Agustus 14, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Umat ​​Islam Indonesia terbelah saat Ramadhan dimulai

Jakarta: Bulan suci Ramadhan akan dimulai pada hari Sabtu Indonesia Dan kebanyakan Timur TengahBanyak di Asia Tenggara dan di tempat lain tidak berencana untuk menjalankan puasa, doa dan ketaatan beragama dari fajar hingga senja hingga hari Minggu.
kelompok Islam terbesar kedua di Indonesia, Muhammadiyah, Dengan lebih dari 60 juta anggota, kata Ramadhan dimulai pada hari Sabtu, menurut perkiraan astronomi. Tetapi menteri urusan agama negara itu mengumumkan pada hari Jumat bahwa Ramadhan akan dimulai pada hari Minggu setelah para astronom Islam di negara itu gagal melihat bulan baru.
Ini bukan pertama kalinya Mohammedia menyatakan pendapat berbeda tentang masalah ini, tetapi diperkirakan hampir 90% dari 270 juta penduduk negara itu, sebagian besar Muslim Indonesia, akan mengikuti tanggal resmi pemerintah.
Namun, negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia itu akan menandai bulan suci paling “normal” sejak wabah pada tahun 2020, karena kasus COVID-19 terus menurun.
Presiden Joko Widodo Pemerintah mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan melonggarkan pembatasan COVID-19 untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Umat ​​Muslim Indonesia dapat mengadakan salat berjamaah selama bulan Ramadhan tahun ini dan berkumpul bersama keluarga di desa masing-masing untuk merayakan Idul Fitri di awal Mei untuk menandai berakhirnya bulan puasa.
“Tahun ini, umat Islam bisa mengadakan arisan (salat malam) dan berkumpul di masjid untuk salat,” kata Jokowi dalam komentar yang disiarkan televisi. “Bagi yang ingin melakukan perjalanan untuk melihat kerabat di Mudik Idul Fitri tradisional juga dipersilakan.”
Negara ini melaporkan hanya 2.930 kasus pada hari Jumat, yang merupakan penurunan 90% dari pertengahan Februari. Hingga Jumat, 75% dari 208,2 juta penduduk Indonesia yang memenuhi syarat telah divaksinasi lengkap.
Tahun ini salat Ramadhan akan kembali normal. Jamaah di masjid-masjid Indonesia tidak lagi harus menjaga jarak fisik yang diberlakukan selama epidemi, yang berarti lebih banyak orang dapat menghadiri masjid. Namun ada aturan tertentu, seperti kewajiban memakai masker, dan jamaah diwajibkan membawa sajadah sendiri.
Ceramah atau khutbah agama dapat dilanjutkan di masjid-masjid setelah salat. Pemerintah akan mengizinkan orang untuk mengadakan pertemuan “buka puasa” selama Ramadhan di restoran, mal, dan kafe. Iftar terjadi saat matahari terbenam, ketika umat Islam berpuasa, biasanya pada waktu makan malam bersama teman dan keluarga sebelum shalat malam.
Pihak berwenang mengizinkan festival terkait Ramadhan untuk kembali setelah dua tahun absen karena wabah, termasuk parade obor untuk menyambut bulan puasa Islam.
“Saya sangat senang melihat kembalinya seluruh tradisi Ramadhan,” katanya Rahardian IrzanSeorang penduduk ibukota Indonesia, Jakarta. Meski wabah belum usai, kerinduan akan Ramadhan yang normal akhirnya terbayar hari ini.
Pihak berwenang menutup semua masjid pada tahun 2020 IslamMusim suci bertepatan dengan mulai merebaknya wabah virus corona, dan para ulama mengeluarkan fatwa atau SK yang mengimbau umat Islam untuk berkumpul di tempat ramai selama bulan suci dan beribadah di rumah daripada berisiko menyebarkan virus.
Ketika masjid dibuka kembali dengan peraturan kesehatan yang lebih ketat dan aturan baru, vaksinasi terus dikeluarkan, membuat Ramadhan tahun lalu tidak terlalu ketat, tetapi perayaan yang dapat menarik banyak orang dilarang.