Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

$1,5 miliar ETF Bitcoin pertama diperdagangkan karena ‘diskon’ GBTC mencerminkan harga BTC sebesar $69K

$1,5 miliar ETF Bitcoin pertama diperdagangkan karena ‘diskon’ GBTC mencerminkan harga BTC sebesar $69K

Sarana investasi institusional dalam Bitcoin (BTC) mengalami lonjakan volume seiring meningkatnya kegembiraan atas potensi perubahan peraturan di AS.

Data dari sumber daya termasuk Bloomberg menunjukkan bahwa dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) dan lainnya mendekati rekor arus masuk mingguan.

Perdagangan BITO dan GBTC bernilai $2,5 miliar

Petunjuk bahwa AS akan segera mengizinkan ETF berdasarkan harga spot Bitcoin tidak hanya berdampak pada pergerakan harga Bitcoin – ekosistem di sekitarnya juga mendapatkan manfaat yang sama.

Selain bursa saham dan perusahaan pertambangan, pilihan investasi institusional yang terkepung juga mengalami peningkatan permintaan.

Seperti yang dicatat oleh Eric Balchunas, analis ETF senior di Bloomberg, setidaknya dua nama rumah tangga melihat volume “signifikan” dalam pekan perdagangan yang berakhir 27 Oktober.

Diantaranya adalah ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO), ETF berbasis berjangka pertama yang mendapat lampu hijau di AS pada tahun 2021.

“$BITO memperdagangkan $1.7 miliar minggu lalu, minggu terbesar kedua sejak minggu pertama yang liar,” tulis Balchunas di bagian komentar X.

Dia mencatat bahwa Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang kuat menghasilkan volume $800 juta, yang membantu mengurangi diskon harga spot Bitcoin ke level terendah dalam dua tahun.

“Ini berarti $2,5 miliar (1% teratas di antara ETF) dalam dua eksposur yang kurang menguntungkan (versus spot) = Meskipun kami yakin ETF spot kemungkinan tidak akan mencetak rekor pada hari pertama, jelas ada audiensnya,” postingan X menyimpulkan.

Pihak lain juga mengambil data tersebut, termasuk William Clementi, salah satu pendiri firma riset cryptocurrency Reflexivity, sebuah deskripsi ETF diperdagangkan sebagai ‘kembali dengan kekuatan penuh’.

READ  Pertahanan unik Sam Bankman akhirnya terbangun

Legacy Finance Bisa ‘Mengetahui Sesuatu yang Belum Kita Ketahui’

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, GBTC telah mengalami kebangkitan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir, bahkan sebelum BTC/USD naik 15% pada minggu lalu.

Terkait: Pengadilan AS menjunjung tinggi keputusan Grayscale, membuka jalan bagi SEC untuk meninjau dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin

Kemenangan hukum dalam perjalanan panjang menuju izin untuk mengubah GBTC menjadi dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) memberikan induksi, dan produk Grayscale sekarang diperdagangkan dengan harga saham tersirat, yaitu hanya 13,1% di bawah harga spot BTC.

untuk setiap Data Dari pantauan sumber daya CoinGlass, ini merupakan level terendah sejak November 2021, ketika Bitcoin sendiri berada pada titik tertinggi sepanjang masa.

“Diskon GBTC terus diperketat,” kata pedagang Bitcoin dan altcoin populer Mister Crypto. Dia menjawab.

“Mungkin TradFi mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui…”

Premi GBTC versus kepemilikan aset versus grafik BTC/USD (tangkapan layar). Sumber: Coinglass

Meskipun demikian, perusahaan manajemen investasi ARK Invest telah mengurangi kepemilikan GBTC seiring dengan kenaikan harga saham.

Meskipun ARK sendiri berencana meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin, GBTC kini mewakili 10,24% dari ARK Next Generation Internet ETF (ARKW) – perubahan pertamanya sejak November 2022.

Artikel ini tidak berisi nasihat atau rekomendasi investasi. Setiap langkah investasi dan perdagangan mengandung risiko, dan pembaca harus melakukan penelitian sendiri saat mengambil keputusan.