Mei 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

CEO dan Ketua Alibaba Zhang mengundurkan diri untuk fokus pada bisnis cloud

CEO dan Ketua Alibaba Zhang mengundurkan diri untuk fokus pada bisnis cloud

  • Perubahan manajemen terjadi setelah restrukturisasi raksasa teknologi China itu
  • Zhang untuk fokus sepenuhnya pada unit cloud
  • Joseph Tsai untuk menggantikan Zhang sebagai Ketua Grup Alibaba
  • Alibaba bertujuan untuk menyelesaikan daftar unit cloud dalam waktu satu tahun

SHANGHAI (Reuters) – Alibaba Group Inc (9988.HK) mengatakan pada hari Selasa bahwa kepala eksekutif dan ketua Daniel Zhang akan mundur untuk fokus pada divisi cloud-nya karena raksasa e-commerce China terus maju dengan rencana terpisah. menjadi enam unit bisnis.

Zhang secara bersamaan menjabat di tiga posisi sejak Desember ketika dia mengambil alih sebagai kepala unit cloud setelah mengalami pemadaman yang dia gambarkan sebagai “kegagalan skala besar terlama” dalam lebih dari satu dekade.

Peran CEO akan diserahkan kepada Eddie Youngming Wu, ketua Taobao dan Tmall Group Alibaba, sementara Wakil Presiden Eksekutif Joseph Tsai akan mengambil alih sebagai ketua.

Alibaba mengatakan penunjukan akan mulai berlaku pada 10 September.

“Mengatur Daniel untuk fokus menjalankan cloud benar-benar menunjukkan keyakinan dan kepercayaan padanya untuk mengambil bisnis yang paling berharga dan menanganinya untuk mengembangkannya dengan cara yang benar mengingat era kecerdasan buatan (AI) generatif,” kata Brian Wong , mantan karyawan Alibaba dan penulis “The Tao of Alibaba.”

“Gagasan atau ekspektasi bahwa satu orang dapat mengelola Crown Jewel Cloud dan pada saat yang sama mengelola seluruh Alibaba Group adalah ekspektasi yang tidak masuk akal.”

Perombakan kabinet yang mengejutkan terjadi setelah dua tahun yang penuh gejolak yang membuat Alibaba terpukul oleh peningkatan pengawasan peraturan dan setelah grup tersebut mengumumkan pada bulan Maret bahwa mereka akan melakukan restrukturisasi menjadi enam unit, masing-masing dengan dewan direksi dan kepala eksekutifnya sendiri.

READ  Zhengzhou China, rumah bagi pabrik iPhone terbesar di dunia, mengakhiri penguncian Covid-nya

Divisi e-commerce yang menghadap ke China, yang meliputi pasar Taobao dan Tmall, akan tetap dimiliki sepenuhnya oleh Alibaba, tetapi lima unit lainnya akan dipisahkan. Alibaba mengatakan pada bulan Mei bahwa pihaknya bertujuan untuk menyelesaikan daftar publik unit cloud-nya. selama 12 bulan ke depan.

Zhang mengatakan, dalam sebuah catatan kepada karyawan yang dilihat oleh Reuters, bahwa bisnis cloud individu sedang mendekati tahap kritis dan inilah saat yang tepat baginya untuk mencurahkan perhatiannya pada bisnis tersebut.

“Dari perspektif tata kelola perusahaan, kami juga memerlukan pemisahan yang jelas antara dewan direksi dan tim manajemen seiring dengan langkah Cloud Intelligence Group untuk menjadi perusahaan publik yang independen,” katanya.

“Tidak pantas bagi saya untuk terus menjabat sebagai ketua dan CEO kedua perusahaan pada saat yang sama selama proses pemisahan.”

Analis telah memperkirakan unit cloud bernilai antara $41 dan $60 miliar, tetapi mengatakan rim data yang diawasinya dapat menempatkannya di garis bidik regulator di dalam dan luar negeri.

Hari jomblo

Seorang mantan akuntan, Zhang bergabung dengan Alibaba pada tahun 2007 dan terkenal sebagai arsitek di balik festival belanja hari tunggal tahunan unggulan perusahaan. Dia telah menjadi CEO sejak 2015 dan menjadi presiden pada 2019, menggantikan kedua posisi tersebut dari pendiri Alibaba Jack Ma.

Alibaba berterima kasih kepada Zhang atas “kepemimpinannya yang luar biasa dalam menghadapi ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya yang telah memengaruhi bisnis perusahaan selama beberapa tahun terakhir.”

Saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong turun 1,5% setelah pengumuman, sejalan dengan penurunan 1,6% pada indeks benchmark (.HSI), karena analis melihat perombakan sejalan dengan restrukturisasi besar-besaran yang diumumkan sebelumnya.

READ  Properti Twitter Musk mulai menembak, menyatakan 'Burung telah dibebaskan'

“Di bawah struktur baru, grup akan memainkan peran yang lebih kecil dalam menetapkan strategi untuk enam grup bisnis, jadi menempatkan pendiri Alibaba Joe dan Eddie sebagai presiden dan CEO kemungkinan besar akan berfungsi untuk memastikan kelancaran transisi kepemimpinan dan pelestarian budaya, kata analis Independen yang berbasis di Shanghai, Eric Chen, yang diposting di Smart Karma, Reuters.

Alibaba mengatakan Wu, yang ikut mendirikan Alibaba bersama Ma dan Tsai lebih dari dua dekade lalu, akan terus menjabat sebagai ketua Taobao dan Tmall Group. Jabatan sebelumnya termasuk Chief Technology Officer Alipay dan Chairman of the Board of Directors Alibaba Health.

Jacob Cook, co-founder dan CEO WPIC Marketing + Technologies, sebuah perusahaan konsultan e-commerce yang berbasis di Beijing, mengatakan promosi Wu menjadi CEO “merupakan transisi alami dan menandakan pentingnya e-commerce untuk roadmap perusahaan.”

Cook mengatakan dia tidak melihat perubahan kepemimpinan sebagai sinyal perubahan strategis besar dalam Alibaba, mengingat bahwa individu adalah pendiri perusahaan dan mitra dekat mereka.

“Jika ada, ini menggarisbawahi semakin pentingnya AI dalam fokus perusahaan, sekaligus menekankan bahwa e-commerce adalah unit bisnis inti.”

sebuah balapan

Ma, pengusaha paling terkenal di China, telah menghindari perhatian publik sejak akhir 2020 setelah pidatonya mengkritik peraturan China, yang secara luas dianggap meluncurkan tindakan keras berikutnya.

Ma meninggalkan China daratan pada akhir 2021 — muncul dalam foto di Jepang, Spanyol, Australia, dan Thailand — dan kembali pada bulan Maret, sehari sebelum Alibaba mengumumkan restrukturisasinya. Dia tidak membuat komentar publik selama waktu itu.

Dan minggu lalu, Ketua Alibaba J. Michael Evans mengatakan Ma tetap menjadi pemegang saham terbesar Alibaba dan sangat peduli dengan perusahaan. Dia mengatakan Ma sedang belajar di Universitas Tokyo dan juga menghabiskan lebih banyak waktu di China.

READ  Exxon akan menghancurkan keuntungan perusahaan minyak besar barat sebesar $56 miliar pada tahun 2022

Kantor berita teknologi China LatePost melaporkan pada hari Senin bahwa Ma mengadakan pertemuan dengan para pemimpin dari Taobao dan Grup Tmall di mana dia menyoroti persaingan yang ketat dan membahas perlunya memfokuskan kembali pada pengguna, Internet, dan Taobao — yang sebagian besar pedagangnya adalah individu atau usaha kecil — untuk tetap terhubung.

Alibaba tidak menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari laporan LatePost, yang mengutip sumber perusahaan.

Pelaporan tambahan oleh Abhinaya Vijayaraghavan di Bengaluru dan Brinda Goh di Shanghai; Pelaporan tambahan oleh Scott Murdoch di Sydney, Anne-Marie Roowntree dan Josh Yee di Hong Kong; Diedit oleh Muralikumar Anantharaman dan Christopher Cushing

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Brenda Goh

Thomson Reuters

Brenda Goh adalah kepala biro Reuters Shanghai, mengawasi liputan perusahaan di China. Brenda bergabung dengan Reuters sebagai magang di London pada tahun 2010 dan telah menerbitkan cerita dari lebih dari selusin negara. Kontak (hanya digunakan untuk referensi): +442071932810

Casey Hall

Thomson Reuters

Casey telah melaporkan budaya konsumen di China dari markasnya di Shanghai selama lebih dari satu dekade, mencakup apa yang dibeli konsumen China, dan tren sosial dan ekonomi yang lebih luas yang mendorong tren konsumsi ini. Wartawan kelahiran Australia itu telah tinggal di China sejak 2007.