Mei 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

KECELAKAAN KERETA YUNANI: Kemarahan memuncak saat sebuah suara menyuruh pengemudi untuk mengabaikan lampu merah

KECELAKAAN KERETA YUNANI: Kemarahan memuncak saat sebuah suara menyuruh pengemudi untuk mengabaikan lampu merah

(CNN) kemarahan di Yunani Keamanan rel yang buruk meningkat pada hari KamisDan Saat pihak berwenang mengumumkan seorang masinis kereta api yang terlibat dalam salah satu kecelakaan kereta api terburuk di negara itu dalam beberapa tahun terakhir diminta untuk mengabaikan lampu merah.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan setelahnya tabrakan langsung Antara kereta penumpang yang membawa lebih dari 350 penumpang dan kereta barang pada Selasa malam di Tempe, dekat kota Larissa. TKorban tewas dalam kecelakaan itu naik menjadi 57 Kamis malam.

Demonstran bentrok dengan polisi di ibu kota, Athena, menteri transportasi negara itu mengundurkan diri setelah tragedi itu, dan serikat pekerja kereta api mogok, menuduh pemerintah “tidak hormat” di sektor tersebut.

48 orang lainnya masih dirawat di rumah sakit akibat kecelakaan tersebut, yang meninggalkan kendaraan yang rusak dan puing-puing yang hangus. Penyiaran publik Perusahaan Penyiaran melaporkan Kamis bahwa enam dari yang terluka berada dalam kondisi kritis karena cedera kepala dan luka bakar parah.

Setelah penangkapan seorang manajer stasiun kereta api di Larissa atas tabrakan tersebut, pihak berwenang Yunani mengumumkan Kamis Rekaman transmisi yang luar biasa menunjukkan masinis kereta api diinstruksikan untuk mengabaikan lampu merah.

Kepala stasiun terdengar mengatakan “Lanjutkan melalui pintu keluar lampu lalu lintas merah sampai Anda memasuki lampu lalu lintas untuk Neon Boron”.

“Vasilis, bolehkah aku pergi?” Masinis kereta menanggapi, dan nakhoda mengatakan kepadanya, “Ayo, ayo.”

Dalam percakapan kedua, terdengar kepala stasiun memerintahkan petugas untuk menjaga salah satu kereta di jalur yang sama.

“Haruskah aku menjalankannya sekarang?” tanya karyawan itu.

“Tidak, tidak, karena 1564 ada di jalan itu,” kata kepala stasiun.

READ  Rusia mengatakan menarik diri dari Kherson: Pembaruan Langsung Ukraina

Kepala stasiun didakwa dengan pembunuhan yang lalai dan cedera tubuh yang parah karena kelalaian. Setelah penangkapannya, dia menyalahkan tabrakan itu karena kerusakan teknis, meski kemudian dia mengaku “melakukan kesalahan”.

Protes di Athena

Demonstran berkumpul di luar markas Hellenic Train di pusat Athena lagi pada Kamis malam dalam demonstrasi yang diselenggarakan oleh serikat mahasiswa dan buruh.

Polisi sudah berada di luar markas kereta Yunani sebelum pengunjuk rasa tiba. Protes berlangsung damai setelah kerusuhan pada hari Rabu di mana demonstran bentrok dengan polisi.

Rumah sakit setempat memberi tahu ERT bahwa sebagian besar penumpang yang terlibat dalam kecelakaan itu adalah pria muda. Kecelakaan itu terjadi tak lama setelah akhir pekan.

Operasi pencarian dan penyelamatan akan dilanjutkan Kamis dan Jumat di lokasi kecelakaan, menurut dinas pemadam kebakaran.

Sementara itu, kerabat korban yang hilang masih menunggu kabar mengenai orang yang dicintainya seiring proses identifikasi berlanjut di RS Umum Larisa.

Dalam wawancara sebelumnya dengan media Yunani, Dimitris Bornazis yang berusaha mendapatkan kabar tentang ayah dan kakaknya mengatakan tidak ada yang memberinya informasi apapun. Bornazzis mengatakan dia mencoba menghubungi perusahaan untuk mencari tahu di mana kerabatnya duduk di kereta saat kecelakaan itu terjadi. Dia berkata dia menelepon kantor kereta api Yunani tiga kali tetapi tidak ada yang menghubunginya.

