Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Finlandia mengatakan kapal Tiongkok menjadi fokus penyelidikan atas kerusakan pipa

Finlandia mengatakan kapal Tiongkok menjadi fokus penyelidikan atas kerusakan pipa

Pemandangan pipa Balticconector saat ditarik ke laut di Paldiski, Estonia dalam foto tak bertanggal yang diambil pada tahun 2019. ELERING / Handout via REUTERS Memperoleh hak lisensi

HELSINKI/VILNIUS (Reuters) – Biro Investigasi Nasional Finlandia mengatakan pada hari Jumat bahwa penyelidikan atas kerusakan pipa gas Konektor Balti saat ini fokus pada peran kapal kontainer Tiongkok, Nieuw Polar Pier.

Pada awal tanggal 8 Oktober, pipa gas dan kabel komunikasi yang menghubungkan Finlandia dan Estonia putus, yang menurut penyelidik Finlandia mungkin merupakan tindakan sabotase, meskipun mereka belum menyimpulkan apakah itu kecelakaan atau tindakan yang disengaja.

Swedia mengatakan pada hari Selasa bahwa jalur ketiga yang menghubungkan Stockholm ke Tallinn rusak pada waktu yang hampir bersamaan dengan dua jalur lainnya.

“Polisi menetapkan dalam penyelidikan kriminal bahwa pergerakan kapal NewNew Polar Bear berbendera Hong Kong bertepatan dengan waktu dan tempat kerusakan pipa gas,” kata Biro Investigasi Nasional dalam sebuah pernyataan.

“Oleh karena itu, penyelidikan kini fokus pada peran kapal tersebut,” tambah penyelidik Finlandia.

Lokasi pipa gas yang rusak

Menyusul pernyataan Biro Investigasi Nasional Finlandia, penyelidik Estonia, yang juga menyelidiki insiden kabel komunikasi, mengatakan mereka masih menyelidiki dua kapal, Beruang Kutub Baru Rusia dan Sevmorput.

“Kami telah memastikan bahwa saat kejadian, kedua kapal Nyonyo Polar Bear dan Simorbut berada di kawasan tersebut. Kami masih menyelidiki apakah kedua kapal ini ada kaitannya dengan kerusakan tersebut atau tidak,” kata mereka dalam keterangannya kepada Reuters. .

Hanya dua kapal tersebut yang berada di ketiga lokasi kecelakaan pada perkiraan waktu terjadinya kerusakan, menurut data pelacakan kapal yang ditinjau oleh Reuters.

“benda berat”

Biro Investigasi Nasional Finlandia mengatakan sebuah “benda berat” ditemukan di dasar laut dekat kerusakan pipa, dan sedang diselidiki apakah ini terkait dengan insiden tersebut.

READ  Nigeria membatasi penarikan ATM hingga $45 per hari untuk membayar ke mata uang digital

“Penyelidikan memastikan bahwa kerusakan tersebut disebabkan oleh kekuatan mekanis eksternal, dan berdasarkan informasi saat ini tidak ada alasan untuk percaya bahwa kerusakan tersebut disebabkan oleh ledakan,” kata Detektif Inspektur Risto Lohi dalam pernyataannya.

Biro Investigasi Nasional mengatakan mereka yakin “sekumpulan besar tanah” yang baru-baru ini terbentuk jauh di dalam dasar laut yang berlumpur mengandung benda yang sangat berat, dan menjadi subjek penyelidikan.

“Akan dilakukan upaya untuk mengangkat benda tersebut dari laut untuk pemeriksaan teknis,” kata Lohi.

NewNew Shipping, pemilik dan operator NewNew Polar Bear, menolak berkomentar saat dihubungi Reuters.

Kecelakaan

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Finlandia mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya telah menghubungi Tiongkok dan Rusia melalui saluran diplomatik mengenai penyelidikan kerusakan pada pipa dan kabel komunikasi.

Kementerian Luar Negeri Finlandia mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Reuters bahwa mereka telah menghubungi Tiongkok untuk meminta bantuan dalam berkomunikasi dengan beruang kutub baru.

Mengenai Rusia, Finlandia menghubungi Kementerian Luar Negeri Rusia “untuk mengklarifikasi keseriusan masalah ini” dan membuka penyelidikan.

Kabel telekomunikasi kedua yang menghubungkan Swedia dan Estonia mengalami pemadaman sebagian pada waktu yang hampir bersamaan, yang mungkin juga disebabkan oleh pengaruh eksternal, kata pihak berwenang Swedia dan Estonia.

Insiden-insiden ini telah menimbulkan kekhawatiran mengenai keamanan pasokan energi di wilayah Nordik yang lebih luas dan mendorong aliansi militer NATO untuk mengintensifkan patroli di Laut Baltik.

Rosatom dari Rusia mengatakan kapal Sevmorbot tidak terkait dengan kerusakan pipa apa pun.

“Kami dengan tegas menolak segala dugaan tidak berdasar bahwa kapal yang dioperasikan oleh Rosatom mungkin terkait dengan kecelakaan pipa Baltic Connector di Teluk Finlandia pada 8 Oktober,” kata Rosatom dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

READ  Iran dilaporkan telah menerima pesawat Rusia, tetapi bukan Su-35 yang telah lama ditunggu-tunggu

“Ia melewati Teluk Finlandia, kawasan dengan lalu lintas laut yang padat, tanpa berhenti atau melambat, dan mempertahankan kecepatan rata-rata 14,5 knot. Para kru tidak mengamati atau mencatat sesuatu yang tidak biasa, mencurigakan, atau dapat dilaporkan dengan cara apa pun. ”

Laporan oleh Anne Curranen, laporan tambahan dari redaksi di Beijing dan Moskow, ditulis oleh Terje Solsvik, diedit oleh Gwladys Foch, Alex Richardson, Jonathan Oatis dan Jane Merriman

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru

Andrius meliput politik dan berita umum di negara-negara Baltik – Estonia, Latvia dan Lithuania, tiga negara utama di sepanjang sisi timur NATO, pendukung paling setia Ukraina dan pengkritik paling keras Rusia di NATO dan UE. Dia telah menulis cerita tentang segala hal mulai dari Tiongkok yang menekan perusahaan-perusahaan Jerman untuk meninggalkan Lituania, negara yang mendukung Taiwan, hingga migran Irak yang bersembunyi di hutan di perbatasan Belarus, hingga seorang petani yang membakar biji-bijian untuk dijadikan pemanas selama krisis energi. Hubungi: +37068274006.