Oktober 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Yen terdepresiasi dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia – akademisi

Suryaputra Vijaksana (Jakarta Post)

Premium

Singapura
Jumat, 17 Juni 2022

Yen Jepang (JPY) memegang tempat khusus dalam ekonomi dunia. Ini adalah salah satu mata uang Hak Penarikan Khusus (SDR) Dana Moneter Internasional (IMF) dan merupakan mata uang ketiga yang paling banyak digunakan untuk pembayaran global, banyak digunakan dalam pembiayaan perdagangan.

Ini juga diterima secara luas sebagai mata uang “safe haven” di saat ketidakstabilan global. Di pasar keuangan, JPY adalah “mata uang keuangan” yang digunakan dalam carry trade terhadap mata uang yang menghasilkan lebih tinggi seperti dolar Kanada dan kroner Norwegia.

Namun, nilai yen telah turun tajam selama 12 bulan terakhir. Pada 14 Juni, yen telah terdepresiasi 23 persen terhadap dolar AS dan 14 persen terhadap rupee. Ini tidak biasa mengingat nilai yen terhadap mata uang utama selama kenaikan global. Alasan depresiasi adalah perbedaan suku bunga yang melebar antara yen dan mata uang lainnya dan defisit perdagangan balon Jepang karena kenaikan harga energi global.

Baca cerita lengkapnya

BERLANGGANAN SEKARANG

Rp 55.500 / bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • Surat Kabar Digital Harian E-Post
  • Tidak ada iklan, tidak ada interupsi
  • Akses khusus ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami


Berita Terkait

Anda mungkin juga menyukai:

Ketahanan pangan dan pajak tiga kali lipat untuk minyak sawit

Apakah Albania berpeluang menang di Indonesia?

Kedutaan Besar Singapura merespons

READ  Indonesia - Qatar Fund for Development Partners with Impact Credit Solutions Pvt Ltd (ICS) meluncurkan Indonesia Regression Fund (IRF) yang menyasar sektor kesehatan di Indonesia