November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Wartawan Rusia Oksana Paulina tewas dalam pemboman di Kyiv

Wartawan Rusia Oksana Paulina tewas dalam pemboman di Kyiv

Oksana Paulina sedang merekam kehancuran yang dilakukan oleh pasukan Rusia di distrik Podilsky di ibu kota ketika terjadi serangan roket. Pernyataan Insider mengatakan warga sipil lain meninggal bersamanya. Dua orang yang menemaninya terluka dan dibawa ke rumah sakit.

The Insider mengatakan Paulina pergi ke Ukraina sebagai reporter dan menyerahkan “beberapa laporan” dari Lviv dan Kiev.

“The Insider menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga dan teman Oksana,” kata outlet itu dalam pernyataannya. “Kami akan terus meliput perang di Ukraina, termasuk kejahatan perang Rusia seperti pemboman sembarangan di daerah pemukiman di mana warga sipil dan jurnalis terbunuh.”

Pernyataan orang dalam itu tidak menyebutkan kapan Paulina terbunuh. Namun segera setelah dirilis, rekan-rekannya turun ke Twitter untuk meratapi kematiannya.

Paulina adalah seorang “wartawan dengan kesadaran moral yang luar biasa”, mantan rekan kerja Alexey Kovalev Dia mengatakan dalam sebuah posting di Twitter.

Sebelum bergabung dengan outlet tersebut, Paulina bekerja sebagai produser untuk yayasan anti-korupsi yang didirikan oleh pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny, menurut majalah Insider, yang menambahkan bahwa “setelah organisasi tersebut terdaftar sebagai organisasi ekstremis, dia harus meninggalkan Rusia di untuk terus melaporkan korupsi pemerintah Rusia ke The Insider”.

Juru bicara Navalny, Kira Yarmesh, menggambarkan Paulina sebagai “wartawan yang berani, jujur, dan luar biasa.” “[S]Yarmesh berkata, “Dia telah menjadi pendukung setia kami dan akan selalu membantu kami. Saya bahkan tidak tahu bagaimana membicarakan kematiannya dan saya bahkan tidak bisa membayangkan semua ini.”

Christo Grosevseorang reporter investigasi untuk Bellingcat, menggambarkannya sebagai “wartawan Rusia yang sangat berani” yang “dibunuh oleh tentara negaranya dalam pemboman wilayah sipil di distrik Podol, Kyiv”.

“Dia terbunuh saat menutupi kerusakan yang disebabkan oleh pemboman itu,” tambah Grosev di Twitter.

Paulina adalah jurnalis kelima yang meninggal di Ukraina bulan ini, menurut surat kabar Komite Perlindungan Wartawan dan aktivis kebebasan pers lainnya.

Gulnoza Said, koordinator program komite Eropa dan Asia Tengah, mengatakan kematian Paulina adalah “bukti lebih lanjut dari kekejaman perang Rusia di Ukraina.”

Beberapa kru berita mendapat kecaman saat meliput perang. Direktur Brent Renault Dia dibunuh di luar Kyiv pada 13 Maret. kolega Juan Arridondo Dia terluka parah. “Lima operasi, saya masih panjang untuk pulih,” tulis Arredondo di Instagram awal pekan ini.
Keesokan harinya, dua kru Fox News, Oleksandra Kovchinova Dan Pierre Zakrzewski, terbunuh. Reporter Benyamin Hall luka parah.

Pada awal bulan, seorang operator kamera Ukraina, Yevni Sakon, tewas ketika sebuah menara televisi di Kyiv dibom, menurut Committee to Protect Journalists.

READ  Rishi Sunak dan Liz Truss telah menetapkan kandidat terakhir untuk menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya

“Otoritas Ukraina dan Rusia harus melakukan segala daya mereka untuk memastikan keselamatan jurnalis dan semua warga sipil lainnya, dan untuk menyelidiki secara menyeluruh serangan terhadap jurnalis,” kata organisasi itu.