November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Uni Eropa eksklusif mendekati kesepakatan penyelesaian untuk meredakan konfrontasi dengan Rusia atas Kaliningrad

Uni Eropa eksklusif mendekati kesepakatan penyelesaian untuk meredakan konfrontasi dengan Rusia atas Kaliningrad

  • Kaliningrad bergantung pada kereta api dan jalan raya di seluruh Lituania
  • Tindakan keras terhadap pengiriman yang dikenai sanksi membuat marah Moskow
  • UE mencari kompromi dengan Lithuania untuk melanjutkan perdagangan normal

VILNIUS/BRUSSELS (Reuters) – Perdagangan melalui Lithuania ke wilayah Kaliningrad Rusia dapat kembali normal dalam beberapa hari, dua sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, ketika para pejabat Eropa bergerak menuju kesepakatan kompromi dengan negara Baltik untuk meredakan perselisihan. dengan Moskow.

Kota Kaliningrad, yang berbatasan dengan negara-negara Uni Eropa dan bergantung pada kereta api dan jalan melalui Lithuania untuk sebagian besar barang, telah terputus dari beberapa angkutan barang dari daratan Rusia sejak 17 Juni di bawah sanksi yang dikenakan oleh Brussels.

Orang-orang, yang menolak disebutkan namanya karena pejabat Eropa sedang dalam pembicaraan tentang pembebasan wilayah dari sanksi, yang telah memukul barang-barang industri seperti baja sejauh ini, membuka jalan untuk kesepakatan pada awal Juli jika anggota Uni Eropa Lithuania membatalkan pemesanannya. Diskusi bersifat pribadi.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Perselisihan tentang isolasi Rusia sedang menguji tekad Eropa untuk menjatuhkan sanksi setelah invasi Rusia ke Ukraina, memicu kekhawatiran eskalasi setelah pembatasan lain mendorong Rusia ke default.

Sementara kekuatan Barat telah bersumpah untuk mendukung Ukraina, menegaskan tekad mereka di KTT G7 dan NATO minggu ini, terbukti sulit bagi Eropa untuk menghadapi sanksi keras dan menghindari eskalasi lebih lanjut dengan Rusia.

Inilah sebabnya mengapa para pejabat Eropa, yang didukung oleh Jerman, mencari kompromi untuk menyelesaikan salah satu dari banyak perselisihan mereka dengan Moskow, kata satu orang.

Sumber itu mengatakan bahwa jika rute tradisional barang-barang Rusia ke Kaliningrad, melalui sekutunya Belarusia dan kemudian Lithuania, tidak dipulihkan, negara Baltik khawatir bahwa Moskow akan menggunakan kekuatan militer untuk membajak koridor darat melalui wilayahnya.

READ  Pertempuran jalanan, pengeboman terus-menerus saat Rusia berusaha menguasai Donbass Ukraina

Sementara itu, tentara Jerman ditempatkan di Lituania dan dapat ditarik ke dalam konfrontasi di pihak sekutu NATO-nya jika itu terjadi.

Ekonomi terbesar Eropa juga sangat bergantung pada impor gas Rusia dan akan rentan terhadap pengurangan aliran jika konflik Kaliningrad meningkat.

“Kita harus menghadapi kenyataan,” kata seseorang yang akrab dengan diskusi Uni Eropa, menggambarkan Kaliningrad sebagai “suci” untuk Moskow.

“(Putin) memiliki pengaruh yang jauh lebih besar daripada yang kami miliki. Adalah kepentingan kami untuk menemukan jalan tengah,” katanya, mengakui bahwa hasil akhirnya mungkin tampak tidak adil.

kesepakatan pengabaian

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Lithuania mengatakan akan terus berkonsultasi dengan Komisi Eropa mengenai penerapan sanksi dan bahwa setiap perubahan oleh blok tersebut tidak boleh terbatas pada negara Baltik.

“Sanksi harus dijatuhkan, dan setiap keputusan yang diambil tidak boleh merusak kredibilitas dan efektivitas kebijakan sanksi UE,” kata juru bicara itu.

“Karena transit Kaliningrad dimungkinkan melalui banyak negara anggota UE, interpretasi Komisi Eropa tentang bagaimana sanksi UE akan diterapkan … tidak terbatas pada Lituania.”

