April 23, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Komputer bertenaga AI pertama Microsoft adalah Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 untuk bisnis

Komputer bertenaga AI pertama Microsoft adalah Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 untuk bisnis

Microsoft bersiap menyambut “Tahun PC AI” dengan dua perangkat Surface baru yang tidak akan dijual langsung ke konsumen. Surface Pro 10 for Business dan Surface Laptop 6 for Business menghadirkan prosesor Core Ultra terbaru dari Intel, saklar Copilot baru dari Microsoft, dan Neural Processing Unit (NPU) untuk mempercepat beberapa fitur bertenaga AI di Windows 11 yang sudah ada dan yang akan datang. Microsoft menyebutnya “the komputer Surface AI pertama dirancang untuk bisnis.”

Kedua perangkat Surface baru tersebut belum didesain ulang secara eksternal, sehingga Surface Pro 10 for Business akan lebih terlihat seperti Surface Pro 9 versi Intel. Surface Laptop 6 for Business memiliki port USB-C Thunderbolt 4 tambahan. Pembaca kartu pintar bersifat opsional, tetapi bezel layar dan desain keseluruhan sangat mirip dengan Surface Laptop 5. Keduanya akan mulai dikirimkan ke pelanggan bisnis pada 9 April.

Surface Pro 10 baru untuk bisnis.
Gambar: Microsoft

Surface Pro 10 untuk Bisnis

Microsoft biasanya tertinggal dalam mengadopsi chip Intel terbaru untuk perangkat Surface-nya, namun kali ini, perusahaan tersebut adalah salah satu perusahaan pertama yang mengirimkan prosesor Core Ultra baru dari Intel.

Pada Surface Pro 10 for Business, terdapat pilihan antara opsi Core Ultra 5 135U dan Core Ultra 7 165U, bersama dengan spesifikasi dasar memori 8 GB yang dapat dikonfigurasi hingga RAM 64 GB. Spesifikasi dasar, yang akan dijual seharga $1.199, juga akan mencakup SSD 256GB. Surface Pro 10 for Business akan menyertakan dua port USB-C Thunderbolt 4 dan port Surface Connect Microsoft untuk pengisian daya. Microsoft menjanjikan masa pakai baterai hingga 19 jam dengan chipset Intel baru ini.

Microsoft telah menyempurnakan layar 13 inci pada Surface Pro 10 for Business dengan lapisan anti-reflektif baru dan kecerahan 33 persen lebih besar. Meskipun ada rumor yang salah mengklaim bahwa Microsoft akan meluncurkan Surface Pro 10 dengan teknologi OLED hari ini, Surface Pro 10 for Business akan dikirimkan dengan layar LCD.

READ  Safari kehilangan pangsa pasar karena browser web desktop lainnya

Layar Surface Pro 10 dilengkapi lapisan anti-reflektif baru.
Gambar: Microsoft

Saya bertanya kepada Microsoft tentang rumor Surface Pro 10 dengan layar OLED. “Kami tidak mengiklankan produk tersebut saat ini,” kata Nancy Gaskill, manajer umum bisnis Surface, dalam sebuah wawancara. tepi. Tampaknya produk tersebut memang ada, jadi saya bertanya apakah produk tersebut ada, dan Gaskill berkata: “Kami belum mengonfirmasi rumor yang ada saat ini, dan Surface Pro 10 for Business hadir dengan layar anti-reflektif.”

Sumber yang mengetahui rencana Microsoft mengatakan kepada saya bahwa perusahaan akan mengumumkan versi Surface Pro 10 yang berfokus pada konsumen dengan layar OLED di acara Perangkat Keras dan AI pada 20 Mei.

Microsoft telah meningkatkan kamera Surface Pro secara signifikan.
Gambar: Microsoft

Selain layar, Surface Pro 10 for Business juga memiliki kamera depan yang ditingkatkan secara signifikan. Ini memiliki bidang pandang 114 derajat dan menangkap rekaman 1440p. “Ini akan menjadi kamera bidang pandang ultra lebar pertama di pasar PC saat ini,” kata Gaskill. Berkat chip NPU di dalamnya, Anda juga akan memiliki akses ke Windows Studio Effects dengan latar belakang buram dan pembingkaian otomatis selama panggilan video.

Microsoft juga mengirimkan pembaca NFC di Surface Pro 10 for Business, memungkinkan bisnis menggunakan perangkat keras seperti kunci keamanan NFC YubiKey dengan mudah untuk otentikasi. Microsoft juga merencanakan opsi 5G untuk Surface Pro 10 untuk bisnis. “Ini pertama kalinya kami menghadirkan 5G ke Intel pada Surface Pro,” jelas Gaskill. “Kami memiliki Surface Pro 8 LTE dan Surface Pro 7 Plus LTE, tapi sebelumnya kami menghadirkan 5G ke Surface Pro 9 dengan Qualcomm.”

