April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Distrik Desain Indonesia

Distrik Desain Indonesia

Terletak di lahan seluas 6.000 hektar di Jakarta Utara dan Tangerang, Bandai Indah Kapuk 2 (PIK2) dikembangkan oleh Agung Sedayu Group (ASG) dan Salim Group. Di antara 1.000 hektar proyek yang telah selesai adalah Indonesia Design District (IDD), yang dirancang oleh anak perusahaan ASG, Amantara. Ini adalah yang pertama di negara ini, yang menawarkan pengalaman ritel baru kepada masyarakat Indonesia dan penggemar desain.

Kisah Vira Thanga | Foto oleh Bagus Tri Laksono & Amantara

IDD direncanakan menjadi pusat rumah dan gaya hidup terbesar dan terlengkap di Indonesia. Menempati lahan seluas 8 hektar yang bersebelahan dengan Erajaya Digital Complex (EDC) seluas 2 hektar lainnya, IDD menampung lebih dari 120 penyewa. Tempat-tempat tersebut meliputi ruang pamer furnitur, peralatan rumah tangga, bahan bangunan dan gerai makanan dan minuman, galeri seni, taman bermain, ruang serbaguna, dan banyak lagi.

1. Rambu Khas Daerah Desain Indonesia dirancang oleh Konsultan Bentak

Lahan tersebut bisa dikembangkan untuk kuliner, fashion, food center atau bahkan sekolah. Namun mengapa Amantara memilih mengisinya dengan rumah dan toko tempat tinggal? Ibeng Witjojo, CEO Indonesia Design District menanggapi, “Kami menyadari bahwa toko furnitur sudah menjadi kebutuhan di Jakarta, namun tersebar di seluruh kota. Mengunjungi setiap toko di Jakarta sangat padat lalu lintas. Jadi, kami memutuskan untuk menciptakan gaya hidup Campuran yang didedikasikan untuk produk perangkat keras rumah dan tempat tinggal serta bangunan, dapat menjadi solusi bagi para renovator atau mereka yang terinspirasi untuk membangun rumahnya.

Kubah pencahayaan rancangan Keziah Karin bekerja sama dengan Viro menghiasi lobi Tamrin
Karangan bunga di Serambi Selatan

Perancangan kompleks ini dipercayakan kepada DP Architects (DPA) yang berpusat di Singapura, khususnya untuk bangunan induk. Ketika ditanya mengapa Amantara mempekerjakan DPA untuk proyek tersebut, Ipeng menjawab, “Kami pikir konsep mini-box akan cocok dengan proyek tersebut. DPA adalah salah satu studio arsitektur dengan daftar panjang proyek di beberapa negara, seperti factory outlet dan low- kompleks ritel yang berkembang Dengan lingkungan tropis yang akomodatif, tempat ini menawarkan pengalaman berbelanja yang unik dengan fokus ke luar.

READ  Mengapa Indonesia belum menangkap keberagaman 'China +1'
'Balerina' di tengah kolam teratai hasil karya mendiang Thimbul Raharjo

Untuk melengkapi desainnya, Seniman Ruang yang berbasis di Jakarta ditugaskan untuk merancang kantong-kantong dinamis dalam denah lokasi dengan bangunan untuk F&B, toko ritel kecil, dan hardscape. Di tengah proyek, Shenman Ruong mengubah identitas mereka dan kepala sekolah Helen Augustine melanjutkan proyek di bawah Helen Augustine Studio.

Pelapis rotan sintetis dari BYO Living

“Kami diminta untuk membuat desain yang dinamis, menyenangkan, dan dinamis untuk ditambahkan ke rencana lokasi berbasis grid yang sudah ada,” kata Helen. Mereka kemudian membuat denah lantai organik yang mencakup lingkaran dan setengah lingkaran, dan beberapa area disusun secara asimetris. “Kami sengaja mengelompokkan bangunan untuk menciptakan area berkumpul antar penyewa, di mana pengunjung bisa duduk dan mendiskusikan idenya,” tambahnya. Bangunan di bagian tengah menggunakan rotan, sedangkan di bagian tepinya menonjolkan kayu hingga bingkai kaca.

