Juni 13, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

UAW mencapai kesepakatan tentatif dengan Stellantis

UAW mencapai kesepakatan tentatif dengan Stellantis


New York
CNN

Serikat Pekerja Otomotif Bersatu Ini mencapai kesepakatan tentatif dengan Stellantis pada hari Sabtu. Namun hal ini memperluas cakupan serangan terhadap General Motors, produsen mobil terbesar Amerika dan sisa terakhir dari Tiga Besar. Dashing berharap dia hampir menyelesaikan pukulan dua pukulannya.

Kesepakatan dengan Stellantis, yang memproduksi mobil dengan merek Dodge, Ram, Chrysler dan Jeep, diumumkan pada hari Sabtu oleh Presiden UAW Sean Fine dan Wakil Presiden Rich Boyer, kepala negosiator serikat pekerja dalam pembicaraan tersebut. Mereka memujinya sebagai kemenangan besar Perjanjian tentatif tersebut termasuk menghidupkan kembali pabrik perakitan di Illinois yang ditutup pada bulan Februari, yang awalnya menyebabkan 1.200 orang kehilangan pekerjaan, dan merupakan salah satu kemenangan bagi serikat pekerja tersebut.

“Pada hari ke-44 pemogokan siaga kami, saya dengan bangga mengumumkan bahwa serikat pekerja kami sekali lagi menang. Sekali lagi, beberapa minggu yang lalu kami mencapai apa yang kami katakan sebagai hal yang mustahil,” kata Sean Fine. Video itu diposting di Xsebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Sebanyak 14.600 anggota UAW yang melakukan pemogokan di Stellantis akan kembali bekerja dalam beberapa hari. Namun hampir 4.000 pekerja di pabrik General Motors yang membuat SUV Cadillac dan GMC di Spring Hill, Tennessee, ikut melakukan pemogokan pada pukul 5 sore waktu Tengah.

“Kami kecewa dengan tindakan UAW mengingat kemajuan yang telah kami capai,” kata GM dalam pernyataannya tentang perluasan pemogokan. “Kami terus melakukan tawar-menawar dengan itikad baik dengan UAW, dan tujuan kami tetap mencapai kesepakatan secepat mungkin.”

Fein tidak menyebutkan pembicaraan dengan GM atau keputusan untuk memperluas pemogokan di sana. Perluasan cakupan pemogokan dikonfirmasi oleh sumber yang mengetahui situasi tersebut, dan diposting di halaman Facebook serikat pekerja lokal Tennessee yang mewakili anggotanya.

Serikat pekerja telah memperluas cakupan pemogokan sebanyak lima kali sejak dimulai pada tanggal 15 September dalam upaya untuk meningkatkan tekanan terhadap tiga perusahaan besar. Ini pertama kalinya Fain tidak mengumumkan ekspansi tersebut.

Dewan Nasional Stellantis UAW akan melakukan pemungutan suara untuk memutuskan apakah perjanjian tentatif tersebut akan dikirimkan kepada anggota yang lebih luas pada 2 November atau tidak, kata Fine. Setelah itu, 43.000 anggota tetap UAW akan mendapat kesempatan untuk memberikan suara apakah akan meratifikasi perjanjian tersebut atau tidak. Perjanjian ini harus diratifikasi oleh kedua belah pihak agar bisa berlaku.

READ  Tur Telegram Cramer: UiPath 'Jangan Sentuh'

Perjanjian tentatif dengan Stellantis pada hari Sabtu mengikuti perjanjian serupa yang dicapai dengan Ford pada hari Rabu. Kesepakatan Ford juga masih perlu diratifikasi oleh para anggota Ford sebelum diberlakukan, sama seperti kesepakatan Stellantis yang juga memerlukan persetujuan keanggotaan.

Banyak detail perjanjian dengan Stellantis yang belum diketahui. Namun gajinya sama dengan kesepakatan Ford, yang berarti kenaikan gaji minimum sebesar 11%, dan kenaikan gaji tambahan yang akan membuat total kenaikan menjadi 25% selama jangka waktu kontrak empat setengah tahun. Hal ini juga diharapkan mencakup penyesuaian upah biaya hidup untuk melindungi anggota dari kenaikan harga.

