Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

TSMC meningkatkan investasinya di industri chip Arizona menjadi $40 miliar menjelang kunjungan Biden

TSMC meningkatkan investasinya di industri chip Arizona menjadi $40 miliar menjelang kunjungan Biden


New York
Bisnis CNN

Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan meningkatkan investasinya di Amerika Serikat, mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka sedang membangun pabrik semikonduktor kedua di Arizona, meningkatkan investasinya di sana dari $12 miliar menjadi $40 miliar.

di TSMC Rencana tersebut muncul ketika ketegangan antara Washington dan Beijing atas chip meningkat, dengan Presiden Joe Biden memberlakukan serangkaian kontrol atas penjualan chip dan peralatan pembuatan chip canggih ke perusahaan China.

Biden mengunjungi lokasi pabrikan di Phoenix dan berbicara tentang membawa pekerjaan dan investasi ke Arizona, menyebut komitmen TSMC senilai $40 miliar sebagai “investasi asing terbesar dalam sejarah negara bagian ini”. Anggota parlemen dan pemimpin bisnis lainnya, termasuk CEO Apple Tim Cook, juga menghadiri acara tersebut.

“Manufaktur Amerika kembali, kawan,” kata Biden di acara tersebut. “Ini adalah chip semikonduktor tercanggih di planet ini, chip yang akan memberi daya pada iPhone dan MacBook dan, seperti yang dapat dibuktikan oleh Tim Cook…mereka dapat menjadi pengubah permainan.”

Dalam sambutannya, Cook berkata, “Seperti yang Anda ketahui, kami bekerja dengan TSMC untuk memproduksi chip yang membantu menggerakkan produk kami di seluruh dunia, dan kami berharap dapat memperluas bisnis ini di tahun-tahun mendatang karena TSMC membentuk bentuk baru dan lebih dalam. berakar di Amerika.” Dengan dibukanya fasilitas baru tersebut, tambahnya, wafer silikon Apple dapat dengan bangga diberi cap “Made in America”.

TSMC sebelumnya mengumumkan sedang membangun fasilitas senilai $12 miliar di Arizona yang pada akhirnya akan memproduksi chip 3nm, teknologi tercanggih TSMC. Perusahaan mengatakan ribuan “pekerjaan teknologi tinggi bergaji tinggi” di antara produsen akan ditambahkan ke negara itu dan 600.000 wafer akan diproduksi setiap tahun.

READ  Sedikit perubahan harga minyak karena penutupan China menghadapi gangguan ladang di Libya

TSMC menyumbang sekitar 90% dari chip komputer kelas atas dunia, memasok raksasa teknologi termasuk Apple

(AAPL)
dan Qualcomm

(QCOM)
.

Keripik adalah bagian tak terpisahkan dari segala sesuatu mulai dari telepon pintar hingga mesin cuci — tetapi juga sulit dibuat karena biaya pengembangan yang tinggi dan tingkat pengetahuan yang diperlukan, yang berarti banyak produksi terkonsentrasi di antara segelintir pemasok.

Gedung Putih menggembar-gemborkan investasi baru sebagai akibat langsung dari rencana ekonomi Biden, termasuk $200 miliar Keripik dan hukum sains. Biden telah mengunjungi komunitas di mana perusahaan seperti TSMC dan Intel telah mengumumkan investasi baru sejak undang-undang tersebut disahkan musim panas ini.

“Ini berarti lebih banyak pekerja di pabrik-pabrik yang lebih besar ini, tetapi itu juga berarti lebih banyak peluang bagi pemasok dan kontraktor, pekerjaan konstruksi bergaji tinggi, dan peluang bagi produsen dan pemasok kecil dan menengah,” kata Direktur Dewan Ekonomi Nasional Brian Dease kepada wartawan dalam telepon Senin. . “Ini berarti peluang ekonomi bagi masyarakat yang sering tertinggal dalam siklus ekonomi, termasuk komunitas energi tradisional yang telah mendukung bangsa kita selama beberapa generasi dan masyarakat adat.”

Kekurangan chip global muncul untuk pertama kalinya pada awal epidemi, Meningkatkan rantai pasokan dan mengubah pola belanja konsumen. Pembuat mobil telah memangkas pesanan chip mereka sementara perusahaan teknologi, yang telah meningkatkan produk mereka dengan hidup terkunci, telah memotong sebanyak mungkin.

Fasilitas yang akan dikunjungi Biden pada hari Selasa di Phoenix dijadwalkan untuk mulai memproduksi chip pada tahun 2024. Fasilitas baru tersebut seharusnya mulai berproduksi pada tahun 2026.

— Nikki Carvajal dari CNN, Wayne Chang, Claire Duffy, dan Deeksha Maddock berkontribusi pada laporan ini.

READ  China mempertimbangkan untuk memberi AS akses penuh ke audit sebagian besar perusahaan (1)