Lansekap yang subur dan pedesaan menciptakan suasana boho

IDD mengakomodasi mereka yang datang bersama anak-anaknya dengan taman bermain yang terletak di dekat Lobi Timur. Dirancang oleh SIURA Studio yang berbasis di Singapura, taman bermain ini mewakili perpaduan unik antara furnitur dan permainan tradisional Indonesia. Struktur teaternya mengambil inspirasi dari permainan tradisional 'kanklak' yang bibitnya dimaknai sebagai trampolin dan peloncat, kursi merak berukuran besar, dan meja ala Petawi sebagai alat bermain memanjat, menyeimbangkan, dan meluncur. ,” Anton Siura, pendiri dan prinsipal SIURA Studio, menjelaskan konsep desainnya.

Taman bermain di tengah Indonesia Design District yang dirancang oleh SIURA Studio
Permadani Viero menambah indahnya suasana malam di depan balai kota

Lokasi IDD memang tidak persis di pusat kota Jakarta, namun mudah dijangkau melalui tol. Sejauh ini, banyak toko yang berhasil menarik pengunjung dari Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia. Pengunjung tidak hanya terbatas pada arsitek, desainer, dan pemilik rumah saja, namun juga para pelajar yang datang untuk belajar dan mencari inspirasi. Pameran seni, pasar pop-up, dan acara yang diselenggarakan oleh penyewa membantu menarik lebih banyak pengunjung. Pada akhir tahun ini, IDD akan bisa langsung diakses dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dan hanya membutuhkan waktu 15 menit berkendara. Hal ini akan membuat IDD menjadi destinasi yang semakin menarik, menarik lebih banyak pengunjung dari kota lain bahkan dari luar negeri.

READ  Indonesia Cabut Visa dan MasterCard, Presiden Sebut Itu 'Masalah'
Salah satu mahakarya terakhir pematung Thimbul Raharjo yang tinggal di Yogyakarta.

Peresmian IDD berlangsung pada 16 September 2023. Ipeng sudah memikirkan pengembangan tahap kedua enam bulan setelah peluncuran. Banyak merek lain yang menunggu untuk menjadi bagian dari IDD dan akan ditempatkan di ekstensi baru. Beberapa di antaranya adalah merek sejenis yang sudah dibuka, sementara ada pula yang benar-benar baru.

Karya logam Energy Bali menghiasi area terbuka

IDD merupakan bagian dari inti perkotaan yang menempati lahan seluas 50 hektar di PIK2. Setelah IDD, proyek-proyek baru diperkirakan akan bermunculan di lapisan sekitarnya. Dan prediksi itu terpenuhi. Lima plot kini telah dikembangkan dan sedang dibangun, yang akan beroperasi mulai tahun depan dan akan menjadikan IDD destinasi yang lebih menarik.

Kamar kecil yang dirancang dengan indah didukung oleh Helenos dan Roga
Kamar kecil yang dirancang secara artistik didukung oleh Macron dan Kohler

Data Proyek:

Distrik Desain Indonesia (IDD)

Jl. MH Tamrin PIK2, Tangerang, Bandon 15214

Nama perusahaan: PT. Ritel Karya Agung
T: +62 896 0836 0999
Email: [email protected]

IG: @indonesiadesigndistrict

www.amantara-asg.com/lifestyle/indonesia-design-district

Total Luas Lantai: 12 hektar (IDD Mega Complex termasuk EDC dan Bandar Jakarta)
Total luas ruang pamer: 4,2 ha

Rencana utama: Arsitek DB Singapura

Desainer Utama: Rita Chopana

Konsultan Alami: PT. Alam Sibta Nuanza Hijau

Konsultan Pencahayaan: PT. Lvd dan Pt Teranova Teknologi

Konsultan Desain Interior: Setiap penyewa memiliki desainer yang ditunjuk sendiri;

Balai Kota Kontraktor Utama NN Studio: PT. Kontraktor Vijay Kusuma

Konsultan M&E: PT. Menteri Daya Sipta Anugera

Konsultan Sipil & Struktural: PT. Detail utama

Konstruksi Dimulai: April 2022

Dibuka: September 2023