“Perdana menteri dan menteri kesehatan datang ke sini kemarin. Mengapa? Untuk melakukan apa? Untuk menjelaskan apa? Di mana mereka hari ini?” “Tidak ada yang memberi kami informasi apapun, tidak ada yang tahu berapa banyak orang sebenarnya di dalam,” kata Bornazis kepada stasiun Sky Yunani.

“Kita tidak bisa menyalahkan satu orang saja atas kesalahan ini. Di mana semua orang sekarang? Mereka semua menunggu pemilihan untuk berbicara,” katanya.

READ  Mengapa pound Inggris terus tenggelam?

Berbicara kepada ERT, penumpang Andreas Alikaniotis, yang berada di gerbong kedua saat terjadi tabrakan, menceritakan saat-saat setelah kecelakaan tersebut.

“Yang kami lakukan adalah memecahkan kaca yang sudah retak, dan membuang barang bawaan dari gerbong, sehingga kami bisa mendarat di suatu tempat dengan tenang,” katanya kepada ERT, menjelaskan bagaimana dia membantu sekitar 10 orang melarikan diri.

Dia menambahkan, “Kami melompat 3 sampai 4 meter. Pertama, kami terluka lebih serius, dan kemudian kami meringankan luka kami.”

Alikaniotis menambahkan bahwa dia ingat meraih dua atau tiga gadis dan membantu mereka mencapai jendela untuk melompat keluar. “Ada kepanikan,” tambahnya.

Protes menargetkan kantor perusahaan kereta api Yunani, Hellenic Train, di Athena
Sebuah foto udara yang diambil pada hari Rabu dari drone menunjukkan kru darurat memilah-milah reruntuhan kecelakaan yang menewaskan puluhan orang dan melukai lebih banyak lagi.

“Rasa sakit berubah menjadi kemarahan”

Yunani memiliki catatan buruk untuk keselamatan penumpang kereta api dibandingkan dengan negara lain di Eropa, memiliki tingkat kematian kereta api tertinggi per juta kilometer kereta api dari 2018 hingga 2020 dari 28 negara di benua itu, menurut laporan tahun 2022 oleh European Union Rail Agency .

Dalam pertemuan luar biasa, Federasi Pekerja Kereta Api Yunani dengan suara bulat memutuskan untuk memulai pemogokan 24 jam pada hari Kamis untuk menyoroti kondisi kerja yang buruk dan kekurangan staf yang kronis.

Dia menuduh pemerintah federal “tidak menghormati” perkeretaapian karena menyebabkan keruntuhan, dengan mengatakan, “Staf yang lebih permanen, pelatihan yang lebih baik, dan terutama penerapan sistem keamanan modern, dibuang secara permanen ke tempat sampah.”

Secara terpisah, pekerja metro Yunani mengumumkan pemogokan 24 jam lainnya, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan tragedi semacam itu.”

READ  Kotoran mengungkapkan apa yang suka dimakan oleh pembuat Stonehenge

Menteri Transportasi Yunani Kostas Karamanlis mengatakan sistem perkeretaapian yang diwariskan oleh pemerintah “tidak memenuhi standar abad ke-21” setelah dia mengundurkan diri pada Rabu.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi setelah mengunjungi lokasi kecelakaan bahwa tabrakan itu “karena” kesalahan manusia yang tragis”.

Dia mengatakan bahwa keputusan pengunduran diri Menteri Perhubungan adalah terhormat, dan menambahkan bahwa kepala Hellenic Railways Organization dan anak perusahaannya ERGOSE juga telah mengajukan pengunduran diri mereka.

Demonstran, dalam foto Rabu, bentrok dengan polisi anti huru hara di jalan-jalan Athena, setelah tabrakan pada Selasa yang menewaskan puluhan orang dan melukai puluhan lainnya.
Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengaitkan kecelakaan itu dengan “kesalahan manusia yang tragis” saat mengunjungi tempat kejadian di Tempe pada hari Rabu.

Belasungkawa mengalir dari seluruh dunia, sementara masa berkabung tiga hari sedang berlangsung di Yunani.

Raja Charles dari Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia dan istrinya Camilla, Permaisuri, “sangat terkejut dan sangat sedih dengan berita tentang insiden mengerikan itu.”

Presiden Prancis Emmanuel Macron men-tweet: “Doa saya bersama keluarga para korban kecelakaan mengerikan yang terjadi tadi malam di dekat Larissa. Prancis berdiri bersama orang-orang Yunani.”

Heather Chen dari CNN, Muhammad Tawfiq, Jennifer Hauser, dan Max Foster berkontribusi dalam pelaporan.