Juni 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Cryptoverse: Pasar Booming Bitcoin Membantu Melewati $2 Triliun

Cryptoverse: Pasar Booming Bitcoin Membantu Melewati $2 Triliun

Representasi mata uang virtual Bitcoin ditunjukkan dalam ilustrasi ini yang diambil pada 13 Maret 2020. REUTERS / Dado Ruvic / Ilustrasi

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

29 MARET (Reuters) – Saat kuartal pertama yang suram hampir berakhir, cryptocurrency tampaknya memiliki angin. Ini telah melewati angka $ 2 triliun dan terbukti sangat tangguh di tengah kekacauan global.

Pada tertinggi Senin di $47.765, pemimpin pasar Bitcoin menembus kisaran sempit $34.000 hingga $44.000 yang telah diperdagangkan untuk sebagian besar tahun 2022. Dengan naik dari level terendah lebih dari $40.000 pada 21 Maret, Bitcoin memperoleh 18%.

Stabilitas relatif kontras, setidaknya terhadap kinerja masa lalu, dengan pasar saham, mata uang tradisional dan bahkan emas safe-haven, yang telah terguncang oleh invasi Rusia ke Ukraina serta pengetatan Fed.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Lompatan Bitcoin baru-baru ini gagal.

Volatilitas 30 hari adalah sekitar 4%, sekitar dua pertiga dari level pada Juni 2021, menurut platform perdagangan berjangka Coinglass. Persentase tertinggi tahun ini adalah 4,56% pada 16 Maret.

Ini mengukur penyimpangannya dari level rekornya sendiri, dan bitcoin terus mengalami volatilitas ekstrem, seperti lonjakan 17% pada 1 Maret, tetapi lebih kompleks daripada pada tahun 2021 ketika bisa naik hingga 40% sehari.

Sebagai perbandingan, NASDAQ berteknologi tinggi (kesembilanbelas) Itu turun 5-6% pada beberapa hari di 2022, dan turun 20% untuk tahun ini pada 14 Maret, sebelum melangkah untuk memangkas setengah kerugian itu.

“Konflik terbesar yang kami lihat di Eropa sejak Perang Dunia II telah mengguncang pasar global,” kata Piers Crosby, manajer umum platform charting TradingView di New York.

READ  Mencegah pemadaman listrik di Texas dengan energi terbarukan

“Apa yang telah kita lihat di aset utama lainnya adalah konsekuensi besar – dari pasar saham AS serta pasar global,” tambahnya. “Bitcoin agak bertahan dalam kisaran yang sangat sempit … tetapi sebenarnya, dalam hal kekuatan relatif, itu sangat bullish.”

2 triliun dolar AS

Nilai total pasar cryptocurrency melonjak di atas $2 triliun pada hari Jumat, menurut platform analitik CoinMarketCap. Untuk menempatkan itu dalam konteks, pasar secara singkat mencapai $3 triliun pada 10 November, ketika Bitcoin mencapai $69.000.

Kenaikan berliku lagi di atas $2 triliun lambat dan juga dibantu oleh proliferasi koin dan token – jumlah CoinMarketCap naik hampir 5.000 sejak November menjadi 18.511 cryptocurrency.

Kapitalisasi pasar Bitcoin telah mencapai $902 miliar, tetapi masih memiliki cara untuk mendapatkan kembali $1 triliun yang diperolehnya pada bulan November. Meskipun tetap menjadi mata uang kripto yang dominan, pangsa pasarnya juga secara bertahap menurun dari 70% dari total modal pada awal 2021 menjadi 42% sekarang.

Dominasi Bitcoin

Apa yang menanti kita di masa depan?

Banyak investor cryptocurrency percaya bahwa mereka dapat mengetahui arah bitcoin sebelum cryptocurrency volatil yang luas meninggalkan mereka dalam debu keuangan.

“Meskipun bitcoin tetap kuat dalam jangka pendek, harga minyak yang lebih tinggi meningkatkan kemungkinan resesi selama sekitar tahun depan,” kata Marcus Sotiero, seorang analis di pialang aset digital GlobalBlock yang berbasis di Inggris.

“Minyak naik sekitar 25% dalam enam hari terakhir saja, dan bull bitcoin ingin melihat ekor ini untuk kekuatan yang berkelanjutan.”

Namun, beberapa faktor teknis lainnya menunjukkan tren kenaikan untuk Bitcoin.

Tingkat pendanaan, yang mengukur biaya memegang bitcoin melalui kontrak berjangka, sekarang sedikit positif setelah negatif untuk sebagian besar tahun ini, menunjukkan investor bersedia membayar untuk jangka panjang. Itu berdiri di 0,003% pada platform analitik CryptoQuant, meskipun masih di bawah puncak 0,06% pada bulan Oktober.

READ  Pemogokan menyebabkan kekacauan di bandara Amsterdam saat liburan dimulai

Rasio long to short Coinglass juga naik dari 0,95 pada 20 Maret menjadi 1,1, tertinggi dalam setidaknya empat minggu.

Penyedia data Blockchain Chainalysis mengatakan bahwa peningkatan proporsi bitcoin — hampir 60% dari total pasokan — ditahan selama lebih dari 52 minggu, naik dari 54,72% dalam 25 minggu terakhir.

Namun, Ashwath Balakrishnan, wakil presiden penelitian Delphi Digital di Bengaluru, memperingatkan bahwa akan sulit untuk menetapkan arah pasar yang langgeng.

“Semua orang sedikit berhati-hati,” katanya. “Jika (Bitcoin) menolak untuk keluar dari $ 46.000 dan menarik kembali, itu mungkin berarti kita terjebak dalam batasan band setidaknya selama satu bulan atau lebih.”

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Lisa Matakal dan Medha Singh di Bengaluru Pengeditan oleh Vidya Ranganathan dan Praveen Shar

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Pendapat yang dikemukakan adalah milik penulis. Itu tidak mencerminkan pandangan Kantor Berita Reuters, yang berkomitmen di bawah prinsip-prinsip kepercayaan terhadap ketidakberpihakan, independensi, dan kebebasan dari bias.