Juni 13, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Chevron meningkatkan kehadiran di AS dengan pembelian perusahaan energi BDC senilai $7,6 miliar

Chevron meningkatkan kehadiran di AS dengan pembelian perusahaan energi BDC senilai $7,6 miliar

  • Kesepakatan itu meningkatkan produksi Chevron sebesar 240.000 barel per hari
  • Perusahaan meningkatkan ekspektasi belanja modal saat membeli
  • Saham Chevron turun 1%, PDC Energy naik 8%

22 Mei (Reuters) – Chevron Corp (CVX.N) mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya meningkatkan kehadirannya di minyak dan gas AS dengan mengakuisisi produsen serpih PDC Energy Inc dalam kesepakatan ekuitas dan utang senilai $7,6 miliar.

Bagi Chevron, perusahaan minyak terbesar kedua AS, kesepakatan itu akan meningkatkan produksi, belanja modal, dan arus kas di Amerika Serikat di tengah ketegangan geopolitik setelah invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu.

Kesepakatan tersebut menghargai PDC yang berbasis di Denver seharga $72 per saham, sekitar 14% premium dari rata-rata 10 hari yang berakhir pada hari Jumat. Kedua perusahaan mengatakan itu diharapkan untuk menutup pada akhir tahun.

“Ini adalah investasi yang solid dalam bisnis AS kami,” kata CEO Michael Wirth kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Perusahaan dan pesaing dikritik tahun lalu oleh Presiden AS Joe Biden karena tidak meningkatkan produksi karena kenaikan harga bahan bakar.

Analis dalam beberapa bulan terakhir mempertanyakan kemampuan manajemen untuk mengatasi kekhawatiran bahwa properti shale AS inti perusahaan menurun menyusul kinerja buruk di Permian Basin West Texas dan New Mexico tahun lalu.

“Kami memperkirakan kekhawatiran tentang Permian ini akan terus berlanjut,” kata Biraj Purkhataria, analis riset di RBC Eropa.

Akuisisi ini akan menambah 10% cadangan Chevron dan meningkatkan belanja modal dan arus kas bebasnya sekitar $1 miliar dalam setahun setelah kesepakatan ditutup.

Pada perdagangan pagi, Chevron kehilangan 1%, sedangkan PDC Energy naik 8%.

Akuisisi ini akan menambah 260.000 barel produksi minyak dan gas per hari (boed) ke produksi Chevron di Permian dan di DJ Basin yang membentang di Colorado dan Wyoming.

READ  Harga minyak jatuh karena kekhawatiran kenaikan suku bunga di AS, dan data China yang lemah mengimbangi pemotongan pasokan

Properti yang diperolehnya adalah “saham berkualitas tinggi,” kata Andrew Dittmar, spesialis merger dan akuisisi di peneliti Envirus. Harga menghargai PDC pada tingkat produksinya saat ini, kata Dittmar, menggambarkan cadangan yang belum dimanfaatkan yang menyertainya sebagai “pada dasarnya gratis”.

Para eksekutif Chevron yang berbasis di San Ramon, California mengatakan, sejak tahun lalu perusahaan tersebut telah mencari akuisisi di AS. Perusahaan juga baru-baru ini menunjukkan keinginannya untuk mengurangi stok kasnya dengan cara yang akan meningkatkan profitabilitas pemegang saham.

“Kami membeli kembali saham dengan tarif $17,5 miliar per tahun,” kata Wirth, menambahkan bahwa akun saham yang diperdagangkan real estat kurang dari dua perempat pembelian kembali saham. “Jadi kita akan membeli kembali saham itu dengan sangat cepat.”

Perusahaan berada di bawah tekanan di Wall Street untuk menunjukkan bahwa mereka dapat terus memperluas produksi setelah 2027 di kepemilikan serpih utamanya di Permian Basin di Texas barat dan New Mexico.

Perusahaan mengatakan kesepakatan itu akan meningkatkan belanja modal Chevron sekitar $1 miliar per tahun, meningkatkan kisaran tahunannya menjadi $14 miliar hingga $16 miliar hingga 2027.

Kesepakatan Energi PDC adalah yang kedua bagi Chevron dalam tiga tahun untuk meningkatkan operasi di Colorado dan Wyoming.

Chevron adalah salah satu produsen terbesar di cekungan Denver-Jolesburg setelah mengakuisisi Noble Energy senilai $13 miliar pada tahun 2020.

Perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dengan mengakuisisi PDC, Chevron akan menambah 10% cadangan terbuktinya dengan perkiraan biaya kurang dari $7 per barel.

Perusahaan minyak utama ini menguangkan lonjakan harga minyak mentah tahun lalu dan memegang $15,7 miliar dalam bentuk tunai dan setara kas pada akhir kuartal pertama, tiga kali lipat dari yang dibutuhkan untuk aktivitas operasi.

READ  TOI: Perusahaan pariwisata dapat menarik pencatatannya dari Bursa Efek London

Pelaporan tambahan oleh Arunima Kumar di Bengaluru; Editing oleh Krishna Chandra Elori

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.