Desember 1, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Adidas mengakhiri kemitraan Kanye West atas anti-Semitisme dan ujaran kebencian

Adidas mengakhiri kemitraan Kanye West atas anti-Semitisme dan ujaran kebencian

  • Adidas segera mengakhiri kemitraan
  • Untuk mengambil ~ $250 juta hit laba bersih untuk tahun 2022
  • Adidas pemilik tunggal hak desain

25 Okt (Reuters) – Adidas AG (ADSGn.DE) Pembuat barang olahraga itu mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan segera mengakhiri kemitraannya dengan Kanye West, sebagai tanggapan atas serangkaian perilaku agresif dari rapper dan desainer Amerika tersebut.

Keputusan itu muncul setelah Adidas, yang telah memproduksi beberapa sepatu kets bermerek Yeezy, ditinjau awal bulan ini setelah upayanya untuk menyelesaikan masalah tersebut secara pribadi.

“Adidas tidak mentolerir anti-Semitisme dan jenis ujaran kebencian lainnya,” kata perusahaan Jerman itu.

“Komentar dan tindakan Yi baru-baru ini tidak dapat diterima, penuh kebencian, berbahaya, dan melanggar nilai-nilai perusahaan tentang keragaman, inklusi, saling menghormati, dan keadilan,” katanya, merujuk pada rapper dengan nama resminya.

Seorang pengacara yang mewakili Yi tidak menanggapi permintaan komentar.

Mengakhiri kemitraan dan memproduksi produk bermerek Yeezy, serta menghentikan semua pembayaran kepada Ye dan perusahaannya, akan memiliki “dampak negatif jangka pendek” hingga €250 juta ($248,90 juta)” pada laba bersih Adidas untuk tahun, kata perusahaan.

Yi telah memicu kontroversi dalam beberapa bulan terakhir dengan secara terbuka mengakhiri hubungan bisnis besar dan karena pemberontakan media sosial terhadap selebriti lainnya. Akun Twitter dan Instagram-nya dibatasi, karena platform media sosial menghapus beberapa posting online-nya yang oleh pengguna digambarkan sebagai anti-Semit.

Dalam posting Instagram yang sekarang dihapus awal tahun ini, artis pemenang Grammy menuduh Adidas dan pengecer pakaian AS Gap Inc. (GPS.N) Dari kegagalan membangun toko permanen yang dijanjikan secara kontrak untuk produk-produk dari lini mode Yeezy-nya.

Dia juga menuduh Adidas mencuri desainnya untuk produknya sendiri.

Pada hari Selasa, Gap, yang mengakhiri kemitraannya dengan Ye pada bulan September, mengatakan akan mengambil langkah segera untuk menghapus produk Yeezy Gap dari tokonya dan telah menutup YeezyGap.com.

Gap berkata dalam penyataan. Perusahaan menjual saham Yeezy Gap yang ada hingga periode penjualan.

Rumah mode Eropa Balenciaga juga telah memutuskan hubungan dengan Yi, menurut laporan media.

“Epic Ye… menekankan pentingnya meneliti selebritas dan menghindari mereka yang terlalu kontroversial atau tidak stabil,” kata Neil Saunders, direktur pelaksana GlobalData.

Adidas memburu Ye dari saingannya Nike Inc (NKE.N) pada tahun 2013 dan mereka menyetujui kemitraan jangka panjang yang baru pada tahun 2016 dalam apa yang disebut perusahaan pada saat itu “kemitraan paling penting yang pernah dibuat antara non-olahraga dan merek olahraga”.

Asosiasi membantu merek Jerman menutup kesenjangan dengan Nike di pasar Amerika.

Sepatu kets Yeezy, yang berharga antara $200 dan $700, menghasilkan sekitar 1,5 miliar euro ($ 1,47 miliar) dalam penjualan tahunan untuk Adidas, dan menghasilkan lebih dari 7% dari total pendapatannya, menurut perkiraan oleh Telsey Consulting Group.

Saham Adidas, yang menurunkan perkiraan setahun penuh pekan lalu, ditutup 3,2% lebih rendah. Kelompok itu mengatakan akan memberikan lebih banyak informasi sebagai bagian dari pengumuman pendapatan kuartal ketiga yang diharapkan pada 9 November.

(1 dolar = 1,0044 euro)

Pelaporan tambahan oleh Mrinmay Day, Uday Sampath dan Aishwarya Venugopal di Bengaluru; Diedit oleh Tomasz Janowski, Sriraj Kalovila, Bernadette Bohm dan Anil de Silva

READ  Will Smith dan Chris Rock Slap: Pertanyaannya Tetap

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.