November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya setelah mengalahkan saingannya dalam perlombaan untuk menggantikan Trus

Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya setelah mengalahkan saingannya dalam perlombaan untuk menggantikan Trus


London
CNN

Mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak akan Perdana Menteri Inggris Berikutnya Setelah mengalahkan satu-satunya pesaingnya yang tersisa dalam perlombaan cepat untuk menjadi Pemimpin Partai Konservatif pada hari Senin.

Kandidat potensial lainnya, Penny Mordaunt, dibebaskan setelah gagal memenuhi ambang batas pencalonan dari anggota parlemen yang diperlukan untuk maju ke tahap berikutnya dalam perlombaan. Beberapa saat sebelum jumlah nominasi diumumkan, Mordaunt menjanjikan dukungan penuh untuk Sunak.

Sunak akan menjadi orang kulit berwarna pertama dan orang Hindu pertama yang memimpin Inggris. Pada usia 42, ia adalah orang termuda yang memegang posisi itu dalam lebih dari 200 tahun.

Berbicara setelah pengumuman itu, Sunak mengatakan dia “merasa rendah hati dan terhormat” untuk terpilih sebagai pemimpin. “Ini adalah hak istimewa terbesar dalam hidup saya untuk dapat melayani pesta yang saya cintai dan berikan kembali ke negara yang saya berutang begitu banyak,” katanya dalam sebuah pernyataan singkat yang disiarkan televisi.

Sunak akan menggantikan Liz Truss, yang akan menjadi Perdana Menteri terpendek dalam sejarah Inggris. Sunak akan menjadi perdana menteri pada hari Selasa setelah ia secara resmi diangkat oleh Raja Charles III dan akan menjadi perdana menteri pertama yang ditunjuk oleh raja baru setelah kematian Ratu Elizabeth II pada bulan September.

CNN telah mengetahui bahwa Raja sedang melakukan perjalanan ke London dari perkebunan pribadi Sandringham pada Senin sore, seperti yang selalu menjadi rencananya. Dia akan bertemu dengan Truss pada Selasa pagi sebelum bertemu Sunak.

Sanjay Chandarana, yang mengepalai sebuah kuil Hindu yang didirikan bersama oleh nenek moyang Sunak pada tahun 1971, mengatakan kebangkitan Sunak menandai momen bersejarah bagi komunitas Asia Selatan Inggris.

“Ini adalah momen Barack Obama bagi kami. Seorang perdana menteri Asia Selatan dan India di Inggris. Semua orang di sini sangat senang mendengar berita ini,” Chandarana, kepala kuil Hindu Masyarakat Veda di Southampton, mengatakan kepada CNN.

READ  Ibu dari penembak Shinzo Abe mengatakan dia merasa menyesal telah menyebabkan masalah di Gereja Unifikasi

Kakek-nenek Sonak lahir di India dan orang tuanya berimigrasi ke Inggris dari Afrika Timur pada 1960-an. Sunak telah berbicara secara terbuka tentang warisan India-Inggrisnya, mengatakan kepada Business Standard dalam sebuah wawancara tahun 2015 bahwa ia menandai seorang India-Inggris dalam sensus.

“Saya sepenuhnya orang Inggris, ini adalah rumah dan negara saya, tetapi warisan agama dan budaya saya adalah India, dan istri saya adalah orang India. Saya terbuka untuk menjadi Hindu,” kata Sunak kepada Business Standard.

Perdana Menteri India Narendra Modi pada hari Senin menyampaikan “ucapan selamat yang paling hangat” kepada Sunak, menggambarkan perdana menteri yang akan datang sebagai jembatan antara kedua negara.

“Special Diwali ingin menjadi ‘jembatan hidup’ bagi orang India Inggris, saat kami mengubah ikatan historis kami menjadi kemitraan modern,” kata Modi di Twitter.

Dia juga mengucapkan selamat kepada Truss Sunak setelah pengumuman itu, dengan mengatakan di Twitter bahwa dia mendapat “dukungan penuh”.

Sunak secara resmi mengumumkan dia akan berdiri pada hari Minggu setelah memenangkan dukungan dari 100 anggota parlemen Konservatif, batas yang diperlukan yang ditetapkan oleh pejabat partai. Pada hari Senin, dia telah memenangkan dukungan lebih dari setengah dari 357 deputi partai.

Kampanyenya mendapat dorongan besar ketika mantan perdana menteri dan saingannya, mantan Perdana Menteri Boris Johnson, mengundurkan diri dari pemilihan pada Minggu malam.

