Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

El Salvador memulai pemindahannya ke “penjara besar” di tengah tindakan keras yang dilakukan oleh geng

El Salvador memulai pemindahannya ke “penjara besar” di tengah tindakan keras yang dilakukan oleh geng

SAN SALVADOR (Reuters) – Pemerintah El Salvador pada Jumat memindahkan ribuan tersangka anggota geng ke “penjara besar” yang baru dibuka, langkah terbaru dalam tindakan keras kontroversial terhadap kejahatan yang telah membuat populasi penjara negara Amerika Tengah itu melonjak.

“Ini akan menjadi rumah baru mereka, di mana mereka tidak akan bisa menyakiti penghuninya lagi,” tulis Presiden Neb Bukele di Twitter.

Sekitar 2.000 tersangka anggota geng dibawa ke penjara berkapasitas 40.000, yang dianggap terbesar di Amerika, Jumat pagi.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh Bukele, para tahanan yang ditelanjangi mengenakan celana putih dan kepala mereka dicukur terlihat berlarian melalui penjara baru menuju sel. Banyak tato geng beruang.

Bukele meminta sekutunya di kongres El Salvador untuk mengesahkan keadaan pengecualian tahun lalu, yang telah diperpanjang beberapa kali sejak saat itu, yang menangguhkan beberapa hak konstitusional setelah lonjakan pembunuhan yang dikaitkan dengan geng kekerasan.

Pembaruan terbaru

Lihat 2 cerita lainnya

Sejak itu, lebih dari 64.000 tersangka telah ditangkap di jaringan anti-kejahatan. Penangkapan dapat dilakukan tanpa surat perintah, pemerintah dapat mengakses komunikasi pribadi, dan tahanan tidak lagi memiliki hak atas pengacara.

Organisasi hak asasi manusia mengatakan orang yang tidak bersalah telah terjebak dalam kebijakan tersebut, termasuk setidaknya puluhan orang yang tewas dalam tahanan polisi.

Tapi kampanye anti-geng Bukele masih sangat populer di kalangan warga Salvador, dan menteri keamanan negara itu mengatakan kepada Reuters bahwa kampanye itu akan berlanjut sampai semua penjahat ditangkap.

Pelaporan oleh Nelson Renteria; Ditulis oleh Kylie Madre. Diedit oleh Leslie Adler

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.