Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Thread Meta menjangkau 175 juta pengguna satu tahun setelah peluncurannya

Thread Meta menjangkau 175 juta pengguna satu tahun setelah peluncurannya

Satu setengah tahun yang lalu, Threads hanyalah sebuah pemikiran sekilas di mata Mark Zuckerberg.

Kini, pesaing X Elon Musk telah menjangkau lebih dari 175 juta pengguna aktif bulanan, menurut CEO Meta. Mengumumkan Rabu.

Seperti halnya jejaring sosial mana pun, dan khususnya Threads, pengguna bulanan hanya menceritakan sebagian dari kisah pertumbuhannya. Menariknya, berbeda dengan Facebook, WhatsApp, dan Instagram, Meta belum membagikan nomor pengguna hariannya. Kelalaian ini menunjukkan bahwa Threads masih mendapat banyak lalu lintas dari orang-orang yang belum menjadi pengguna tetap.

Saya telah mendengar dari staf Meta dalam beberapa bulan terakhir bahwa sebagian besar pertumbuhan aplikasi masih berasal dari promosi di Instagram. Kedua aplikasi berbagi sistem akun yang sama, yang diperkirakan tidak akan berubah.

Namun, 175 juta pengguna bulanan untuk aplikasi satu tahun bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, terutama mengingat rekam jejak Meta yang tidak merata dalam merilis eksperimen aplikasi mandiri selama bertahun-tahun. Zuckerberg telah terbuka kepada saya dan orang lain bahwa dia yakin Threads memiliki peluang nyata untuk menjadi aplikasi perusahaan dengan miliaran pengguna berikutnya. Untuk mempertahankan kisah pertumbuhan, saya diberitahu, Meta berfokus pada pasar yang diyakini memiliki peluang untuk meraih lebih banyak pangsa pasar dari X – Jepang, misalnya.

Saat ini, Threads masih merupakan kerugian besar bagi Meta secara finansial, meski mereka pasti mampu mendanainya tanpa batas waktu. Secara internal, saya diberitahu bahwa para eksekutif sedang mempertimbangkan untuk memasang iklan di Threads sekitar tahun depan, meskipun rencana pastinya masih belum jelas. Sangat mudah untuk melihat bagaimana Threads dapat berintegrasi dengan sistem iklan Instagram yang sudah ada. Mengingat keputusan Meta yang sengaja menurunkan prioritas politik dan mendorong konten yang lebih ringan, ini bisa menjadi peluang menarik bagi pengiklan yang mencari alternatif yang lebih aman bagi merek dibandingkan X.

READ  CEO UBS memperingatkan keputusan perekrutan yang menyakitkan setelah pengambilalihan Credit Suisse

“Akan sangat bagus jika aplikasi ini bisa menjadi sangat besar, namun saya lebih tertarik agar aplikasi ini menjadi signifikan secara budaya dan menarik ratusan juta pengguna,” kata kepala Instagram Adam Mosseri kepada saya saat Threads pertama kali diluncurkan. Setahun kemudian, tidak ada keraguan bahwa aplikasi ini telah berkembang lebih jauh di bidang budaya. Namun fakta bahwa hal itu masih terus berkembang berarti Meta memiliki landasan untuk mewujudkannya.