Seorang juru bicara Komisi Eropa merujuk pada pernyataannya pada 22 Juni bahwa Lithuania menerapkan pembatasan UE dan bahwa pasokan barang-barang penting ke Kaliningrad tetap tidak terhalang.

Satu orang dengan pengetahuan langsung tentang masalah ini mengatakan mereka mengharapkan kesepakatan akan tercapai pada 10 Juli, dan orang lain mengatakan itu bisa diumumkan minggu depan.

Salah satu dari orang-orang itu mengatakan bahwa salah satu pemukiman dapat mengakibatkan lalu lintas pengiriman antara Rusia dan Kaliningrad dibebaskan dari sanksi UE dengan alasan bahwa itu tidak dianggap sebagai perdagangan internasional yang normal karena pos terdepan adalah bagian dari Rusia.

READ  Jutawan bergabung dengan protes Davos untuk menuntut 'pajak kami sekarang' | Davos

Konsesi ini hanya dapat diberikan dengan syarat bahwa kargo yang disertifikasi di Kaliningrad digunakan dan tidak diekspor melalui pelabuhannya, tempat markas Armada Baltik Rusia berada.

Itu bisa sulit dijamin, kata orang itu, dan bisa menempatkan Lithuania, yang ditugaskan untuk menentukan tujuan akhir barang, pada jalur tabrakan dengan Rusia.

Orang lain mengatakan alasan kemanusiaan dapat digunakan untuk mendapatkan pengecualian untuk Kaliningrad, yang terletak di antara Lituania, Polandia dan Laut Baltik.

Namun dia mengatakan Lithuania memiliki keberatan serius untuk menawarkan apa yang bisa dianggap sebagai konsesi ke Moskow.

alkohol dan semen

Lithuania, yang sebelumnya diperintah dari Moskow, sekarang menjadi salah satu kritikus paling sengit Rusia di Uni Eropa dan telah berselisih dengan para pejabat di Jerman dan Brussel yang ingin meredakan pertikaian itu.

Hingga saat ini, sanksi UE terhadap Rusia menghalangi pengangkutan besi, baja, dan mineral ke Kaliningrad melalui negara-negara UE.

Daftar barang yang terkena sanksi akan diperpanjang untuk memasukkan semen dan alkohol mulai 10 Juli, batu bara pada Agustus, dan produk minyak bumi seperti bahan bakar pada Desember. Ketika fase terakhir dimulai, hampir setengah dari pengiriman yang dikirim ke Kaliningrad dari Rusia akan dikenakan sanksi.

Baik penumpang maupun produk makanan tidak dilarang dan Kaliningrad masih dapat dijangkau dengan pesawat atau laut.

Dan sementara Amerika Serikat dan Uni Eropa dengan cepat menjatuhkan sanksi untuk membatasi akses Rusia ke keuangan internasional dan penjualan batu bara dan minyaknya, tindakan hukuman tidak banyak membantu mengurangi agresi militer Rusia.

Dalam beberapa pekan terakhir, Moskow juga telah membalikkan keadaan di Eropa dengan mengurangi pasokan gas penting, mendorong Jerman untuk mempersiapkan legalisasi dan memantau perselisihan yang meningkat di Kaliningrad dengan kekhawatiran yang berkembang.

READ  Assad mengunjungi UEA, perjalanan pertama ke negara Arab sejak dimulainya perang

Kaliningrad, dengan populasi hampir satu juta, terputus dari Moskow ketika Lithuania merdeka selama pembubaran Uni Soviet, dan penduduk harus melintasi wilayah UE untuk mencapai seluruh Rusia melalui darat.

Dmitry Medvedev, wakil kepala Dewan Keamanan Rusia, mengatakan minggu ini bahwa pembatasan pengiriman barang ke Kaliningrad adalah bagian dari perang proksi dengan Barat dan bahwa Rusia memiliki banyak cara untuk merespons.

“Ada banyak peluang dan sebagian besar dari mereka bersifat ekonomi dan mampu memotong oksigen ke tetangga Baltik kita yang telah mengambil tindakan agresif,” katanya kepada sebuah surat kabar Rusia.

“Ada juga kemungkinan menggunakan tindakan yang tidak proporsional … yang akan menyebabkan eskalasi konflik yang berbahaya,” tambahnya.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

ditulis oleh John O’Donnell; Diedit oleh David Clark

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.