izin Cryptocurrency yang diizinkan telah mencapai 229 item, termasuk aset populer seperti bitcoin dan ether (ETH), Polkatoda (DOT) Dan Cardano (ADA)

Item ini disetujui berdasarkan metode verifikasi BAPPEBTI sendiri, dengan mempertimbangkan peringkat kapitalisasi pasar dan keamanan, pemeriksaan latar belakang tim pengembangan, manajemen sistem blockchain dan peta jalan pengembangan dengan skala keberhasilan yang dapat diverifikasi.

READ  Indonesia Menyetujui GMO Toleransi Kekeringan GMO dari Bioceres Argentina – ThePrint –

Dalam pernyataan resmi, badan pengatur Katanya lagi Tujuan utamanya adalah untuk memberikan perlindungan hukum dan melindungi kepentingan konsumen kripto Indonesia. BAPPEBTI berkata:

“Kami berharap dengan aturan baru yang kami miliki, kami dan bursa kripto di Indonesia dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa setiap transaksi kripto di Indonesia diatur secara hukum dan aman bagi investor di Indonesia.”

Ada badan pengatur lain, Komisi Jasa Keuangan, khususnya Dilarang Perusahaan jasa keuangan, seperti layanan kredit atau kredit, menegaskan kembali peraturan BAPPEBTI yang memfasilitasi pemasaran atau perdagangan kripto, dan bahwa semua transaksi kripto harus didaftarkan secara khusus pada mereka.

Peningkatan jumlah investor kripto dan saham di Indonesia yang disebutkan di atas sejalan dengan semakin populernya aplikasi fintech seperti Parexa dan Ajay, yang berarti bahwa sebagian besar investor baru ini mungkin baru. Tokocrypto, adalah pertukaran crypto lokal yang penting Dikatakan Tujuannya adalah untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk membuat bisnis lebih aman dengan mendidik investor tentang risiko perdagangan kripto dan bagaimana menghindari transaksi dan aset yang mencurigakan secara hukum.

Perusahaan yang berencana untuk meningkatkan adopsi kripto di Indonesia perlu membangun hubungan kerja yang aktif dan positif dengan pemerintah dan memastikan kepatuhan terhadap semua persyaratannya untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen lokal.

17 bursa kripto terdaftar di Indonesia

Hingga Maret 2022, ada 17 perusahaan BAPPEBTI terdaftar dan diizinkan untuk menukar cryptocurrency di Indonesia, dan basis penggunanya berkembang pesat. Indodax, pemimpin pasar, telah mengumumkan akan menjangkau 5 juta anggota Pada tahun 2022, meningkat 104% dibandingkan tahun 2021. Pertukaran besar lainnya, Tokocrypto, mengumumkan kedatangannya. 2 juta anggota Pada akhir tahun 2021, meningkat delapan kali lipat dibandingkan tahun 2020.

READ  Volkswagen Indonesia Bermitra dalam EV Battery Ecosystem - Menteri via Reuters

Seperti disebutkan di atas, faktor besar keberhasilan platform ini adalah strategi mobile-first, aplikasi yang mudah diakses. Peretasan Internet Indonesia terhenti 73,7% Pada tahun 2021, tidak mengherankan bahwa akan ada lebih banyak hambatan dari basis pengguna mobile-heavy negara itu.

Komunitas kripto di Indonesia juga tumbuh lebih dari sekadar pertukaran. Asosiasi Blockchain Indonesia, sebuah federasi dan kelompok advokasi lokal untuk blockchain dan cryptocurrency, memiliki 28 perusahaan dan organisasi anggota hingga 2022. Asosiasi ini tidak hanya mencakup pertukaran, tetapi juga perusahaan rintisan dan teknologi yang menggunakan Blockchain.

Steven Suhati, salah satu pendiri Jaringan Kripto Indonesia Dan anggota pendiri Asosiasi Blockchain Indonesia, mengatakan kepada Cointelegraph, “Selama 10 tahun terakhir regulator di Indonesia telah beradaptasi dengan perubahan teknologi dari e-commerce ke right-hailing dan yang terbaru, ke P2P. [peer-to-peer] pinjaman. Indonesia telah menetapkan dengan jelas aturan untuk transaksi dan perdagangan kripto. Selama 24 bulan terakhir, regulator telah mengambil langkah-langkah yang lebih efektif untuk aset digital yang membantu meningkatkan bitcoin dan cryptocurrency di Indonesia.

Lebih banyak pasokan berarti lebih banyak permintaan, dan karena lebih banyak pemain memasuki negara itu, panggung ditetapkan untuk dorongan lain dalam popularitas kripto.

Para pemimpin teknologi lokal menyambut kripto dengan tangan terbuka

Pada Desember 2021, Crypto Exchange Finance mengumumkan usaha patungan dengan konsorsium yang dipimpin MDI Ventures untuk mengembangkan pertukaran aset digital baru di Indonesia.

MDI adalah cabang modal ventura senilai $830 juta dari Telecom Indonesia, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. dari MDI Portofolio Ini memiliki sejumlah perusahaan yang telah menjadi nama rumah tangga di Indonesia, termasuk pemimpin teknologi keuangan Credivo dan CoinWorks.

READ  Bisquad memberikan penghormatan kepada para pahlawan sepak bola tanpa tanda jasa di Indonesia dalam film inspiratif

Pendiri dan CEO Binance Changpeng Zhao mengungkapkan keyakinan dan niatnya mengenai kripto di Indonesia, Mengatakan“Dengan teknologi yang cepat dan potensi ekonomi yang kuat, Indonesia dapat menjadi salah satu hub terkemuka untuk ekosistem blockchain dan crypto di Asia Tenggara.”

Sentimen ini ditegaskan kembali oleh CEO MDI Donald Vihardza Dikatakan“Cryptocurrency, cryptocurrency dan teknologi dasar, blockchain memainkan peran kunci yang tak terbantahkan di masa depan keuangan dan infrastruktur digital lainnya.”

Akan bermanfaat untuk melihat lebih dekat kemitraan ini di masa depan, tetapi untuk saat ini, ini dapat dilihat sebagai indikasi bahwa crypto bukan pasar utama di Indonesia. Semakin banyak pemain kunci mulai masuk ke dalamnya, yang berarti lebih banyak sumber daya dan kecepatan untuk meningkatkan adopsi.

Apa selanjutnya untuk Indonesia?

Mengingat volume transaksi dan tren peningkatan pedagang dan transaksi dalam beberapa tahun terakhir, kita dapat berasumsi bahwa crypto dan blockchain akan lebih besar pada tahun 2022 dan seterusnya. Menyusul kabar dari Kosali, seorang mahasiswa ilmu komputer di Indonesia, token non-jamur (NFT) baru-baru ini menarik perhatian. NFT menghasilkan lebih dari $ 1 juta dengan menjual selfie Di OpenSea. Dengan komunitas crypto Indonesia yang berkembang dan dunia seni yang sudah hidup, NFT mungkin menjadi babak terbaru dalam perjalanan crypto Indonesia – namun, ini telah menjadi pasar yang berkembang.

Laporan oleh Dias Pratidya.