Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Uni Eropa Menyetujui Paket Baru Sanksi Rusia Pada Peringatan Perang – DW – 25/02/2023

Uni Eropa Menyetujui Paket Baru Sanksi Rusia Pada Peringatan Perang – DW – 25/02/2023

Pada hari Jumat, Uni Eropa menyetujui babak baru sanksi terhadap Rusia, pada peringatan pertama Rusia Invasi habis-habisan Rusia ke Ukraina.

paket adalah Kesepuluh diadopsi oleh negara-negara anggota Uni Eropa.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berjanji kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Selama kunjungannya ke Kiev awal bulan ini bahwa UE akan “bertujuan untuk menerapkan paket sanksi kesepuluh” dalam waktu satu tahun setelah invasi Rusia.

Schultz: Rusia berdiri sendiri dengan agresinya

Browser ini tidak mendukung elemen video.

Sanksi baru menargetkan entitas yang mendukung perang dan menyebarkan propaganda Rusia

Swedia, yang memegang jabatan kepresidenan bergilir Dewan Uni Eropa pada awal tahun, mengatakan langkah-langkah baru itu “menargetkan tindakan pembatasan terhadap individu dan entitas yang mendukung perang, menyebarkan propaganda, atau mengirim drone yang digunakan oleh Rusia dalam perang.”

“Bersama-sama, negara-negara anggota UE telah memberlakukan sanksi paling kuat dan berjangkauan jauh untuk membantu Ukraina memenangkan perang,” kata kepresidenan Swedia di Twitter.

“Uni Eropa bersatu dengan Ukraina dan rakyat Ukraina. Kami akan melanjutkan dukungan kami untuk Ukraina selama diperlukan,” tambahnya.

Mengapa Anda mengumumkan sanksi begitu larut malam?

Diplomat UE menyetujui hampir semua poin dari paket baru yang diusulkan, tetapi Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengkritiknya sebagai “terlalu lunak, terlalu lemah” selama kunjungan ke ibukota Ukraina, Kiev, Jumat.

“Kami mengusulkan untuk memasukkan lebih banyak orang,” kata Morawiecki di Kiev.

Presiden Lituania Gitanas Nauseda menegaskan kembali keprihatinannya. “Saya selalu mengharapkan hukuman yang lebih keras,” katanya. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia mengharapkan perusahaan nuklir negara Rusia, Rosatom, menjadi sasaran.

Agence France-Presse melaporkan, mengutip sumber-sumber diplomatik, bahwa Polandia berusaha memberlakukan larangan impor karet sintetis yang digunakan dalam pembuatan ban dari Rusia. Italia tertarik pada masa transisi yang panjang untuk memberikan lebih banyak waktu kepada pabrikannya untuk menemukan pemasok baru.

READ  Gerakan kemerdekaan Skotlandia mendapat pukulan keras dari Pengadilan Tinggi

Perselisihan yang dihasilkan telah menunda kesepakatan tentang apa yang digambarkan oleh orang dalam Brussels sebagai paket sanksi yang masih sangat besar, menurut AFP.

Amerika Serikat mengumumkan sanksi baru

Amerika Serikat juga mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka telah memberlakukan sanksi terhadap ratusan perusahaan, bank, produsen, dan individu Rusia, yang secara khusus menargetkan entitas yang membantu Rusia menghindari sanksi pada peringatan satu tahun invasi habis-habisan Rusia ke Ukraina.

Sektor logam dan pertambangan Rusia bersama dengan pedagang senjata, organisasi teknologi, dan produsen senjata secara khusus menjadi sasaran mereka yang membantu hadir di negara-negara mulai dari Uni Emirat Arab hingga Swiss.

Orang-orang di seluruh dunia berkumpul untuk merayakan ulang tahun Perang Ukraina

Browser ini tidak mendukung elemen video.

Siapa yang dihukum di gelombang terakhir?

Lusinan lembaga keuangan, termasuk bank publik non-negara terbesar Rusia, importir mikroelektronika, dan produsen serat karbon, komponen utama sistem pertahanan, telah terkena sanksi.

Tiga puluh orang menghadapi sanksi atas dugaan terkait dengan upaya Rusia untuk menghindari sanksi. Mereka termasuk pengusaha Swiss-Italia Walter Moretti dan bisnisnya, Nurmurat Kurbanov, pedagang senjata Rusia-Turki yang diduga mewakili perusahaan pertahanan Rusia dan Belarusia di luar negeri, dan pengusaha Rusia Alexander Yevgenievich Udodov yang merupakan saudara ipar mantan suami. Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin.

Departemen Luar Negeri AS menindaklanjuti dengan menjatuhkan sanksi kepada lebih dari 60 pejabat senior pemerintah Rusia, termasuk menteri pemerintah dan pemimpin regional, serta tiga perusahaan negara yang bertanggung jawab mengelola program senjata nuklir Rusia.

Pembatasan visa juga telah diterapkan pada lebih dari 1.200 personel militer Rusia. Olga Skabieva, seorang propagandis televisi pemerintah terkemuka, dan Oleg Romanenko, yang bertanggung jawab atas pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia Ukraina setelah direbut oleh Rusia, juga masuk dalam daftar sanksi.

READ  Perang antara Israel dan Hamas: Gencatan senjata di Gaza memasuki hari kedua
Presenter TV negara Rusia Olga Skabieva menghadapi pembatasan visa dari Amerika Serikat karena para pemimpin negara-negara Baltik, termasuk Polandia, mengkritik sanksi UE terbaru yang sedang dibahas karena terlalu lunak.Foto: Donat Sorokin / TASS / Imago

Apa yang dikatakan Menteri Keuangan AS?

“Sanksi kami memiliki dampak jangka pendek dan jangka panjang, mempertajam secara tajam perjuangan Rusia untuk memperbaharui senjatanya dan ekonominya yang terisolasi,” kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam sebuah pernyataan.

“Tindakan kami hari ini dengan mitra G7 kami menunjukkan bahwa kami akan mendukung Ukraina selama kami bisa,” tambah Yellen.

Dia mencatat bahwa tindakan ini diambil bersama mitra G7 dengan maksud untuk berdiri bersama Ukraina “selama mungkin”.

Komentarnya muncul saat menghadiri pertemuan dua hari Menteri Keuangan G20 di Bengaluru, India.

Dia mengatakan kepada para pejabat Rusia dalam pertemuan hari Jumat bahwa “kelanjutan kerja mereka dengan Kremlin membuat mereka terlibat dalam kekejaman Putin.”

“Mereka memikul tanggung jawab atas nyawa dan mata pencaharian yang hilang di Ukraina dan kerusakan yang terjadi secara global,” tambah Yellen.

Apa sanksi keuangan lain untuk menyerang Ukraina yang telah diumumkan AS?

Departemen Perdagangan AS dan Kantor Perwakilan Dagang AS juga diperkirakan akan meningkatkan tekanan pada Rusia pada hari Jumat untuk memperingati ulang tahun invasi habis-habisan ke Ukraina.

Berbasis di Paris Gugus Tugas Aksi Keuangan (FATF) juga menangguhkan keanggotaan Rusia Jumat.

“Sanksi kami kuat, efektif, dan memukul serta memeras semua pendapatan Rusia,” kata Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire, pada konferensi pers G20.

“Mereka mendiskreditkan industri Rusia dan merusak upaya perang,” tambahnya.

rm, ar / sms, jsi (AP, AFP, Reuters, dpa)