Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Taiwan mengutuk latihan Tiongkok dan menganggapnya sebagai “provokasi yang tidak rasional”

Taiwan mengutuk latihan Tiongkok dan menganggapnya sebagai “provokasi yang tidak rasional”

Komentari foto tersebut, Tiongkok menggambarkan manuvernya di sekitar Taiwan sebagai “hukuman berat” atas “tindakan separatis.”

  • pengarang, Kelly ng
  • Peran, berita BBC

Kementerian Pertahanan Taiwan mengecam latihan militer Tiongkok di sekitar pulau berpemerintahan sendiri itu sebagai “provokasi yang tidak masuk akal.”

Latihan tersebut dilakukan hanya tiga hari setelah pelantikan Presiden Taiwan William Lai, yang digambarkan Beijing sebagai “separatis” dan “pembuat onar.”

Peristiwa ini terjadi di seluruh pulau utama dan pulau Kinmen, Matsue, Wokyo, dan Donjin yang dikuasai Taipei.

Juru bicara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok menggambarkan tindakan tersebut sebagai “hukuman berat” atas “tindakan separatis.”

Taipei mengirimkan pasukan angkatan laut, udara dan darat untuk “membela negara.” [island’s] Kementerian Pertahanan menambahkan.

Tentara Tiongkok mengatakan bahwa latihannya berfokus pada patroli kesiapan tempur gabungan angkatan laut dan udara, serangan tepat terhadap sasaran-sasaran utama, dan operasi terpadu di dalam dan di luar pulau untuk menguji “kemampuan tempur gabungan yang sesungguhnya” dari pasukannya.

Analis militer mengatakan pulau-pulau terpencil Taiwan di dekat pantai Tiongkok telah dimasukkan sebagai sasaran untuk pertama kalinya, berdasarkan peta yang dirilis oleh Tentara Pembebasan Rakyat.

Media Taiwan mengutip pakar militer Chih Chung yang mengatakan bahwa latihan yang sedang berlangsung bertujuan untuk “mensimulasikan invasi bersenjata skala besar ke Taiwan.”

Sumber gambar, media pemerintah Tiongkok

Komentari foto tersebut, Peta latihan yang sedang berlangsung dari Tentara Pembebasan Rakyat

Sumber gambar, Laporan media Tiongkok, wilayah laut

Komentari foto tersebut, Peta latihan Agustus 2022 pasca kunjungan Nancy Pelosi

“[Thursday’s drills are] “Ini juga merupakan hukuman berat atas tindakan separatis pasukan kemerdekaan Taiwan, dan peringatan keras terhadap campur tangan dan provokasi kekuatan eksternal,” kata Tentara Pembebasan Rakyat.

Tiongkok telah lama mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai bagian dari wilayahnya, namun pulau tersebut menganggap dirinya berbeda.

Beijing mengecam pidato tersebut, dan Menteri Luar Negeri Wang Yilai menyebutnya “memalukan.”

Setelah Lai memenangkan pemilu bulan Januari lalu, Beijing mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa “Taiwan adalah bagian dari Tiongkok.” Mereka juga berulang kali menolak tawaran Lai untuk melakukan pembicaraan.

Taiwan mengatakan latihan pada hari Kamis ini adalah sebuah “sorotan penting”. [Beijing’s] Mentalitas militer.

“Dalam beberapa tahun terakhir, pelecehan yang terus menerus dilakukan oleh pesawat dan kapal Tiongkok telah sangat merugikan perdamaian dan stabilitas global.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa latihan militer tersebut tidak hanya gagal memberikan kontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, tetapi juga menyoroti mentalitas militer agresif militer Tiongkok.

Kantor kepresidenan Taiwan mengatakan “sangat disayangkan” melihat Tiongkok “menggunakan provokasi militer sepihak untuk mengancam demokrasi dan kebebasan di Taiwan.”

Dia menambahkan bahwa unit militer Taiwan dan tim keamanan nasional memiliki “pemahaman komprehensif mengenai situasi ini.”

Dalam menghadapi tantangan dan ancaman eksternal, kita akan terus membela demokrasi dan percaya diri serta mampu menjaga keamanan nasional. Kami meminta masyarakat untuk diyakinkan.”

Sejauh ini, manuver tersebut belum mencapai level invasi dan masih berada dalam wilayah abu-abu.

Para analis mengatakan kepada BBC bahwa taktik perang zona abu-abu bertujuan untuk melemahkan lawan dalam jangka panjang – dan itulah yang coba dilakukan Tiongkok terhadap Taiwan.

Dengan Robert Wingfield Hayes melaporkan di Taipei