Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Teleskop Harian: Saksikan karbon dioksida menyublim di Mars

Teleskop Harian: Saksikan karbon dioksida menyublim di Mars

Bidang bukit pasir di musim semi Mars.

NASA/JPL-Caltech/Universitas Arizona

Selamat datang di Teleskop Harian. Terlalu sedikit kegelapan di dunia ini dan tidak cukup terang, terlalu sedikit pseudosains, dan tidak cukup sains. Kami akan membiarkan postingan lain memberikan ramalan bintang harian Anda. Di Ars Technica, kami akan mengambil rute berbeda, menemukan inspirasi dari gambaran nyata alam semesta yang penuh bintang dan keajaiban.

Selamat pagi. Saat itu tanggal 29 Mei, dan gambar hari ini diambil dari Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA, yang, Anda dapat menebaknya, mengorbit di sekitar Mars.

Gambar tersebut menunjukkan area bukit pasir di Mars pada musim semi, ketika karbon dioksida yang sangat dingin naik ke udara. Menurut NASAPola bintik hitam ini disebabkan oleh proses sublimasi yang tidak seragam.

Gambar ini diambil dengan kamera HiRISE di pesawat ruang angkasa, dan warnanya telah ditingkatkan untuk mengekstrak beberapa fitur ini. Skala gambar adalah 50 cm per piksel.

Pengorbit ini adalah pesawat ruang angkasa kecil yang menakjubkan, telah terbang mengelilingi Mars sejak Maret 2006 dan beroperasi selama hampir dua dekade. NASA sedang mencari opsi komersial untuk menggantikan pesawat ruang angkasa tersebut, dengan pesawat ruang angkasa tersebut melakukan fungsi pemantauan dasar dan berfungsi sebagai relai komunikasi.

sumber: NASA/JPL-Caltech/Universitas Arizona

Ingin mengirim foto ke Daily Telescope? Hubungi kami dan ucapkan halo.

READ  Gambar global Bumi yang menakjubkan ditangkap oleh satelit NASA