Keyboard Surface Pro baru memiliki kombinasi tombol tebal dan tombol Copilot.
Gambar: Microsoft

Yang terakhir, Microsoft meningkatkan keyboard Surface Pro dengan rangkaian tombol tebal baru yang menampilkan font lebih besar, lampu latar yang ditingkatkan, dan kunci Copilot baru untuk meluncurkan fitur AI di Windows 11.

READ  Type Arcade telah mengumumkan peluncurannya pada tahun 2023

Permukaan Laptop 6 untuk Bisnis

Surface Laptop 6 for Business telah “didesain ulang dari dalam ke luar”, menurut Gaskill. Microsoft telah memilih chip Intel Core Ultra seri H untuk Laptop Bisnis 6, yang dirancang untuk menghadirkan kinerja tingkat desktop. Pelaku bisnis akan dapat memilih antara Core Ultra 5 135H dan Core Ultra 7 165H, RAM 8GB pada model dasar seharga $1.199 yang dapat dikonfigurasi hingga 64GB, dan penyimpanan mulai dari SSD Gen4 256GB hingga 1TB.

Model 15 inci akan menyertakan dua port USB-C Thunderbolt 4 untuk pertama kalinya, bersama dengan USB-A biasa, jack headphone, dan port Surface Connect Microsoft untuk pengisian daya. Model 13,5 inci yang lebih kecil hanya memiliki satu port USB-C Thunderbolt 4, bersama dengan jack headphone dan port Surface Connect.

Surface Laptop 6 yang lebih besar hanya akan mendapatkan dua port USB-C.
Gambar: Microsoft

Microsoft belum melakukan perubahan besar apa pun pada tampilan Surface Laptop 6 for Business, namun telah menambahkan lapisan anti-reflektif. Kamera depan juga telah ditingkatkan ke 1080p, tetapi sudutnya tidak selebar Surface Pro 10 for Business. Anda akan memiliki akses ke Efek Windows Studio dengan latar belakang buram dan pembingkaian otomatis selama panggilan video.

Microsoft mengklaim Surface Laptop 6 for Business akan dua kali lebih cepat dari Surface Laptop 5 berkat prosesor seri Ultra H. Ada juga pembaca kartu pintar opsional di pasar tertentu, dan Copilot Key baru dari Microsoft untuk mengakses Copilot Assistant yang didukung AI di Windows 11.

Ada opsi untuk pembaca kartu pintar di Surface Laptop 6.
Gambar: Microsoft

Microsoft akan menjual kedua perangkat secara eksklusif kepada bisnis melalui salurannya sendiri dan pengecer resmi, sehingga tidak dirancang bagi konsumen untuk mengambilnya dari tempat seperti Best Buy. Secara teknis Anda masih dapat membelinya dari Microsoft Business Store online, atau melalui pengecer. “Produk-produk ini dirancang khusus untuk bisnis, namun tidak berarti kami tidak membuat produk untuk konsumen masa depan,” kata Gaskill. “Kami masih berkomitmen untuk itu, tapi kami mengiklankan produk-produk ini yang dirancang khusus untuk tujuan komersial.”

READ  LinkedIn memberi tahu orang-orang jika Anda melihat profil mereka. Inilah cara menghentikannya

Kedua perangkat tersebut juga merupakan “perangkat Surface yang paling mudah diservis” dari Microsoft, menurut Gaskell. Microsoft telah menempatkan kode QR pada komponen internal keduanya, dan terdapat tanda internal pada Surface Pro 10 for Business untuk memudahkan mengidentifikasi jenis sekrup dan jenis driver untuk komponen tertentu.

Microsoft masih belum siap untuk membicarakan banyak fitur AI yang akan ditambahkan ke Windows akhir tahun ini, tetapi kedua perangkat baru ini akan siap untuk itu. Microsoft kini berencana mengadakan acara khusus Windows dan Surface AI pada tanggal 20 Mei, di mana CEO Microsoft Satya Nadella akan berbagi “visi AI” perusahaan untuk perangkat lunak dan perangkat keras.

Saya berharap untuk melihat Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 versi konsumen pada acara 20 Mei, bersama dengan beberapa fitur AI baru yang besar untuk Windows 11 yang menggunakan chip NPU. Hingga saat itu, Surface Pro 10 for Business dan Surface Laptop 6 for Business akan mulai dikirimkan pada 9 April dengan harga mulai dari $1.199.