COLA adalah sesuatu yang ditinggalkan serikat pekerja ketika Chrysler, pendahulu Stellanti, berada dalam kesulitan, menuju kebangkrutan dan dana talangan federal. Namun Stellantis telah melihat keuntungan akhir-akhir ini, dengan perusahaan tersebut kini menghasilkan rekor keuntungan. Jaminan kenaikan upah, dikombinasikan dengan COLA, dapat meningkatkan total upah lebih dari 30% selama masa kontrak.

Namun kejutan terbesar dalam kesepakatan Stellantis adalah UAW mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah setuju untuk membuka kembali pabrik di Belvidere, Illinois, yang telah ditutup pada 28 Februari, sehingga menyebabkan 1.200 pekerja kehilangan pekerjaan. Pabrik tersebut akan mendapatkan truk berukuran sedang untuk menggantikan SUV kompak Jeep Cherokee yang dibangun di sana.

“Kami melakukan hal yang mustahil. Kami memindahkan gunung. Kami membuka kembali pabrik perakitan yang telah ditutup oleh perusahaan,” kata Fine.

Kesepakatan Stellantis dan Ford memberikan kenaikan gaji dan tunjangan yang besar kepada para pekerja di serikat pekerja untuk mengatasi inflasi yang telah mengikis gaji para pekerja. Kontrak terakhir dicapai pada tahun 2019, sebelum kenaikan harga yang liar terjadi akibat pandemi ini.

Produsen mobil biasanya menawarkan kesepakatan serupa kepada anggota serikat pekerja di seluruh perusahaan, sehingga negosiasi GM diharapkan menghasilkan manfaat serupa bagi pekerja otomotif.

Serikat pekerja juga mendapatkan janji produk baru untuk dua pabrik lain yang menghadapi kemungkinan penutupan di masa depan – pabrik mesin di Trenton, Michigan, dan pabrik mesin di Toledo, Ohio, yang antara lain membuat suku cadang untuk transmisi, kata Fine. produk. Baik motor maupun transmisi tidak diperlukan pada mobil listrik.

READ  New York hampir menindak kuota produksi gudang Amazon

Serikat pekerja khawatir bahwa pekerjaan bagi pekerja yang membuat mesin, transmisi dan bagian lain dari mobil yang tidak lagi diperlukan untuk kendaraan listrik dapat dihilangkan karena para pembuat mobil mengubah jajaran kendaraan mereka dari kendaraan bertenaga gas menjadi kendaraan bertenaga listrik.

Perusahaan mengadakan pembicaraan dengan rencana untuk menghilangkan 5.000 pekerjaan tambahan yang diwakili UAW selama masa kontrak, kata Fine. Dengan komitmen produk yang telah disetujui Stellantis dalam kontrak ini, maka hal itu akan terjadi, katanya alih-alih Meningkatkan jumlah karyawan UAW di perusahaan sebanyak 5.000 orang berdasarkan ketentuan perjanjian tentatif.

Jika semua orang setuju Setelah Tiga Besar tercapai dan diratifikasi, kemungkinan besar hal ini akan mengakhiri pemogokan terlama yang dilakukan pekerja otomotif dalam 25 tahun terakhir.

Selain kenaikan upah dalam kesepakatan Ford, serikat pekerja juga memenangkan peningkatan tunjangan pensiun bagi pekerja senior dengan program pensiun tradisional, dan peningkatan kontribusi perusahaan ke rekening 401(k) untuk pekerja yang dipekerjakan sejak tahun 2007. Namun serikat pekerja tidak melakukan hal tersebut. . Mencapai tujuannya untuk melanjutkan rencana pensiun tradisional bagi mereka yang dipekerjakan setelah tahun 2007, atau mengembalikan jaminan layanan kesehatan kepada pensiunan.

Serikat pekerja juga menerima jaminan kerja yang lebih baik, termasuk hak untuk kembali melakukan mogok kerja sebagai protes terhadap penutupan pabrik selama masa kontrak. Kontrak sebelumnya selalu menyertakan klausul larangan mogok selama kontrak masih berlaku.

