Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

UE mengusulkan larangan impor minyak Rusia, menghapus Sberbank dari Swift

UE mengusulkan larangan impor minyak Rusia, menghapus Sberbank dari Swift

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Rabu bahwa tindakan itu akan menjadi bagian dari sanksi putaran keenam terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina.

“Kami sekarang mengusulkan embargo minyak Rusia,” katanya dalam pidato di Parlemen Eropa. “Mari kita perjelas: itu tidak akan mudah. ​​Tapi kita hanya harus bekerja di atasnya. Kami akan memastikan bahwa kami secara bertahap menyingkirkan minyak Rusia dengan cara yang tertib, untuk menggandakan tekanan pada Rusia, sambil meminimalkan dampak pada ekonomi kita.”

Ia menambahkan bahwa pasokan minyak mentah akan dihapus dalam waktu enam bulan, dan impor produk minyak sulingan pada akhir 2022.

Berita tentang proposal tersebut, yang masih membutuhkan persetujuan semua negara anggota UE, mendorong harga minyak mentah lebih dari 3,5%. Minyak mentah Brent, patokan global, diperdagangkan pada sekitar $109 per barel, sementara minyak berjangka AS berada di $106 per barel pada pukul 07.20 ET.

Harga minyak naik sekitar 40% sejak awal tahun di tengah kekhawatiran bahwa invasi Rusia ke Ukraina dapat menyebabkan kejutan pasokan, menaikkan inflasi dan memberi tekanan pada ekonomi Eropa.

Negara-negara Uni Eropa telah setuju untuk keluar secara bertahap Impor batubara Rusia Tetapi blok itu merasa lebih sulit untuk mencapai konsensus tentang embargo minyak Meskipun berminggu-minggu percakapan. Slovakia dilaporkan sedang mencari pengecualian, dan Hungaria mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya prihatin tentang apa arti proposal itu bagi keamanan energinya.
“Kami tidak melihat rencana atau jaminan tentang bagaimana transisi akan dikelola berdasarkan proposal saat ini, dan bagaimana keamanan energi Hungaria akan dipastikan,” kata juru bicara pemerintah Hungaria Zoltan Kovacs. Diposting di Twitter.

Rusia adalah pengekspor minyak mentah terbesar kedua di dunia, dan tahun lalu menyumbang sekitar 27% dari impor minyak Uni Eropa. Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia telah melarang impor.

READ  Pasukan Rusia perlahan mundur dari Ukraina utara saat kerugian meningkat

Sanksi ini – dan embargo de facto oleh beberapa kilang dan pedagang minyak Eropa – telah memukul harga minyak Rusia. Minyak mentah patokan Uralnya sekarang diperdagangkan dengan diskon $35 per barel ke Brent, dibandingkan dengan kurang dari $1 sebelum invasi.

Kilang minyak PCK di Schwedt, Jerman, dimiliki oleh Rosneft Rusia.

Beberapa pelanggan di Asia dikatakan membeli lebih banyak minyak Rusia tetapi tidak dalam jumlah yang cukup untuk menebus hilangnya pembeli Barat.

“Kemampuan Rusia untuk mengalihkan semua pengiriman yang tidak diinginkan dari Barat ke Asia terbatas, yang berarti bahwa jika terjadi embargo, Rusia harus memangkas produksi lebih banyak lagi karena tidak memiliki kapasitas penyimpanan untuk volume minyak mentah tambahan,” analis di Rystad Energi menulis. Laporan penelitian hari Senin.

Eropa telah membeli energi Rusia senilai $46 miliar sejak dimulainya perang Ukraina

Badan Energi Internasional baru-baru ini memperkirakan bahwa pasokan minyak Rusia akan turun 1,5 juta barel per hari pada bulan April karena permintaan menurun, dengan kerugian tersebut meningkat menjadi 3 juta barel per hari bulan ini.

Tetapi kenaikan harga minyak dan gas alam global berarti bahwa Moskow terus menuai jumlah besar dari ekspor energinya. Rystad memperkirakan bahwa Rusia akan mengumpulkan lebih dari $ 180 miliar pendapatan pajak energi tahun ini – 45% lebih banyak daripada tahun 2021 – meskipun ada pengurangan produksi minyak.

isolasi keuangan

Negara-negara Barat terus mencari cara lain untuk mempersulit Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membiayai upaya perangnya. Von der Leyen mengatakan Uni Eropa mengusulkan penghapusan Sberbank (SBRCY)dan dua bank besar lainnya, dari SWIFT, jaringan aman yang digunakan oleh lebih dari 11.000 lembaga keuangan untuk mengirim pesan dan membayar pesanan.
Sberbank adalah bank terbesar di Rusia.

Association for Worldwide Interbank Financial Telecommunication, yang berbasis di Belgia, harus mematuhi peraturan Uni Eropa. Tanpa alternatif yang diterima secara universal, ini adalah saluran penting keuangan global.

READ  Sebuah kapal pesiar Norwegia kandas di Republik Dominika

“Kami menyerang bank-bank yang secara sistemik penting bagi sistem keuangan Rusia dan kemampuan Putin untuk mendatangkan malapetaka,” kata von der Leyen. Ini akan memperkuat isolasi lengkap sektor keuangan Rusia dari sistem dunia.”

Tiga stasiun radio besar milik negara Rusia juga akan dilarang dari gelombang udara Eropa.

Anna Cuban dan Julia Horowitz berkontribusi pada artikel ini.