Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rusia mengatakan sebuah pesawat militer yang membawa 74 orang jatuh di wilayah Belgorod

Rusia mengatakan sebuah pesawat militer yang membawa 74 orang jatuh di wilayah Belgorod

Media sosial

Videograb menunjukkan ledakan menyusul kecelakaan pesawat di wilayah selatan Belgorod.



CNN

Seluruh 74 orang, termasuk puluhan tentara Ukraina, yang berada di dalam pesawat militer Rusia tewas Rabu ketika pesawat itu jatuh di wilayah Belgorod dekat perbatasan Ukraina, kata para pejabat Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menganggap Ukraina bertanggung jawab atas penembakan jatuh pesawat kargo Ilyushin-76 di dalam wilayah udara Rusia, 5 hingga 6 kilometer (sekitar 3 hingga 3,7 mil) dari desa Yablonovo di wilayah Korocha. Dikatakan bahwa Kiev menggunakan sistem rudal anti-pesawat untuk menargetkan pesawat tersebut dan menggambarkannya sebagai tindakan teroris.

Kementerian tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Angkatan bersenjata Ukraina menghancurkan pesawat dari distrik Lipsey di wilayah Kharkiv menggunakan sistem rudal anti-pesawat.” “Radar Angkatan Udara Rusia mendeteksi peluncuran dua rudal Ukraina.”

Kiev belum mengomentari klaim Moskow, dan CNN tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen.

Kantor berita Rusia, mengutip Kementerian Pertahanan, mengatakan bahwa 65 tentara Ukraina berada di dalam pesawat dan diterbangkan ke Belgorod sebelum pertukaran tahanan.

Sumber Ukraina mengklaim bahwa pesawat itu membawa rudal untuk sistem pertahanan udara S-300. CNN tidak dapat memverifikasi klaim ini secara independen.

Sebuah badan pemerintah Ukraina untuk urusan tawanan perang mengatakan pihaknya sedang menyelidiki tuduhan bahwa pesawat itu membawa tentara Ukraina.

Pernyataan dari Markas Koordinasi Perlakuan terhadap Tawanan Perang di Ukraina tidak memberikan rincian lebih lanjut, namun memperingatkan bahwa Rusia “secara aktif melakukan operasi informasi khusus terhadap Ukraina yang bertujuan untuk mengganggu stabilitas masyarakat Ukraina.”

Ukraina mengonfirmasi bahwa pertukaran tawanan perang dengan Rusia dijadwalkan pada Rabu. “Hal ini tidak terjadi saat ini,” Andriy Yuson, dari intelijen pertahanan Ukraina, mengatakan kepada CNN.

READ  Bulan Sabit Merah: Rumah sakit di Gaza menghadapi kekurangan bahan bakar dan listrik: Berita perang antara Israel dan Hamas

Para pejabat Rusia mengatakan enam awak kapal Rusia dan tiga “personel pendamping” berada di kapal tersebut. Andrei Kartapolov, anggota komite pertahanan parlemen Rusia, mengatakan pesawat militer kedua, juga IL-76, membawa 80 tawanan perang tambahan, yang kemudian dialihkan.

“Pemimpin Ukraina sepenuhnya menyadari pertukaran yang akan terjadi dan diberitahu tentang bagaimana para tahanan akan dibebaskan,” kata Kartapolov. Namun IL-76 ditembak jatuh oleh tiga rudal, baik oleh sistem rudal Patriot atau anti-pesawat, atau oleh rudal IRIS buatan Jerman.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki. Sebuah pesawat angkut jatuh di distrik Korochansky. Jatuh di sebuah lapangan dekat pemukiman. “Semua orang di dalamnya tewas,” kata Gladkov. “Sekarang lokasi jatuhnya pesawat sudah ditutup, tambahnya, seluruh layanan operasional sudah berada di lokasi dan prosedur investigasi sedang dilaksanakan.

“Tidak ada kerusakan yang terjadi pada desa ini saat ini [the plane] “Pesawat itu jatuh di sebuah ladang di luar desa,” kata pastor setempat, Pastor Georgi, rektor Gereja Dimitri Solunsky di Yablonovo, kepada TASS.

Tonton konten interaktif ini di CNN.com

Ilyushin Il-76 adalah pesawat angkut militer era Soviet dengan muatan lebih dari 50 ton, menurut Otoritas Keselamatan Penerbangan Eropa. Kontrol Euro. Telah beroperasi sejak tahun 1975.

Kota perbatasan Belgorod adalah lokasi salah satu kota ini Serangan paling kejam di Ukraina Di tanah Rusia akhir tahun lalu. Setidaknya 24 orang tewas, termasuk tiga anak-anak, dan 108 lainnya terluka dalam serangan yang memicu serangan balasan Rusia di wilayah Kharkiv di Ukraina.

Kecelakaan pesawat itu terjadi ketika perang Rusia di Ukraina memasuki tahun ketiga, dan hanya ada sedikit kemajuan di medan perang oleh kedua belah pihak dalam beberapa bulan terakhir. Penilaian intelijen Barat peringatan Ada kemungkinan bahwa pergerakan di medan perang ini akan mengalami stagnasi lebih lanjut pada tahun ini.

READ  Seseorang tewas dalam serangan bersenjata di kedutaan Azerbaijan di Iran | Berita

Kiev dan Moskow bertukar tawanan perang selama konflik. Pertukaran terbesar terjadi pada awal Januari, ketika kedua belah pihak… Lebih dari 200 tahanan ditukar.

Ini adalah cerita yang berkembang dan akan diperbarui.