Proses sertifikasi Ford dijadwalkan dimulai hari Minggu dengan pertemuan pejabat serikat pekerja lokal di Detroit yang mewakili pekerja perusahaan di seluruh negeri. Meskipun kesepakatan tersebut mencakup keuntungan besar bagi serikat pekerja, dengan kenaikan gaji dua digit, namun ratifikasinya masih belum pasti. Proses serupa akan dimulai pada hari Kamis untuk Stellantis.

Secara umum, serikat pekerja tidak akan mengizinkan pemogok untuk kembali bekerja sampai perjanjian kerja awal diratifikasi. Namun UAW mengembalikan pekerjanya ke Ford saat proses sertifikasi sedang berlangsung. Hal ini meningkatkan tekanan pada GM dan Stellantis untuk segera mencapai kesepakatan mereka dengan serikat pekerja.

“Hal terakhir yang mereka inginkan adalah Ford kembali ke kapasitas penuh sementara mereka bermain-main dan tertinggal,” kata Wakil Presiden UAW Chuck Browning, kepala negosiator serikat pekerja Ford, dalam komentarnya kepada para anggota pada Rabu malam.

READ  Peloton mengumumkan babak baru PHK dengan pengunduran diri CEO-nya

Beberapa anggota telah kembali bekerja di Ford saat perusahaan bersiap untuk melanjutkan operasinya, kata Todd Dunn, presiden UAW Local 862, yang mewakili pekerja di Pabrik Truk Kentucky, pabrik Ford terbesar. Yang lain dijadwalkan kembali pada hari Sabtu. Ia menambahkan, rencananya pabrik tersebut akan beroperasi penuh pada Senin nanti.

Dengan adanya kesepakatan awal antara Ford dan Stellantis, nampaknya pemogokan tersebut akan mencapai resolusi penuh dalam waktu dekat. Namun perluasan pemogokan terhadap GM membuat keadaan semakin tidak menentu dalam beberapa hari mendatang.

Itu adalah persatuan Pemogokan sejak 15 September melawan General Motors, Stellantis dan Ford, menandai pertama kalinya serikat pekerja tersebut menyerang ketiga perusahaan secara bersamaan. Serikat pekerja tersebut mewakili 145.000 pekerja di ketiga perusahaan tersebut, namun tidak semua anggotanya melakukan pemogokan.

Sebaliknya, mereka melancarkan serangan yang ditargetkan pada pabrik-pabrik tertentu. Aksi ini dimulai dengan pemogokan 12.700 anggota di satu pabrik perakitan di masing-masing perusahaan, dan pemogokan tersebut telah diperluas sebanyak lima kali sejak saat itu. Pada saat kesepakatan Ford diumumkan, terdapat 16.600 pemogok di Ford, 14.200 di General Motors, dan 14.600 di Stellantis.

Saat ini, jumlah anggota serikat pekerja mencapai 6.800 orang Keluar di pabrik Stellantis di Sterling Heights, Michigan, pada hari Senin, dan 5.000 anggota melakukan pemogokan di pabrik terbesar General Motors di Arlington, Texas, pada hari Selasa, tak lama setelah GM mengatakan bahwa aksi tersebut lebih kuat dari yang diharapkan. Keuntungan triwulanan.

GM mengatakan dalam laporan pendapatannya bahwa mereka kehilangan $200 juta selama dua minggu pertama pemogokan pada akhir September, dan $600 juta lagi dalam tiga minggu pertama bulan Oktober. Namun penutupan pabrik di Arlington saja kemungkinan akan menyebabkan kerugian tambahan sebesar $130 juta per minggu, menurut perkiraan Colin Langan, seorang analis otomotif di Wells Fargo.

Stellantis tidak memberikan perkiraan kerugian akibat pemogokan tersebut, namun Langan memperkirakan bahwa pemogokan pabrik Sterling Heights menyebabkan kerugian mingguan sebesar $110 juta per minggu menjadi $200 juta.