Senin menandai klimaks dari apa yang merupakan kenaikan kekuasaan yang sangat cepat bagi Sunak. Dia pertama kali terpilih menjadi anggota Parlemen pada 2015 dan menjadi menteri junior pada 2017. Johnsonlah yang memberi Sunak peran utama pertamanya di pemerintahan, mengangkatnya sebagai Bendahara Senior pada 2019 dan mempromosikannya menjadi menteri pada 2020.

READ  PM Jepang memurnikan pemerintah setelah dukungan untuk hubungan gereja berkurang

Tetapi sebagai perdana menteri ketiga Inggris dalam tujuh minggu, Sunak menghadapi tugas yang sangat berat.

Partainya semakin terpecah dan tidak populer setelah empat bulan kekacauan politik dan kekacauan pasar keuangan. Pada saat yang sama, Inggris menghadapi krisis ekonomi besar, dengan banyak ekonom percaya itu sudah dalam resesi.

Itu sudah di bawah kritik keras dari politisi oposisi.

Sunak, seperti Truss, tidak harus memenangkan pemilihan umum untuk menjadi perdana menteri karena Konservatif masih merupakan partai terbesar di House of Commons, dan oleh karena itu pemimpin mereka secara otomatis menjadi perdana menteri.

Wakil pemimpin oposisi Partai Buruh, Angela Rayner, mengatakan Sunak “tidak memiliki mandat dan tidak tahu apa yang dibutuhkan pekerja” dan menyerukan pemilihan dini.

“Kami membutuhkan pemilihan umum sehingga publik memiliki suara di masa depan Inggris – dan kesempatan untuk memulai awal yang baru dengan Partai Buruh,” katanya.

Bukan hal yang aneh bagi seorang perdana menteri untuk menjabat tanpa pemilihan – empat dari lima perdana menteri Inggris terakhir masuk kantor untuk pertama kalinya tanpa pemilihan umum. Tetapi fakta bahwa Sunak adalah perdana menteri ketiga Inggris sejak jajak pendapat terakhir pada 2019 dan yang kedua menjabat tanpa pemungutan suara publik menambah tekanan.

Sunak tidak berkewajiban untuk melakukan pemungutan suara. Menurut undang-undang, pemilihan umum berikutnya harus diadakan selambat-lambatnya Januari 2025. Dengan Partai Buruh unggul dalam jajak pendapat, tidak mungkin mengambil langkah seperti itu.

Pemimpin Skotlandia Nicola Sturgeon juga mengkritik cara Sunak berkuasa dan memperbarui seruannya untuk kemerdekaan Skotlandia.

“Untuk Skotlandia, tentu saja, dia menjadi perdana menteri lain yang belum kami lakukan, dan tidak diragukan lagi kami tidak akan memilih dia bahkan jika dia memiliki kesempatan. Untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada pemerintah Westminster yang tidak memiliki mandat di sini, dan mengambil masa depan kita ke tangan kita sendiri, kebutuhan Skotlandia, “kata Sturgeon. Independence”.

READ  Sebuah kapal pesiar Norwegia kandas di Republik Dominika

“Inggris adalah negara besar, tetapi tidak diragukan lagi bahwa kita menghadapi tantangan ekonomi yang besar,” kata Sunak dalam sebuah pernyataan siang hari Senin.

“Sekarang kita membutuhkan stabilitas dan persatuan dan saya akan menjadikannya prioritas tertinggi saya untuk menyatukan partai dan negara kita. Karena ini adalah satu-satunya cara kita akan mengatasi tantangan yang kita hadapi dan membangun masa depan yang lebih baik dan lebih sejahtera bagi anak cucu kita. .”

Sebagai mantan penasihat, Sunak memiliki pengalaman dalam memerangi krisis ekonomi. Dia memimpin Inggris melalui pandemi Covid-19, menyusun paket stimulus fiskal raksasa.

Meskipun dia belum memberikan rincian kebijakan yang direncanakannya dalam beberapa hari terakhir, dia memposisikan dirinya sebagai kandidat “keuangan yang sehat” ketika dia melawan Truss dalam kontes kepemimpinan Tory sebelumnya selama musim panas.

Dia dipandang sebagai kandidat yang paling moderat. Sementara dia setuju dengan Truss bahwa pajak harus lebih rendah, dia mengatakan pemotongan apa pun hanya bisa terjadi setelah inflasi terkendali, yang bisa memakan waktu beberapa tahun.

geser gigi rencana ekonomi Yang memicu kepanikan di pasar keuangan dan menyebabkan kematiannya. Harga obligasi pemerintah Inggris naik pada laju tercepat yang pernah ada, menaikkan biaya pinjaman secara signifikan.

Investor tampaknya menyambut naiknya Sunak ke tampuk kekuasaan. Pound naik terhadap dolar AS pada hari Senin, sementara indeks FTSE 250 perusahaan Inggris naik.