Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Xavi akan meninggalkan Barcelona sebulan setelah memutuskan bertahan

Xavi akan meninggalkan Barcelona sebulan setelah memutuskan bertahan

Xavi dan Barcelona berpisah sebulan setelah diumumkan bahwa ia akan tetap menjadi pelatih.

Mantan pemain internasional Spanyol berusia 44 tahun itu pada Januari lalu mengumumkan niatnya untuk meninggalkan klub pada akhir musim, sebelum dia dibujuk untuk membatalkan keputusannya pada bulan April.

Namun dalam perkembangan terbaru dalam kisah ini – dan hanya 30 hari setelah diumumkan bahwa kontraknya akan berakhir hingga 2025 – keputusan telah diambil untuk meninggalkan klub.

Xavi bertemu dengan presiden Joan Laporta dan direktur olahraga Deco di tempat latihan klub pada hari Jumat, bersama dengan asistennya Oscar Hernandez dan Sergio Allegri, karena diputuskan bahwa pertandingan melawan Sevilla pada hari Minggu, pertandingan terakhir musim La Liga, akan menjadi yang terakhir. bertanggung jawab atas.

Pernyataan klub berbunyi: “Barcelona ingin mengucapkan terima kasih kepada Xavi atas pekerjaannya sebagai pelatih, yang menambah kariernya yang tak tertandingi sebagai pemain dan pemimpin tim, dan mendoakan agar dia sukses di dunia.”

Mereka menambahkan bahwa mereka akan memberikan rincian tentang struktur baru tim utama “dalam beberapa hari mendatang.”

Hansi Flick, mantan pelatih Bayern Munich, dijadwalkan mengambil alih menggantikan Xavi, dan pengumuman resminya diharapkan minggu depan.

Flick (59 tahun) meraih treble bersama klub Bundesliga tersebut pada 2019-20, dan menganggur sejak dipecat oleh timnas Jerman pada September lalu.

Pekerjaannya di Barcelona akan menjadi pekerjaan pertamanya di luar Jerman dalam kariernya.


Kepergian Xavi diumumkan pada bulan April (Lluis Gene/AFP via Getty Images)

Kontrak Xavi berlaku hingga musim panas 2025 dan masih harus dilihat apa yang akan terjadi dengan biaya finansial keluarnya Xavi dan staf kepelatihannya serta gaji mereka.

Sebulan lalu, saat pengunduran dirinya masih berlaku, Xavi setuju untuk menghapuskan gajinya untuk sisa kontraknya.

READ  Raiders vs. Poin. Jaguar, takeaway: Las Vegas memulai era Josh McDaniels dengan ledakan, meledakkan Jacksonville

Kemenangan atas Almeria awal bulan ini merupakan laga ke-100 Xavi bersama tim. Hanya Pep Guardiola dan Luis Enrique yang memiliki rekor lebih baik bersama klub dalam jumlah pertandingan yang sama.

Xavi telah meminta pertemuan dengan Laporta sebelum pertandingan hari Minggu di Liga Spanyol melawan Rayo Vallecano karena spekulasi meningkat tentang masa depannya, tapi itu tidak terjadi.

Berbicara sebelum pertandingan itu, Xavi mengatakan tidak ada yang berubah pada posisinya dan menegaskan dirinya tetap mendapat dukungan dari Laporta dan Deco.

“Saya tidak bisa menambahkan sesuatu yang baru. Klub menyampaikan ketenangan kepada saya,” katanya. “Saya tetap dengan keinginan yang sama untuk menghadapi apa yang tersisa untuk musim ini dan musim depan. “Kami memiliki proyek yang direncanakan dan tidak ada perubahan.”

Ketika ditanya dari mana datangnya hype tentang masa depannya, dia menjawab: “Saya tidak tahu siapa yang berbicara dan saya tidak peduli. Yang saya pedulikan adalah mendapat dukungan dari presiden, yang sejauh yang saya tahu tidak telah tersentuh, dan dukungan Deco.

“Mereka mengatakan kepada saya bahwa tidak ada yang berubah. Saya memahami pertanyaan Anda dan pekerjaan Anda, tetapi inilah yang dapat saya katakan. Ini adalah Barcelona, ​​​​ada banyak kebisingan, saya memahaminya.

Barcelona telah mengamankan tempat kedua di La Liga sebelum tirai musim 2023-24 ditutup di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan pada hari Minggu.

(David Ramos/Getty Images)